Surface LaptopTidak seperti tablet berbasis Android. Saat ini tablet berbasis Windows tidak mudah kita temukan. Kalaupun ada yang bagus seperti Microsoft Surface, harganya mungkin dirasa terlalu mahal bagi sebagian orang. Tapi benarkah harga Microsoft Surface itu kemahalan? Sebenarnya tidak juga! Mengingat berbagai teknologi yang dibenamkan pada perangkat yang satu ini adalah yang terbaik.

Mengapa kita membutuhkan sebuah tablet ? Tentu ada banyak alasan mengapa seseorang menginginkan sebuah tablet dibandingkan dengan laptop atau PC. Selain karena perangkat ini bentuknya lebih tipis dan lebih kecil serta lebih ringan, ada beberapa faktor lain yang membuat mengapa kita menginginkan sebuah tablet. Beberapa di antara alasan-alasan tersebut adalah karena :

  • Tablet umumnya memiliki kamera yang sangat mumpuni di bagian depan maupun belakang.
  • Tablet seringkali dilengkapi dengan berbagai sensor yang biasa kita temukan pada perangkat mobile seperti: proximity, gyroscope, GPS, dan lain sebagainya.
  • Sebagian besar tablet memiliki layar yang support touchscreen hingga 10 sentuhan.
  • Beberapa tablet layarnya dilindungi dengan Corning Gorilla Glass yaitu sebuah kaca yang terkenal tangguh, anti gores, tidak mudah pecah, ringan, dan sangat tipis.
  • Tablet mendukung layar resolusi tinggi.
  • Terlihat lebih stylish dan gaya.
  • Lebih simple dibandingkan dengan desain laptop, dan lain-lain.

Walaupun pilihan tablet berbasis Windows sangat terbatas, Namun bukan berarti tidak ada yang bagus. Dari sejumlah penelitian yang saya lakukan, saya mengambil kesimpulan bahwa 5 tablet Windows berikut ini adalah yang paling bagus dan bertenaga.

Microsoft Surface

Harga Microsoft Surface yang mahal sudah mewakili kualitas maupun teknologi apa yang akan kita dapatkan. Ya, ada harga ada rupa. Itulah kiranya ungkapan yang paling cocok untuk menggambarkan kemampuan tablet besutan Microsoft ini.

Microsoft Surface dilengkapi dengan prosesor Intel keluaran terbaru, didukung dengan RAM berkapasitas besar (4 GB/8 GB), grafis dari intel, speaker stereo Dolby, layar resolusi tinggi yang dilindungi Corning Gorilla Glass, stylus, kamera beresolusi tinggi, dan lain-lain.

Melihat spesifikasi di atas, rasanya masih wajar apabila harga Microsoft Surface agak mahal jika dibandingkan dengan tablet pada umumnya. Apalagi Microsoft Surface juga bisa digunakan untuk menggantikan fungsi komputer atau laptop yang umum kita gunakan untuk menjalankan Photoshop, Corel Draw, dan berbagai macam software maupun game PC lainnya.

Baca : Memperkenalkan Surface Pro 6 & Laptop 2 Dengan Warna Hitam

Samsung Galaxy Book 12 inch

Pilihan tablet Windows lainnya yang bagus dan menarik adalah Samsung Galaxy Book yang memiliki daya tahan baterai sangat bagus, dibuat dari bahan-bahan berkualitas, serta ditenagai juga dengan hardware yang mempunyai layaknya Surface Pro.

Asus Transformer Book Flip TP200SA

Jika kamu menginginkan sebuah tablet yang bisa digunakan untuk menjalankan multitasking dengan mulus, rasanya tablet yang lahir pada tanggal 13 Januari 2016 ini adalah yang paling cocok buat kamu.

Chuwi hibook Pro

Jika harga Microsoft Surface kamu anggap masih kemahalan, kamu bisa melirik tablet asal China yang satu ini. Tablet ini didukung layar quad HD, USB type C, dan prosesor serta memori yang lumayan cepat.

Lenovo Miix 630

Alternatif tablet Windows berkualitas dan bagus serta bertenaga yang didukung jaringan 4G serta baterai besar salah satunya adalah Lenovo Miix 630 yang masa pakai baterainya bisa bertahan hingga 20 jam. Tapi sayangnya, tidak seperti tablet Windows lainnya yang telah saya sebutkan di bagian atas, tablet besutan Lenovo yang satu ini menggunakan prosesor Snapdragon 835 yang tentu saja mungkin akan membuatmu terkendala dalam menjalankan beberapa software Windows yang tidak kompatibel.

Baca : Intip Spesifikasi dan Harga Xbox One S, si Mini yang Canggih

Tempat beli tablet Windows murah

Jika ingin berbelanja tablet Windows dengan harga murah? Saya pribadi menyarankan kamu untuk berbelanja di toko online. Olshop seperti Bukalapak merupakan alternatif tepat karena: Bukalapak menyediakan opsi tawar-menawar, banyak promo dan diskon, menyediakan banyak pilihan produk baik yang masih baru maupun sudah bekas, terpercaya, dan pengiriman cepat.

Bukalapak merupakan salah satu e-commerce yang menawarkan harga Microsoft Surface relatif murah. Dan jika ingin berbelanja dengan harga lebih murah lagi, kamu sebaiknya mencari momen-momen di mana toko online ini begitu royal dengan diskon dan voucher belanja. Misal, pada saat Harbolnas, Ramadhan dan Lebaran, tahun baru dan Natal, serta hari-hari besar lainnya termasuk 17 Agustus serta Hari Pahlawan.