Windows 10 PC Build 16299.15 menjadi sebuah kandidat sebagai build terakhir (RTM) untuk pembaruan Windows 10 Fall Creators Update, serta telah tersedia untuk Insider Fast Ring.

Pengembangan pembaruan Windows 10 Fall Creators Update telah selesai, dengan dirilisnya pembaruan kumulatif Windows 10 PC Insider Preview Build 16299.15 kepada anggota Windows Insider dengan konfigurasi Insider Fast Ring sebagai build terakhir dalam pengembangan cabang “Redstone 3”.

Dengan ini, Microsoft bersedia untuk memberikan status pada Windows 10 Build 16299.15 sebagai RTM atau bisa disebut sebagai Release To Manufacturing, dimana sistem ini akan di distribusikan kepada para vendor (merk/pabrikan) untuk dipasang pada perangkat-perangkat keluaran baru. Hal ini juga akan berlaku bagi kalian pengguna Windows 10 dengan konfigurasi rilis publik akan pula mendapatkan pembaruan Windows 10 Fall Creators Update dengan nomor Build 16299.15 saat pembaruan Windows 10 Fall Creators Update dirilis secara resmi pada Oktober 17. 2017 mendatang.

Microsoft akan merilis setidaknya pembaruan patch atau kumulatif lainnya kepada anggota Windows Insider untuk pembaruan Windows 10 Fall Creators Update sebelum dirilis secara resmi dalam waktu dekat, dan pasti pembaruan patch atau kumulatif tersebut akan juga dirilis untuk pengguna rilis publik pada akhirnya secara perlahan.

Lalu bagaimanakah kelanjutan program Windows Insider setelah ini?

Setelah pengembangan cabang “Redstone 3” telah usai, Microsoft akan beralih untuk mengejar target pada cabang “Redstone 4” dan akan segera merilis pembaruan cabang tersebut kepada anggota Windows Insider dengan konfigurasi standard Insider Fast Ring dimana para pengguna opsi Skip Ahead telah melampaui nomor Build 17xxx. Pada akhirnya, opsi Skip Ahead akan dihapus untuk saat itu juga dan berubah menjadi konfigurasi standard Insider Fast Ring dimana juga akan menggunakan pembaruan cabang “Redstone 4”.

Bagi kalian yang menggunakan opsi Skip Ahead tidak perlu khawatir untuk mempersiapkan semua perubahan tersebut, karena untuk kalian yang telah menggunakan pembaruan cabang “Redstone 4” saat ini, kalian sangatlah beruntung karena kalian termasuk dalam para penguji coba Alpha dan pengembangan akan tetap berlanjut untuk cabang “Redstone 4”.

Deviko Kelvin
Samuel Deviko Kelvin Setiawan. 99's asal Semarang. Penulis Konten di situs resmi WinCamp Indonesia serta partisipan program Microsoft Student Partner.