Meskipun Microsoft telah membatalkan proyek Astoria, suatu proyek yang memungkinkan kamu dapat memporting aplikasi Android untuk bisa berjalan di Windows 10, kamu tetap masih bisa melakukannya! Bahkan ada beragam cara untuk menjalankan aplikasi Android (atau bahkan seluruh Sistem Android) di Windows 10. Berikut ini tiga metode terbaik yang ditampilkan secara detail dalam tutorial video kami.

Semua metode gratis di bawah ini menggunakan teknik-teknik virtualisasi untuk meng“fake” sistem Android yang sudah ada agar bisa berjalan di Windows 10. Ini berarti, sebenernya aplikasi Android tidak berjalan secara native pada Windows 10, dengan kata lain tidak dijalankan secara langsung seperti software Windows lainnya.

Tergantung pada aplikasi Android mana yang kamu ingin jalankan dengan Windows, masing-masing metode ini memiliki pro dan kontra. Cek aja deh satu persatu, lalu pilih aplikasi apa yang kamu suka.

 

Inilah 3 macam tutorial menjalankan android apps di Windows 10 :

 

A) Tutorial menjalankan aplikasi Android pada Windows 10 menggunakan Google Chrome dan ARC Welder Plugin

B) Tutorial menjalankan sistem penuh Android sebagai mesin virtual menggunakan VMware Workstation Player dan Android x 86

C) Tutorial menjalankan Android Apps di Windows 10 menggunakan aplikasi gratis “Bluestack Player”

 

Yuk ikuti langkah-langkahnya satu persatu. Cekidot !

A) Tutorial menjalankan aplikasi Android pada Windows 10 menggunakan Google Chrome dan ARC Welder Plugin

Metode yang satu ini menjalankan Android apps dengan menggunakan plugin untuk browser Google Chrome. Aplikasi akan dibuka secara langsung di jendela baru seolah-olah aplikasi tersebut adalah aplikasi Windows 10 asli (native).

 

Proses Instalasi

Plugin Chrome yang bakal kamu butuhkan ini disebut ARC Welder. Kamu ikuti aja link di halaman Google tentang hal itu yang mana nantinya kamu akan diarahkan ke halaman download.

 

  • Klik “The ARC Welder app“.

arc welder (1)

  • Kemudian klik Available on Chrome lalu klik “konfirmasi“.

arc welder (11)

  • Proses men-download dan menginstal ARC Welder akan berjalan

 

 

 

 

Memulai ARC Welder
Setelah selesai proses download & install app ARC Welder, temukan aplikasinya di aplikasi Chrome App Launcher, atau kamu juga bisa Cari langsung dengan klik “pencarian Windows”.
arc-welder-launch-2
Kalau kamu udah punya banyak koleksi file APK di PC kamu, ya udah deh…enak. Tapi kalo belum, kamu harus download dulu file .apk apa yang kamu sukai.
BEGINI CARA MENJALANKAN APK DENGAN ARC WELDER APP

Untuk menjalankan aplikasi Android di PC Windows kamu, gampang saja, kamu cuma perlu buka aplikasi ARC Welder, lalu klik “Add your APK” untuk mencari dan memilih file APK koleksi kamu.

arc welder (5) arc welder (6) 

ARC Welder akan mendeteksi koleksi file .APK di PC kamu dan menawarkan beberapa pilihan sederhana seperti orientasi, faktor bentuk dan Clipboard akses.

Klik “Test” dan file .APK akan terbuka langsung di jendela baru.

arc welder (111)

 

 

arc welder (9999999)

 CATATAN :
Kamu harus mengkonfigurasikan semua setting yang tersedia di ARC Welder seperti ukuran layar, mode layar, dll. untuk menyesuaikannya di PC kamu.
Keterbatasan
Harap kamu ketahui, ARC Welder tidak menyediakan sistem penuh Android, beberapa aplikasi tidak akan bekerja, terutama beberapa aplikasi yang punya persyaratan hardware khusus. Kamu juga tidak dapat menyimpan data dan file ketika kamu beralih apps. Jika kamu membutuhkan, emulator penuh Android yang ditunjukkan nanti akan membantu kamu. Tapi untuk beberapa game kasual, ARC Welder harus bekerja dengan baik dengan banyak aplikasi.
 BERSAMBUNG . . . . . .
Please Login to comment
avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Cumi satu cumi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Cumi satu cumi
Guest
Cumi satu cumi

Mantap !!! Bermanfaat sekali. thx ya.

Baca juga http://www.comediatek.com