image via : Patterns of Meaning

Windows Registry menyimpan semua tweak untuk menyesuaikan pengalaman Windows Kamu yang menurut Microsoft akan disukai setiap pengguna. Dari mengubah desain Windows untuk membuka fitur tersembunyi,semuanya bisa kamu lakukan. Untuk membantu kamu memperbaiki pengalaman Windows 10 kamu, berikut adalah 5 registri hacks Windows 10 yang patut dicoba.

Peringatan: Messing dengan registri bisa merusak Windows kamu. Dianjurkan agar kamu mengikuti petunjuk secara tepat dan tidak main-main jika kamu tidak tahu apa yang kamu lakukan. Sebaiknya kamu membuat cadangan registri sebelum melakukan perubahan.

Mengakses Windows Registry 

Karena semua tweak hanya dilakukakn menggunakan Windows Registry, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengakses Registry. Tekan tombol “Win R” dan ketik regedit di dialog “Run” yang terbuka. Sekarang klik “OK,” dan Windows Registry akan terbuka.

1. Hapus Windows 10 Action Center Sidebar

Windows 10 Action Center di Sidebar menawarkan tombol akses cepat yang mudah dan memunculkan beberapa notifikasi. Namun, jika kamu rasa tombol ini tidak perlu, dan Anda tidak nyaman, kamu cukup menonaktifkannya.

Berikut Registry nya :

HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ImmersiveShell

Di sini, klik dua kali pada “UseActionCenterExperience” di panel kanan dan kemudian ubah nilainya menjadi “0.” Setelah itu, restart PC, dan kamu akan melihat bahwa Action Center Sidebar sudah hilang, dan panel notifikasi akan jauh lebih bersih.

Jika kamu tidak menggunakan OneDrive atau beralih ke layanan penyimpanan awan lainnya, kamu bisa menghilangkan ikon Onedrive di File Explorer kamu jika kamu rasa itu cukup mengganggu. Berikut adalah cara untuk menyingkirkan

HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{018D5C66-4533-4307-9B53-224DE2ED1FE6}

Kam tahu akan sulit menemukan {018D5C66-4533-4307-9B53-224DE2ED1FE6}masuk di antara begitu banyak entri serupa. Untuk menemukannya dengan cepat saat kamu membuka folder “CLSID”, klik “Edit” di menu paling atas, dan kemudian klik “Find.” Di kotak dialog “Temukan” {018D5C66-4533 dan tekan Enter. Anda harus di entri yang diperlukan.

Klik dua kali pada “System.IsPinnedToNameSpaceTree” di panel kanan dan ubah nilainya menjadi “0.” Ini akan segera menghapus ikon OneDrive. Jika tidak, restart PC. Selain itu, Anda juga dapat sepenuhnya menghapus OneDrive atau memindahkan OneDrive ke drive lokal lain.

3. Hapus secara otomatis Pagefile.sys Saat Shutdown

Pagefile.sys bekerja sebagai RAM virtual yang digunakan Windows sebagai RAM untuk menyimpan program yang tidak digunakan, sehingga memberi sedikit tekanan pada RAM yang sebenarnya. Meski tidak disarankan untuk menonaktifkannya, kamu bisa menghapusnya untuk menghemat ruang dan juga menghindari adanya kerentanan. Ukuran file halaman hampir mendekati ukuran RAM kamu yang sebenarnya, sehingga bisa memakan banyak ruang tergantung RAM kamu. Bila sudah diatur untuk menghapus dengan shutdown, kamu akan menghemat ruang tapi dengan konsekuensi dapat menyebabkan waktu shutdown agak lama.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management

Klik “Manajemen Memori”, lalu klik dua kali pada “ClearPageFileAtShutDown” di panel sebelah kanan. Sekarang tetapkan nilainya ke “1,” dan restart PC. Setiap kali kamu mematikan PC kamu, pagefile akan dihapus. Jangan khawatir – itu akan ada lagi bila dibutuhkan.

 

4. Sesuaikan Animasi Menu

Untuk menyesuaikan durasi animasi menu Windows, kamu perlu membuat beberapa perubahan pada registri Windows. Prosesnya tidak rumit dan seharusnya tidak menjadi masalah bagi orang yang kurang mengerti teknologi. Meskipun, selalu disarankan agar kamu membuat cadangan registri jika terjadi kesalahan.

Carilah entri “MenuShowDelay” di panel sebelah kanan. Klik dua kali di atasnya untuk membukanya. Ini adalah entri animasi menu dengan nilai default 400 (milidetik). kamu dapat mengubah nilai ini ke angka yang lebih rendah untuk mempersingkat durasi. Nilai 200 harus bekerja dengan baik untuk sebagian besar pengguna, namun kamu dapat menguranginya jika kamu suka.

HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop

Windows menempatkan sedikit penundaan saat startup untuk membantu aplikasi yang dimulai Windows dengan lancar melalui prosesnya, dan kamu memulai dengan desktop yang mulus tanpa ketinggalan. Anda dapat menonaktifkan penundaan ini untuk mempercepat startup Windows.

HKEY_CURRENT_USER\ Software\ Microsoft\ Windows\ CurrentVersion\ Explorer

Klik kanan pada “Explorer”, lalu pilih “Key” kemudian pilih “New”. Begitu kunci baru dibuat, ganti namanya “Serialize.”

Jika tombol “Serialize” sudah dibuat di bawah tombol “Explorer”, maka tidak perlu melalui proses di atas.

Setelah itu, klik kanan pada “serialize” dan pilih “DWORD Value” dari opsi “New”. Tombol Nilai DWORD akan dibuat di panel sebelah kanan. Ganti nama kunci ini menjadi “StartupDelayInMSec,” dan pastikan nilainya diset ke “0.” Sekarang Anda akan melihat dorongan kecil pada waktu startup Windows.

Kesimpulan

Di atas kami telah mendaftarkan beberapa tweak registri Windows 10 yang berguna untuk mengoptimalkan pengalaman Windows 10 kamu. Ada juga banyak tweak Windows 10 lainnya yang dapat kamu lakukan untuk lebih meningkatkan pengalaman Windows 10 kamu. Jadi teruslah menjelajah, dan kamu harus menemukan banyak cara untuk menyesuaikan Windows 10 PC kamu sesuai kebutuhan kamu. Jika kamu mengetahui hacks registri Windows 10 yang keren lainnya, bicaralah dengan kami di bagian komentar.