cardconcepts
Card UI Windows 10 Early Concept 

Masih ingat soal rumor akan hadirnya Card UI di Windows 10, yang tidak selang beberapa hari sebelum Build 2016? Tampaknya Microsoft berencana untuk memamerkannya pada acara Build 2017 yang dimulai besok (meski untuk berita Windows-centric baru dimulai pada 11 Mei).

Tujuan utama Microsoft adalah membuat seluruh sistem saling bekerjasama dalam berbagi informasi untuk pengguna. Seperti Cortana akan berbagi info dengan Action Center dan sebaliknya. Suatu hal yang dapat membuat pengguna tidak pernah ketinggalan info terbaru dengan konten berbasis Card UI yang disesuaikan dengan mereka.

Adaptive Card juga memungkinkan pengguna lebih mudah dalam melihat pemberitahuan yang mereka inginkan berdasarkan insight atau juga dalam group aplikasi tertentu. Contohnya seperti Social Card yang akan menampilkan daftar notifikasi terkini dari Facebook, Twitter, dan Instagram. Pengguna nantinya bisa dapat memilih Action Center agar berfokus pada aplikasi jejaring sosial saja.

actioncenterconcept
Action Center Early Concept

Aplikasi pihak ke-1 dan ke-3 akan dapat masuk ke Card UI, menawarkan informasi dan tindakan mereka sendiri berdasarkan masing-masing aplikasi. Misalnya, aplikasi Kalender akan dapat menghadirkan kartu ucapan ulang tahun ke Action Center sehingga Anda tidak pernah lupa, atau Card lain dapat dipamerkan yang merinci pertemuan Anda untuk hari itu, dan memberi Anda opsi untuk menjadwal ulang dua pertemuan yang bentrok.

Tentu saja dua screenshot yang anda lihat berasal dari konsep internal tahun lalu. Jadi dapat diperkirakan bahwa sekarang tentu ada perubahan besar apalagi dengan kehadiran “Project NEON”. Hadirnya sentuhan “Project NEON” akan membuat tampilannya semakin menyatu dengan Windows 10 RS3 yang elegan dan minimalis.

Akun “Walking Cat” juga mengisyaratkan hal yang sama, dimana Microsoft mulai berupaya memasukkan fitur ini di Windows 10 “Redstone 3”. Hal ini tentunya memberikan kita harapan bahwa fitur ini akan segera dipamerkan Microsoft di Build 2017 hari ke-2 yang berfokus pada masa depan Windows 10. Tentunya erita ini membuat kami semakin tidak sabar menunggu, begitu juga kalian kan?

Bagi yang belum tahu, fokus Microsoft di lini update Windows 10 “Redstone” adalah menghadirkan pengalaman tampilan anggun dengan fitur yang meningkatkan ketertarikan pengguna. Fitur ini ditambah “Project NEON” sangat pas sekali dengan misi Microsoft ini.

Nah apa tanggapan kalian soal berita ini? Tertarik?

Please Login to comment
avatar
1 Comment threads
5 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
lana karyatnaSahal RahmanMarc Vuorinen Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
lana karyatna
Guest

Kalo tampilannya kayak gitu malah keliatan kayak android