7 Fitur Baru Terbaik di Windows 10 Redstone 5 (versi 1809)
7 Fitur Baru Terbaik di Windows 10 Redstone 5 (versi 1809)

Windows 10 Redstone 5 (versi 1809) adalah codename untuk pembaruan Windows 10 selanjutnya atau pembaruan ke 6 sejak Windows 10 dikenalkan. Pembaruan ini direncanakan akan dirilis pada bulan 10 tahun 2019 atau selambat-lambatnya hadir di akhir tahun. Seperti yang kita ketahui, Microsoft akan secara teratur merilis pembaruan setiap 2 kali dalam satu tahun.

Pembaruan Windows 10 Redstone 5 memang bukan update besar seperti yang terjadi di bulan april yaitu Windows 10 April 2018 Update. Meski begitu Microsoft membuat beberapa perubahan visual dan fitur baru seperti kesehatan, penyimpanan, penyesuaian, keamanan, dan produktivitas sistem.

Pada artikel kali ini, kami akan mengeluas 7 fitur terbaik yang hadir di Windows 10 Redstone 5 (versi 1809), simak ulasan nya di bawah ini.

Your Phone

Your Phone Windows 10
Your Phone Windows 10

Fitur yang belum lama ini Microsoft perkenalkan kepada publik, fitur Your Phone akan mengintegrasikan perangkat telpon dengan Windows 10. Untuk saat ini Your Phone hanya bisa di integrasikan dengan sistem operasi Android dan fitur nya pun baru sekedar menghubungkan ponsel dan mengakses foto.

Kedepan nya Your Phone akan mengintegrasikan teks, pembaruan serta foto yang akan saling terhubung. Tentu tidak ketinggalan perangkan iOS juga dapat mendapatkan fitur ini.

Mengubah Ukuran Font

Mengubah Ukuran Font di Windows 10
Mengubah Ukuran Font di Windows 10

Fitur ini sebenarnya sudah hadir di pembaruan Windows 10 April 2018 Update, tapi entah mengapa Microsoft menghapus nya sebelum perilisan resmi. Pada pembaruan Windows 10 Redstone 5, fitur ini kembali Microsoft hadirkan yang didesain dengan tampilan dan pengaturan font baru.

Menggunakan opsi slider, kamu dapat dengan cepat untuk menyesuaikan font yang akan digunakan pada sistem. Fitur ini sangat membantu bagi pengguna yang terlihat kurang jelas dengan font yang ada saat ini.

OneDrive Cleanup

OneDrive Cleanup di Windows 10
OneDrive Cleanup di Windows 10

Pada Windows 10 Redstone 5 (versi 1809), Microsoft menambahkan pengaturan pada storage sense nya. Storage sense ini berfungsi untuk membersihkan ruang penyimpanan jika sudah terlihat penuh secara otomatis. Fitur OneDrive Cleanup ini akan melengkapi nya dengan menyimpan file-file itu kedalam OneDrive secara otomatis.

Sebelumnya jika kita ingin menyimpan file ke OneDrive, itu harus dilakukan secara manual, kini di Windows 10 (versi 1809) semua nya sudah otomatis.

Alat Screenshot baru ‘Sketch Screen’

Alat Screenshot baru 'Sketch Screen'
Alat Screenshot baru ‘Sketch Screen’

Microsoft sudah memperbarui beberapa aplikasi jadul/lama untuk menyesuaikan perubahan visual di Windows 10. Sniping Tool adalah salah satu aplikasi yang berungsi untuk mendapatkan gambar dengan cara memotong bagian tertentu lalu menyimpan nya.

Sniping Tool kini sudah disatukan dengan Sketch Screen yang memberikan pengalaman lebih dalam mengambil screenshot. Sketch Screen sendiri sebelumnya merupakan bagian dari Windows Ink dan kini hadir untuk pengalaman lebih modern dengan sniping tool. Meskipun terlihat sederhana, kini pembaruan bisa didapatkan langsung melalui Microsoft Store tanpa harus menunggu update Windows 10.

Dengan tombol control Win+SHIFT+S kini kamu dapat dengan mudah untuk mengambil screenshot yang di inginkan. Tidak hanya itu, Microsoft juga sudah menyatukannya denga dukungan fitur stylus.

Baca : 4 Fitur Terbaik Yang Hadir Di Windows 10 Redstone 5 Sejauh Ini

Halaman Pencarian Baru

Halaman Pencarian Baru
Halaman Pencarian Baru

Pada versi Windows 10 Redstone 5 ini, Microsoft memberikan perubahan tampilan pada sistem pencarian yang terhubung langsung dengan Cortana. Kini ketika kamu mencari file, pada halaman sebelah kiri akan menampilkan detail dari aplikasi yang kamu cari.

Contoh seperti kamu mencari aplikasi Word, disebelah kiri akan memperlihatkan opsi tambahan seperti ‘Open dengan Administrator, Open file location, Pin to Start dan masih banyak lagi. Selain itu jika kamu mencari aplikasi dalam pencarian web, hasilnya akan menampilkan tombol untuk mengunduh aplikasi pihak ketiga dari situs resmi nya.

Clipboard dengan Cloud

Clipboard dengan Cloud
Clipboard dengan Cloud

Microsoft memberikan dukungan Cloud untuk Clipboard yang memungkinkan penyalinan teks bisa dilakukan kapan saja. Menyalin teks ke aplikasi kini juga dapat dilakukan dengan mudah dengan perintah Windows+V untuk melihat history.

Singkatnya Clipboard ini sudah di integrasikan dengan layanan Cloud Microsoft yang akan menyimpan salinan teks. Berapa pun lama waktu yang sudah terlewatkan saat pertama kali menyalin teks ke aplikasi tertentu, dengan bantuan Clipboard Cloud ini tidak akan menjadi masalah, karena teks tidak akan hilang terkecuali kamu sendiri yang menghapusnya.

Baca : Download ISO Windows 10 Redstone 5, Sekarang Sudah Tersedia

Tema Gelap di File Explorer

File Explorer dark time di Windows 10File Explorer sebentar lagi akan mendapat tema gelap, dimulai dari Windows 10 Redstone 5 (versi 1809). Tema gelap ini akan sangat ditunggu karena pengguna kini lebih suka dengan tampilan dark mode dibanding dengan tampilah light atau cerah. Tampilan dark mode juga tidak cepat merusak mata dibanding dengan tampilan cerah yang terkadang mata terasa sakit.

Untuk tahap pertama ini Microsoft baru mengaktifkan nya untuk File Explorer, menu konteks, dan dialog popup. Dark Mode ini juga akan secara otomatis aktif apabila kamu mengaktifkan nya melalui sistem.

So, itulah tujuh (7) fitur baru terbaik yang hadir di Windows 10 Redstone 5 (versi 1809). Semua fitur ini sudah bisa kamu rasakan jika sistem operasi Windows 10 kamu berada pada versi 1809 yang hanya tersedia untuk pengguna insider. Apabila kamu tidak tergabung kamu bisa menunggu nya saat Microsoft merilis pembaruan ini ke publik.