Peningkatan pada Settings

Membantu kamu dalam menemukan pengaturan yang kamu butuhkan di Settings:

Salah satu tujuan berkelanjutan Microsoft ialah membuat Settings menjadi lebih mudah dan lebih cepat dinavigasi.

Dalam update sebelumnya di segmen ini telah memasukkan peningkatan pada pencarian di Settings, dan menambahkan ikon unik yang terkait dengan masing-masing kategori Settings.

Berdasarkan masukan pengguna, Microsoft telah membuat sedikit tweak pada desain di build ini:

  • Halaman Pengaturan sekarang berisi informasi tambahan di sebelah kanan atau bawah (tergantung pada ukuran jendela) yang menyediakan link untuk dukungan, feedback, dan lain-lain terkait pengaturan jika tersedia.
  • Selama ini daftar Pengaturan Sistem berderet cukup panjang di halaman Settings, oleh karena itu Microsoft memindahkan pengaturan yang berkaitan dengan aplikasi dari Sistem ke kategori baru yang disebut “Apps“. Kamu akan melihat bahwa header pada halaman arahan di masing-masing kategori pengaturan kini akan tetap/stay di tempat sesuai yang kamu geser halaman tersebut

 

Pembaruan Device Settings (Pengaturan perangkat):

Updated device settings

Mulai di build ini ada experience baru pada pengaturan perangkat, yaitu penggabungan halaman Bluetooth dan Connected Device untuk menawarkan satu tempat untuk mengelola perangkat / periferal kamu. Aksesoris-aksesoris Bluetooth, wireless docks, Xbox Wireless controllers, dan perangkat media, semuanya sekarang bisa ditemukan dan dikelola dari tempat yang sama yang menggunakan UI yang familiar yang sama pada desktop dan mobile.

Microsoft juga menambahkan kemampuan memutuskan dan menyambungkan kembali perangkat audio Bluetooth langsung dari halaman Pengaturan ini.

 

Opsi Pengaturan Tampilan/Display Baru

Opsi Pengaturan Tampilan baru

Berdasarkan umpan balik dari pengaturan yang paling umum digunakan, Microsoft telah memperbarui Display Settings. Di halaman Display yang telah di-refresh, banyak perubahan yang telah dilakukan untuk membuat halaman lebih jelas dan lebih mudah digunakan, termasuk mampu mengubah resolusi langsung dari halaman utama Pengaturan Tampilan.

 

Lower Blue Light:

Lower blue light

Windows sekarang bisa secara otomatis mengurangi tingkat cahaya biru yang terpancar dari PC pada malam hari. Kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi ini melalui Settings > System > Display. Kamu juga bisa menggunakan waktu matahari terbenam dan matahari terbit lokal atau membuat schedule dari Pengaturan Display tersebut.

Jika kamu perlu secara cepat menimpa jadwal atau selalu ingin kontrol manual, kamu bisa mengaktifkan tindakan cepat ini di Pengaturan -> Pemberitahuan & tindakan. Gunakan kemampuan ini selama beberapa malam dan kirimkan umpan balik melalui Feedback Hub!

 

Pengaturan Baru: per aplikasi di Surface Dial:

Pengembang aplikasi kini memiliki opsi untuk menyediakan custom tools (alat khusus) untuk Surface Dial saat menggunakannya dalam aplikasi mereka. Selain ini, Windows Insiders pengguna Surface Dial kini bisa mengkustomisasi default tools yang ditetapkan untuk masing-masing aplikasi mulai di build ini.

Buatlah Setup tombol pintas keyboard yang paling berarti untuk aplikasi tertentu –seperti Ctrl + Delete di Word 2016, atau CTRL + Tab di Sticky Notes.

Pergi ke Settings > Devices > Wheel sekarang juga untuk mencobanya dan bagikan pengalaman kamu!

Microsoft juga telah memperbarui alat pencipta khusus (custom tool creator), sekarang memungkinkan kamu mengatur cara pintas keyboard yang mencakup sejumlah simbol umum.

 

Windows Personalization sekarang mendukung warna baru-baru ini digunakan:

Windows Personalization kini support recent colors

Dengan Build 15002, Microsoft telah menambahkan bagian baru: “Recent colors” di Pengaturan > Personalisasi > Warna. So kamu bisa dengan mudah memilih antara warna yang kamu putuskan/tetapkan sebelumnya.

 

Kelola Tema Windows baru-baru ini di Settings:

Themes settings

Salah satu upaya berkesinambungan Microsoft adalah mengonsolidasikan Settings dan Control panel, serta memprioritaskan konvergensi ke dalam Settings.

Pengelolaan tema sekarang telah pindah dari Control panel ke Settings. Kamu bisa menemuinya bersama dengan semua opsi personalisasi familiar lainnya, di bawah Pengaturan > Personalisasi. Pilih salah satu tema kamu baru-baru ini, atau buat dan siimpan hasil kustom baru.

 

Peningkatan pada Pengaturan Cross-device experiences:

Cross-device experiences

Di Anniversary Update, Microsoft telah menambahkan kemampuan untuk pengembang aplikasi untuk menciptakan experience lintas perangkat. Para pengguna bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini ke akun mereka melalui Settings > Privacy > General “Let apps on my other devices open apps and continue experiences on this device”.

Nah, mulai di Build 15002 ini Microsoft memindahkan pengaturan ini ke halaman tersendiri –sebuah entri baru di bawah Settings > System, yang disebut “Cross-device experiences“.

Microsoft juga telah menambahkan sebuah dropdown baru untuk beralih diantara My Devices atau Everyone.

 

Metered Ethernet Connection Support:

Microsoft juga telah menambahkan opsi “Set as metered Connection” ke koneksi Ethernet (LAN) di Settings > Network & Internet > Ethernet.

Sama halnya seperti koneksi mobile broadband dan Wi-Fi, opsi ini akan membantu kamu untuk membatasi penggunaan data latar belakang dari beberapa aplikasi dan memberikan kontrol lebih maksimal terhadap data yang digunakan melalui koneksi Ethernet.

 

Peningkatan pengalaman touchpad presisi kamu:

Menyesuaikan pengalaman kontrol volume: Ketika menetapkan swipe/gesekan tiga atau empat jari ke kontrol volume, UI kontrol volume sekarang akan ditampilkan sesuai arah perubahan volume.

Microsoft juga melakukan peningkatan kecil pada gesture, so sekarang kamu cuma butuh sedikit swipe untuk mengatur volume dengan level yang signifikan.

 

Pemolesan pada halaman Pengaturan Touchpad:

Berdasarkan umpan balik pengguna, Microsoft juga telah membuat beberapa peningkatan UI ke halaman Pengaturan touchpad baru, termasuk membuat dua kelompok baru untuk usapan/swipe tiga dan empat jari, memperbarui istilah pencarian agar lebih mudah ditemukan, memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk mengontrol bagaimana gerakan tap/ketuk bisa bekerja, dan memperbaiki masalah di mana Pengaturan Touchpad tidak menampilkan ikon di sebelah nama.  *****