Kalian para anggota Windows Insider pasti sudah mengetahui dan mungkin sudah memakai Windows 10 PC Insider Preview Build 16226 yang dirilis pada Juni 21 Rabu lalu. Banyak rombakan tampilan serta elemen penting dalam bahasa desain baru Microsoft yang akan disematkan di pembaruan Windows 10 Fall Creators Update, yaitu Fluent Design System. Ya, benar sekali, bahkan pada Windows 10 dengan konfigurasi publik pun sekarang ini menerima beberapa pembaruan aplikasi dengan rombakan tampilan materi elemen Fluent Design System seperti pada aplikasi Xbox (Beta) yang barusaja Windows Camp Indonesia bagikan informasinya.

Bagi kalian yang belum tahu apa saja yang baru dan hadir di Windows 10 PC Insider Preview Build 16226 ini, kali ini Windows Camp Indonesia akan membahas “Apa Saja Yang Baru dan Yang Harus Kalian Tahu”.

Start Menu

Tampilan Start Menu pada build ini relatif sama seperti build sebelumnya, namun kali ini materi elemen Acrylic lebih terlihat pada Start Menu, seperti efek “Translucent”.

Action Center

Sama seperti pada Start Menu, Action Center kali ini terlihat lebih transparan dengan materi elemen Acrylic nya. Serta sekarang kalian bisa memakai fitur “conscientious” XAML scrollbar pada Action Center.

Task Manager

Pada Task Manager, kalian dapat melihat performa GPU (Graphic Processing Unit) pada tab bagian Performance dan pada tab Process kalian dapat melihat kolom GPU Engine.

File Explorer

Penambahan opsi Share dengan ikon baru dan penggantian nama Share with menjadi Give access to pada menu konteks File Explorer.

One Drive Files On-Demand

Sekarang ini, kalian bisa melihat dan mengawasi serta memilih untuk menunda dan melanjutkan proses unduhan maupun unggahan pada One Drive Files On-Demand.

Shell

Peningkatan efek visual dari elemen Fluent Design System sudah tersematkan dalam build ini bahkan pada Microsoft Edge, menu konteks, hingga aplikasi Settings.

Keyboard Sentuh

Penambahan fitur Keyboard Sentuh yang memungkinkan untuk bisa menggunakan metode curve-flick pada mode one-handed untuk mempermudah pengambilan karakter Hiragana maupun Katakana bahasa Jepang serta penambahan fitur Keyboard Word Flow seperti pada Windows 10 Mobile.

Settings > System > Storage > Storage Sense

Penambahan fitur pembersihan otomatis berkas sementara (temporary files).

Settings > Gaming

Penambahan opsi fitur Xbox Networking pada menu opsi Gaming untuk memeriksa keadaan dan status koneksi serta server Xbox.

Settings > Ease of Access > Magnifier

Penambahan fitur Enable bitmap smoothing guna untuk memperhalus teks saat menggunakan fitur perbesaran (Magnifier).

Settings > Privacy

Penambahan opsi App-requested downloads guna untuk menghilangkan pembatas (unblocking) disaat ada aplikasi yang membatasi untuk mengunduh berkas dari cloud.

Settings > Update & security > Backup

Kembalinya fitur Back up using File History pada opsi Backup yang sempat dihilangkan pada build sebelumnya.

Microsoft Edge

Penambahan efek visual pada bagian tab dengan gradasi warna abu-abu yang semakin gelap, yang sangat identik dengan salah satu Internet browser Google Chrome (pada versi lama, tanpa desain Material).

Bahkan penambahan fitur yang memungkinkan kalian dapat menambahkan folder baru pada Favorites.

Serta penambahan fitur Edit URL untuk menyunting URL pada Favorites.

Peningkatan Lainnya

Aplikasi Calculator telah diperbarui dengan penambahan fitur konversi mata uang dan dapat digunakan dalam keadaan lu-ring/luar jaringan (offline). Fitur ini tidak akan menghabiskan data Internet kalian jika digunakan dalam keadaan luring, namun fitur konversi mata uang perlu diperbarui seiring diperbaruinya kurs mata uang dunia melalui Internet (online).

Serta penambahan fitur Berbagi Mesin Virtual (Virtual Machine Sharing). Jika kalian memilih opsi pada ikon baru tersebut, maka Hyper-V akan mengkompres mesin virtual yang ingin kalian bagikan menjadi berkas berformat (.vmcz) dan siap untuk dibagikan ke perangkat komputer lain.

Konklusi/Ringkasan

Pada pembahasan ini, dapat dilihat bahwa perkembangan Windows 10 menuju pembaruan Fall Creators Update cukup pesat dan cepat. Pada rencana awal, pembaruan Windows 10 Fall Creators Update ini akan dirilis secara publik pada kuartal ke-4 tahun 2017 ini, namun tidak dapat diprediksi bahwa pihak Microsoft Corp. dapat merubah tanggal rilis tersebut bergantung pada proses pengembangannya hingga siap dirilis secara publik dan dapat dinikmati semua orang.

Bagaimana? Apakah kalian sudah memeriksa semua fitur baru yang ada di Windows 10 PC Insider Preview Build 16226 ini? Bagaimanakah menurut kalian tentang pembaruan build ini? Atau apakah ada beberapa dari kalian yang tertarik untuk bergabung dalam program Windows Insider dan mendapatkan versi Windows 10 pra-rilis (pre-release)?

Untuk lebih lanjut mengenai program Windows Insider dan bergabung dalam program Windows Insider, kalian bisa langsung menuju situs resmi Windows Insider disini.

Deviko Kelvin

Samuel Deviko Kelvin Setiawan. 99’s asal Semarang. Penulis Konten di situs resmi WinCamp Indonesia serta partisipan program Microsoft Student Partner.