‘Perkakas’ untuk menggarap prototype paling ditunggu, Adobe Experience Design (adobe XD) akhirnya kini tersedia di Windows 10. Adobe sebelumnya telah meluncurkan aplikasi ini di Mac. Dan hari ini tibalah saatnya pengguna Windows 10 akhirnya dapat mencoba aplikasi ini.

Baca Juga: Adobe XD Tersedia di Bursa Sebagai Private Beta

Adobe selaku pengembang mengklaim Adobe XD adalah aplikasi Universal Windows Platform, tapi aplikasi ini tidak tersedia di Windows Store. So, sebagai gantinya, sobat harus men-download aplikasi ini melalui Adobe Creative Cloud yang cukup menarik.

Namun sayang sekali. Para pengguna Windows 10 agaknya tidak bisa berbangga diri dengan hadirnya aplikasi keren bagi para desainer ini. Pasalnya fitur-fitur di aplikasi Adobe XD di Windows 10 belum selengkap fitur di aplikasi Mac. Namun, Adobe mengatakan perusahaan berfokus pada kinerja dan kehandalan yang juga cukup penting.

Saat ini, aplikasi Adobe XD pada Windows 10 akan menyuguhkan semua fitur dasar bagi penggunanya. Tak terkecuali fitur Prototype yang pada dasarnya ini merupakan fitur utama dari aplikasi.

Sayangnya, aplikasi Beta ini memangkas sebagian besar fitur –misalnya, kamu bahkan tidak bisa berbagi file Adobe XD dari aplikasi. Selain itu juga tidak ada opsi untuk merekam Preview screen.

Fitur utama lainnya dalam Adobe XD pada Mac adalah Layers – yang juga belum tersedia pada Adobe XD Windows 10. Adobe memperkenalkan dukungan fitur Layers untuk XD bulan lalu di Mac. Jadi mungkin akan tiba pada Windows 10 awal tahun depan.

Perlu dicatat bahwa Adobe tengah bekerja keras untuk membuat XD bisa bekerja dengan perangkat sentuh. Juga dapat mengambil input dari Surface Pen kamu, atau bisa bekerja dengan input sentuhan. Perusahaan mengatakan fitur ini hampir selesai, tapi untuk sementara ini belum tersedia di versi Beta pertama.

Kabar yang cukup menggembirakan untuk kita semua adalah bahwa Adobe “berkomitmen” untuk memberikan update reguler untuk XD Windows 10. Perusahaan berencana merilis update setiap bulan untuk mendapatkan fitur keren di aplikasi Mac dan Windows.

Oke, sob. Jika sobat ingin mencoba aplikasi Adobe XD , sobat bisa mendapatkannya melalui Adobe Creative Cloud di sini. ?

 

Adobe Experience Design CC (Beta)