Microsoft Surface Studio

2018 merupakan tahun yang penuh kehebatan dan kebahagiaan bagi fans Windows, dan 2019 tampaknya akan menjadi tahun yang jauh lebih spektakuler lagi. Itulah mengapa mari kita lihat beberapa prediksi hal-hal spektakuler yang akan terjadi di Windows pada 2019 mendatang.

Meluncurnya Windows Lite

Ini dia yang paling ditunggu-tunggu fans Windows, akhirnya setelah sekian lama kita menunggu, Microsoft dirumorkan akan secara resmi memamerkan “Windows Lite” pada acara Build 2019 yang diperkirakan akan diadakan pada sekitar Mei-Juni mendatang. Hal ini dapat terjadi apabila tidak ada masalah dalam pengembangannya yang dapat membuat peluncurannya kembali tertunda.

Dalam acara ini, Microsoft juga akan lebih jauh dalam memamerkan pengalaman baru Windows Lite yang berbasis Windows Core OS dan CShell yang adaptif dan siap untuk generasi baru perangkat Windows seperti Centaurus, disamping juga adanya kemungkinan untuk bagi-bagi perangkat gratis berbasis Windows Lite untuk para developer.

Peningkatan Windows Update

Dengan meluncurnya Windows baru yang lebih adaptif, fleksibel, dan modern, Microsoft akan membuat pengalaman Windows Update lebih mudah dan nyaman bagi pengguna sehingga proses reboot dan diminimalisasi dan dipercepat sebisa mungkin, yang akan mirip seperti yang telah diimplementasikan di Android.

Sistem ini nantinya, ketika sebuah update telah tersedia, update tersebut akan terdownload dan terinstall ke sebuah “mirror image” atau semacam duplikat dari OS yang digunakan. Begitu telah selesai terinstall, OS tersebut akan memberitahu bahwa pengguna harus melakukan restart untuk menuntaskan update, tapi apa yang sebenarnya terjadi adalah, OS tersebut berpindah dari “live image” yang digunakan sebelumnya ke “mirror image” yang menjadi lokasi update tersebut, hal ini membuat proses reboot hanya perlu waktu beberapa detik saja.

Meskipun secara teknis pengaplikasiannya untuk Windows baru ini mungkin akan berbeda. Namun, hal ini akan membuat pengguna tidak kehilangan banyak waktu dan update serasa jauh lebih cepat bagi pengguna. Kehadiran perubahan ini memang tampaknya hanya akan tersedia bagi pengguna perangkat berbasis Windows Core OS baik melalui Windows Lite ataupun shell baru lainnya. Meskipun demikian, tentu saja kami berharap agar perubahan ini juga turut menghampiri pengguna Windows 10 “klasik”.

Sebagai tambahan, seperti yang telah ditegaskan Microsoft beberapa waktu lalu, bahwa mereka akan lebih berhati-hati dalam meluncurkan update, dan hal ini akan terus berlanjut di tahun ini.

Peluncuran Microsoft Edge Berbasis Chromium

Microsft Edge Windows 10

Pada tahun 2018, Microsoft resmi mengumumkan bahwa pihaknya akan mengalihkan basis EdgeHTML ke Chromium untuk browser Microsoft Edge. Versi baru Edge ini terus dikembangkan dan diuji secara internal, dengan versi tahap awal yang sudah mendukung login Microsoft Account, berbagi dan mengubungkan bookmark, dan beberapa dukungan fitur lainnya pada browser.

Developer sendiri nantinya dapat mencoba versi preview dari browser ini pada paruh pertama 2019 dan akan mulai tersedia bagi konsumen menjelang akhir tahun 2019 mendatang, dan akan sepenuhnya menggantikan posisi Edge yang ada saat ini pada awal 2020 mendatang.

Cortana dan Search Alami Perombakan

Image result for cortana split

Sudah cukup lama Microsoft dikabarkan akan merombak Cortana dan Search di Windows 10, dan langkah ini akhirnya akan terlihat di 2019. Dalam pengujian acak atau A/B testing build terbaru di Windows 10 19H1, terlihat Microsoft mulai memisahkan pengalaman Cortana dengan Search, meskipun pengalaman penggunanya masih jauh dari kata siap.

Kedepannya, kita akan melihat pengalaman Search yang lebih kaya akan detail-detail yang diinginkan, pencarian yang lebih cepat dan akurat, serta berbagai hal lainnya yang diinginkan pengguna selama ini. Disamping itu, Cortana akan lebih difokuskan dalam membantu meningkatkan produktivitas pengguna.

Dua Update Windows Baru

Lenovo Yoga C630

Tentu saja hal ini bukanlah suatu kejutan, karena memang Microsoft sudah mengkonfirmasi apabila akan ada dua update setiap tahunnya. Update yang pertama, seperti yang telah kita ketahui, adalah Windows 10 “19H1” yang diperkirakan meluncur pada April mendatang.

Kemudian, menjelang akhir tahun akan meluncur sebuah update dengan sistem kodenama baru yang berbasis penamaan tabel periodik kimia, mengikuti tim Azure. Nah! bagi yang belum tahu, tim teknisi Windows telah bergabung dengan tim tersebut, disamping tim Windows yang mengerjakan pengalaman pengguna dalam grup divisi Experiences and Devices. Kodenama update selanjutnya ini dikabarkan akan berkodenama “Vanadium”.

Microsoft 365 untuk Konsumen

Image result for microsoft 365

Setelah sukses dalam meluncurkan layanan Microsoft 365 untuk bisnis, Microsoft kini sedang bersiap untuk meluncurkan layanan Microsoft 365 untuk konsumen. Paket ini kemungkinan akan berisi Windows 10 Pro, Office 365, Cortana, Bing, Outlook Mobile, Microsoft To-Do, dan layanan MSN yang dapat mempersiapkan konsumen untuk beralih ke era cloud sepenuhnya.

Sekarang, apa tanggapan kalian soal berbagai prediksi ini? Dan apakah prediksi kalian untuk Windows di tahun ini? 😉

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of