microsoft-center

Windows 10 PC yang didukung oleh prosesor ponsel, selalu terhubung dan hemat energi — segera hadir!

Seperti yang telah diberitakan WinCamp sebelumnya, kalau sang CEO Microsoft pernah berkata: Kami Akan Terus Berada di Pasar Ponsel dengan Ultimate Mobile Device. Beberapa hari lalu juga dikabarkan kalau Dengan RS3, Windows 10 Mobile Bisa Jalankan Aplikasi x86. Namun semua berita ini masih simpang siur, dan masih penuh tanda tanya.

Nah, tampaknya semua “tanda tanya” di atas, hari ini terjawab sudah.

Akhirnya, Microsoft membuat kejutan di perhelatan konferensi WinHEC 2016 yang digelar di Shenzhen, Cina: sebuah Windows 10 PC – versi full desktop akan hadir ke ponsel berprosesor ARM pada 2017 medatang.

Dijuluki sebagai “PC seluler“, Microsoft telah berhasil mendapatkan kode x86 untuk OS Windows 10 berjalan pada arsitektur ARM. Tentunya ini merupakan sebuah prestasi dalam teknologi yang fenomenal. Executive Vice President Microsoft, Terry Myerson menjelaskan tentang inovasi baru ini di Blog Windows:

Untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan pelanggan kami untuk bisa berkarya di mana saja dengan PC yang berkonektivitas seluler, baterai hemat daya, dan desain yang fleksibel, kami dengan bangga mengumumkan Windows 10 hadir ke ARM melalui kemitraan kami dengan Qualcomm.

 

Qualcomm dan Microsoft membawa era baru PC/Ponsel

Hardware yang dibutuhkan untuk Windows 10 yang berproci ARM ini dimulai dengan –yang belum lama ini diumumkan– : Qualcomm Snapdragon 835 flagship SoC based on the 10nm FinFET process.

Snapdragon baru 835, yang sudah mulai tahap produksi dan diharapkan meluncur di awal 2017, ini memiliki performa 27% lebih gesit dan 40% lebih hemat daya ketimbang pendahulunya, Snapdragon 820/821 SoC 14nm.

Kelas baru ini juga telah dilengkapi teknologi Quick Charge 4.0, yang memungkinkan kamu mengisi daya cuma 5 menit untuk pemakaian 4-5 jam untuk telepon, dan hingga 50% dalam waktu 15 menit saja.

Myerson membuat sejumlah poin penting untuk mengambil manfaat dari Windows 10 pada ARM:

Mitra-mitra hardware kami akan mampu membuat berbagai PC Windows 10 baru yang tipis, ringan, hemat daya dan selalu terkoneksi yang menjalankan x86 Win32 dan aplikasi Windows universal.

Akses penuh ke aplikasi x86 Win32 melalui emulasi

Ini bukan cuma OS. Windows 10 dengan ARM juga akan mampu menjalankan aplikasi dan game “jadul” x86 Win32 melalui emulasi.

Sobat nantinya bisa menginstal aplikasi dan game x86 Win32 –yang telah dimodifikasi– dari sumber manapun. Aplikasi Win32 asli loh, bukan aplikasi yang di-recycle atau dikemas ulang sebagai UWP. Juga bukan aplikasi Sandbox. Pokoknya ntinya aplikasi ini bakal memiliki full-access ke OS.

Apple juga membuat fitur emulasi serupa ketika lini perangkat Mac beralih dari PowerPC ke prosesor Intel. Tapi jangan salah, peralihan Microsoft ke dukungan ARM ini lebih hebat dan lebih mengesankan.

Untuk membuktikan ketangguhan Snapdragon 835, dalam event tersebut Microsoft mendemokan perangkat yang mampu dengan mudah menjalankan aplikasi Adobe Photoshop serta Office. Ini bukan hanya untuk aplikasi, bahkan game yang populer seperti MMOG World of Tanks yang didukung oleh ARM dan Windows 10 diperagakan juga di atas panggung.

Mampu kelola data dan eSIM

Selain itu, Windows 10 akan mendapatkan dukungan untuk SIM card yang disebut SIM elektronik (atau eSIM). (bukan SIM buat kendaraan itu loh, ya!)

Teknologi eSIM memungkinkan pengguna untuk beralih antar-provider (operator) dan data plan tanpa harus ribet beli SIM fisik baru.

AT&T, Etisalat, Deutsche Telekom, Orange, Vodafone, dan Telefonica adalah beberapa contoh operator di AS dan Eropa yang sudah menggunakan atau mengadopsi teknologi tersebut.

Windows Store akan menjadi tuan rumah data plan 4G LTE ini, memungkinkan pengguna untuk membuat rencana membeli dan kelola akun mereka tanpa buka browser atau login akun. Windows 10 untuk Desktop juga akan mendapatkan kemampuan manajemen data bagi pengguna untuk memantau dan mengontrol apa saja aplikasi yang menggunakan saluran data.

Akan Hadir di 2017

Lah. Masih lama ya?

Microsoft juga mengatakan bahwa perangkat akan memiliki fitur touch, pena, dan Windows Hello.

Microsoft mengharapkan perangkat baru mereka yang menjalankan Windows 10 dengan Qualcomm Snapdragon 835 ini hadir tahun depan.

