Seperti yang kita semua tahu bahwa Microsoft tengah bersiap merilis versi berikutnya dari Windows 10, yakni Windows 10 Redstone 2 alias Creators Update. Jika di antara kalian masih ada yang bertanya-tanya kapan Windows 10 Creators Update akan tersedia untuk Mobile? Kami jawab: “untuk Mobile kemungkinan besar “sedikit terlambat”. So, PC-lah yang terlebih dulu mendapat update besar kedua tersebut.

Tapi di artikel ini WinCamp tidak akan membahas Creators Update, melainkan akan berbicara tentang Redstone 3. Windows 10 Redstone 3 jauh lebih besar daripada Redstone 2. Menurut kabar/rumor yang berseliweran, Windows 10 Redstone 3 akan memiliki sejumlah fitur baru dan peningkatan pada perangkat. Salah satu hal terbesar tentang Windows 10 Redstone 3 adalah Project NEON.

Seperti yang telah kami bahas di artikel sebelumnya, Project NEON adalah bahasa desain generasi berikutnya dari Microsoft.

Project NEON adalah evolusi dari Design Language Metro atau Modern UI yang mungkin sederhananya bisa disebut Metro 2.0 bila menurut laporan Windows Central. Jadi karena ini evolusi, sehingga bukan berarti akan ada perubahan secara total dalam satu waktu tapi lebih kepada perbaikan Design Language di sana sini agar lebih konsisten.

Salah satu contoh kurangnya konsisten desain Windows 10

Sumber-sumber terpercaya mengatakan bahwa Project NEON telah dikembangkan sekitar setahun, dan akan menghadirkan pengalaman yang lebih konsisten, transisi yang lebih anggun, dan lebih sesuai. Semua ini tentunya juga berdasarkan kritik pengguna via Windows Insider dan juga keinginan developer.

Project NEON dibangun berdasarkan bahasa desain yang telah diperkenalkan sebelumnya dengan Windows 10, dengan antarmuka yang sederhana dan bersih. Namun ada “sedikit” tambahan beberapa “elemen” yang sangat dibutuhkan untuk UI yang tidak dimiliki oleh bahasa desain saat ini.

Di artikel kami sebelumnya, tentu kalian pun telah melihat beberapa screenshot dan gambar konseptual penuh Project NEON, dan memang cukup mengagumkan. Iya ‘kan?

 

Baca Juga:

Cantik, Ini Adalah Konsep Project NEON Yang Mungkin Terealisai di Windows 10

Lihatlah Proyek NEON Ini! Keren ‘kan?

Melihat Windows 10 di 2017

Microsoft Bakal Segarkan UI Windows 10

Download Wallpaper Windows 10 Hero Terbaru

 

Tapi ada satu pertanyaan yang cukup mengusik benak kita, tentunya. Adalah: “Bagaimana dengan Windows 10 Mobile? Akankah Windows 10 Mobile mendapat desain UI Project NEON juga?

Menurut kabar yang kami lansir dari Windows Latest, tim mereka telah mengadakan wawancara dengan sejumlah orang di Microsoft. Dan inilah hasilnya.

“Project NEON telah dikerjakan selama lebih dari setahun internal di Microsoft. Rencana Microsoft yang akan segera dilakukan adalah membuat bahasa desain yang dapat bekerja di semua perangkat, dan menawarkan pengalaman serupa. Ini termasuk PC, Mobile dan juga HoloLens. Project NEON akan mencakup apps-element yang membuat pengalaman yang jauh lebih unik.

Jadi, jawaban dari pertanyaan “Akankah Windows 10 Mobile mendapat desain UI Project NEON juga?”, jawabannya adalah ya. Windows 10 Mobile akan mendapatkan “cipratan” dari desain UI Project NEON. Selain itu, baru-baru ini Microsoft mengkonfirmasi bahwa Windows 10 Mobile akan tetap mendapat update berkelanjutan, bahkan setelah rilis Windows 10 Creators Update.

