Group of Business People in Office Building.

Transformasi digital memungkinkan seseorang di satu negara untuk berkomunikasi, bekerja sama, berkolaborasi, dan melakukan bisnis dengan seseorang di negara yang berbeda. 

Satu hal yang sering diabaikan dalam memblokir komunikasi dalam beragam tenaga kerja berkisar pada orang-orang dengan kebutuhan aksesibilitas khusus. Misalnya, mengirim spreadsheet Excel berwarna cerah itu ke rekan kerja yang buta warna mungkin tidak seefektif yang kamu kira. Kombinasi warna tertentu dapat membuat komunikasi kamu tidak dapat dipahami.

Keragaman pengalaman, perspektif, dan kecenderungan kreatif dapat menghasilkan keunggulan kompetitif bagi banyak operasi bisnis. Namun, manfaat dari lingkungan kerja yang beragam mungkin beberapa pihak tidak dapat berkomunikasi secara efektif satu sama lain. Pemeriksa Aksesibilitas Microsoft menyarankan beberapa prinsip komunikasi praktik terbaik sederhana yang harus, ketika diterapkan, selalu menjaga dokumen Anda dapat diakses oleh penyandang cacat.
Accessibility Checker
Pada Mei 2018 lalu, Microsoft mulai meluncurkan versi terbaru dari Accessibility Checker untuk Office 365. Versi terbaru ini akan beroperasi di latar belakang saat kamu bekerja dan memantau secara aktif apa yang kamu lakukan. fitur yang diperbaharui ini akan mengingatkan kamu secara real time ketika mendeteksi masalah yang membuat konten kamu sulit diakses oleh penyandang cacat. Kamu juga dapat memeriksa status dokumen Kamu saat ini dengan mengklik tombol Periksa Aksesibilitas di tab Tinjauan yang terletak di Pita Office. 
Ketika membuat dokumen, apakah dokumen kamu akan diakses oleh orang cacat atau tidak, ada beberapa tips aksesibilitas praktik terbaik yang harus kamu terapkan:
  • Pastikan untuk menyertakan teks alternatif dengan semua visual. Ini termasuk gambar, SmartArt, diagram, objek yang disematkan, dan video.
  • Selalu tambahkan teks hyperlink dan ScreenTips yang bermakna ke tautan yang disematkan di dokumen kamu.
  • Pertahankan kontras yang cukup untuk warna teks dan latar belakang. Jangan terbawa dengan skema warna yang aneh dan latar belakang yang mengganggu.
  • Keep it simple. Gunakan struktur tabel dasar dan tentukan tajuk kolom, dan jika perlu, informasi tajuk baris. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jangan biarkan skema warna yang rumit menurunkan komunikasi Anda.
  • Di MS Excel, beri semua lembar tab nama yang unik dan hapus semua lembar kosong.
  • Sangat penting untuk MS Excel dan MS PowerPoint, selalu periksa dan memastikan bahwa warna bukan satu-satunya cara untuk menyampaikan informasi. Misalnya, pemformatan bersyarat di Excel dapat memengaruhi komunikasi visual bagi banyak orang, tetapi tidak semua orang.
  • Pada MS PowerPoint, pastikan kamu memberikan setiap slide judul yang unik. 
  • Pada MS Word, untuk menyimpan kemungkinan kebingungan, gunakan judul dan gaya bawaan. Fitur-fitur bawaan akan selalu dibaca dengan jelas dalam urutan yang benar dan logis.

Tunjukkan kreatifitas kamu

Kunci dari praktik terbaik untuk membuat komunikasi kamu efektif dan mudah diakses bagi penyandang cacat adalah menjaga agar dokumen kamu sesederhana mungkin. Penggunaan warna yang berlebihan, latar belakang, dan kontras yang aneh cenderung mengalihkan perhatian sebagian besar dan tidak dapat terbaca dengan jelas .

Jadi, Seberapa mudahnya dokumen terakhir kamu? Apakah kamu memasukkan faktor aksesibilitas ketika kamu membuatnya? Bagikan pendapat kamu dengan rekan-rekan kamu pada kolom komentar di bawah ini.

Demikian tips kali ini, semoga bermanfaat guna menunjang produktifitas kamu sehari – hari.