Windows 10 pada ARM akan tersedia untuk kalangan Enterprise dan Consumer.

Akhirnya, perangkat ini memang masuk “kategori baru” seperti yang di”gosip”kan sejak lama. Entah ini namanya apa. Perangkat ini bisa menjelma menjadi tablet, 2-in-1, dan seperti perangkat Ultrabook.

Apakah device ini merupakan wujud dari Surface Phone?  *****

Please Login to comment
avatar
21 Comment threads
31 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
26 Comment authors
Julius Mayon MigoAndri DesmanaNasrudinLendoAminoedhin L Hafiez Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Lendo Lendo
Member
Lendo Lendo

Setelah cukup lama mengikuti berita di wincamp..akhirnya kepingan-kepingan pernyataan microsoft terangkai sudah….. Dimulai dari “kami akan terus mengembangkan windows mobile” sampai dengan “windows mobile bukan untuk market,tapi strategis” dan terakhir “tetap akan bertahan di dunia mobile dengan devices mobile ultimate”.ditambah “kami akan menciptakan ekosistem baru” terjawab sudah….inilah dia…mobile ultimate yang dikembangkan dari pengalaman dan kenyamanan ….hehehehe..good job microsoft

Rabbil AR
Guest
Rabbil AR

oh iya bner juga ding
Ane prnah baca artikel soal provider sim card yg kta ny ya gitu jadi hanya 1 sim card bisa pindah provider, bakal jadi standar baru ke depan nya. Wahh jadi msft menerapkan nya nih surface phone ?
lalu untk demo nya itu apakah menggunakan prototype ponsel hasil krjasma HP sma Microsoft kah ?

Memang yah microsoft hobi banget dah bikin kejutan, untung ane ga punya penyakit jantung ??

Fadli Nur
Guest
Fadli Nur

Lumia 535 kebagian enggak ya

Dixa
Guest
Dixa

Selamat tinggal nama Windows 10 Mobile…
Berikutnya namanya satu, W10 + W10M = W10

Ternyata perjuangan Microsoft itu sangat luar biasa, dari masalah resolusi besar di layar kecil yg bermasalah di W8 dulu, hingga dukungan processor ARM di x86&x32… Kini mendapatkan titik cerah di Windows 10… Dan waktunya pun tidak sebentar…

Mantap… Microsoft… 🙂

rafly
Guest
rafly

Ini hp yang jalanin windows10 atau gimana?

Eric
Guest
Eric

gila keren banget.
gak main-main nih kayaknya microsoft 2017 nanti ngembangin smartphone.

Aminoedhin L Hafiez
Guest
Aminoedhin L Hafiez

maaf oot
saya mau tanya : Kalo servis layar sentuh aja kena berapa biayanya??
Kalo servis layar sentuh dan lcd berapa biayanya??
terimakasih

Aorstab
Guest
Aorstab

Mungkin untuk surface pro pakai arm biar awet?

zainul akmal
Guest
zainul akmal

Mantap jiwa

DeJune Ahmad
Guest
DeJune Ahmad

Kejaaaammm…. ?

Daniel Handika
Guest
Daniel Handika

Keluarin device Low end juga dong

Max
Guest
Max

Gebrakan baru dari Microsoft, untuk mengguncang kembali dunia mobile yang dikuasai Oleh robot ijo & si Apel :v

Vladimir Rafan
Guest
Vladimir Rafan

Top Markotop… nabung mule skrg biar kbeli tu SurfacePhone / PC Celluler.. ??

Muhammad Hafiz Nurdin
Guest
Muhammad Hafiz Nurdin

wanjirrrrrr..menyeramkan!!
si mbah pasti ga mau kalah nih..pasti ikut2an bkin model bgni tp tentu saja akan sulit krna Dewanya PC ya Mikocok dgn jendelanya..

Dony Ari Putra. S
Guest
Dony Ari Putra. S

Apaakah tablet windows RT setelah ini akan mendapatkan update ke windows CU?

Whyu Wa
Guest
Whyu Wa

berlaku utk ponsel baru, lumia sebelumnya pasti gk support

Dony Prasetiyo
Guest
Dony Prasetiyo

Berarti smartphone ini nanti bisa jalankan program seperti yg ada di PC? Dan langsung menjalankannya di smartphone, atau perlu pakai perangkat tambahan lain dulu?

Lendo Lendo
Member
Lendo Lendo

Mantapppp

Andri Desmana
Guest
Andri Desmana

Greatttt, demo finalnya mungkin bakal keliatan pertengahan tahun 2017. Kita tinggal nunggu demo Windows 10 jalan di mobile ☺

Attrya Tripangga
Guest
Attrya Tripangga

Ini revolusi teknologi yang luar biasa menurut says. Coba bayangkan kalau nanti ada ponsel yang OSnya windows10 full desktop, trus didalamnya kita instal virtualbox atau semacamnya, lalu kita install hackintosh, linuk, android. Trus bisa bilang apa pengguna android, saat kita bilang hp’mu itu cuma sebuah aplikasi di dalam hp’ku. Ngeri sekali saya membayangkannya, sungguh terlalu trobosan teknologi microsoft ini.

Joko Yulianto
Guest
Joko Yulianto

Harga? Jangan nanya ?