Salah satu manfaat terbesar dari pengembangan aplikasi Universal Windows Platform (UWP) dalam format Hosted Web App adalah bahwa pengembang secara dasar dapat me-repackage coding mereka yang sudah “ditulis” sebelumnnya untuk aplikasi web dan menggunakan karya tersebut sebagai dasar untuk aplikasi Windows 10 mereka. Dan saat ini ada banyak aplikasi UWP yang sudah tersedia di Windows Store dan ke depannya akan lebih banyak lagi. Sudah ada beberapa perusahaan yang mengambil keuntungan dari metode pengembangan aplikasi yang mudah digunakan dan cukup mengesankan di Windows Store. Jadi tentu saja tidak akan sulit bagi Microsoft untuk membawa bahasa desain baru pada perangkat Mobile.

Jadi dengan mengubah Bahasa Desain tentu saja berpengaruh pada semua aplikasi UWP, betul? Jika fungsi yang telah ditetapkan, katakanlah perubahan kode printf dalam file header dan kemudian tentu saja akan mempengaruhi output.

Lagi pula, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa Microsoft masih mengembangkan Windows 10 Mobile, bahkan setelah mematikan produksi Lumia. Yah, sebenarnya, sekarang kamu sudah mendapat jawabannya.

Hadirnya Project NEON ini tidak akan membuat developer kian bingung karena Microsoft juga akan memberikan pendampingan lebih, apalagi Project NEON ini juga bisa membuat developer lain membuat tampilan yang lebih konsisten di seluruh produk Windows 10. Seperti transisi tampilan yang lebih smooth pada HoloLens atau produk Windows Holographic ke Windows 10 PC, Mobile, dan Xbox.

Berbicara tentang aplikasi, salah seorang sumber mengatakan bahwa “Developer akan memiliki pilihan untuk menambahkan elemen bahasa desain baru jika mereka ingin.” Microsoft juga ingin membersihkan apa yang disebut inkonsistensi yang dimilki oleh MDL2. Developer juga dapat membangun aplikasi yang menampilkan menu konteks mereka sendiri, app bar, desain menu hamburger dan banyak lagi.

Well, Windows 10 Mobile “masih” memiliki masa depan yang cerah. Dan baru-baru ini kami telah mendengar kabar yang menyatakan bahwa Microsoft sedang menggarap perangkat Windows 10 Mobile baru dan diharapkan untuk di-launching pada akhir tahun ini. Mungkin perusahaan bisa meluncurkannya pada acara Microsoft November bersama dengan kompilasi lanjutan dari Redstone 3.

Fokus utama Windows 10 Redstone 3 adalah untuk menjadi pemersatu sistem operasi di semua perangkat, terutama Mobile dan HoloLens. Microsoft masih memiliki banyak “persiapan” untuk Windows 10 selama 14 bulan ke depan. Dan Redstone 3 tampaknya akan menjadi update cukup besar untuk Windows 10, Windows 10 Mobile dan Xbox One.

Project NEON akan mulai terlihat pada Redstone 3 di akhir 2017 hingga Redstone 4 diawal 2018, sementara beberapa perubahan minor yang diambil dari Project NEON sepertinya akan terlihat di Creators Update.

Bagaimana menurutmu? Silakan berkomentar di kolom komentar di bawah ini.

Please Login to comment
avatar
6 Comment threads
8 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
9 Comment authors
Reya PuluhulawaAndri DesmanaNasrudinAndriy AndriyFajrianor Hidayat Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Reya Puluhulawa
Guest
Reya Puluhulawa

Ga yakin ane lumia yg bawaannya wp 8.1 bakal dapat update ini.
Kalo yg bawaannya windows 10 mungkin dapat.
Ane rasa desain ini dibuat untuk mengakomodir device2 hybrid yg dipelopori oleh MS.

Andriy Andriy
Guest
Andriy Andriy

Project Neon? Tau tau nanti harus pakai ram 2-3gb

Fajrianor Hidayat
Guest
Fajrianor Hidayat

Susah ya ngebersihin nama windows phone, setelah sekian banyak kegagalan demi kegagalan yg dialami

Rori
Guest
Rori

Awesome ?

Whyu Wa
Guest
Whyu Wa

sedikit terlambat utk ui yg kya gtu

Andri Desmana
Guest
Andri Desmana

Kurang yakin sih sama rs3 yang bakal hadir juga untuk lumia dengan storage 8GB.