windows 10 mobile vs android

Wincamp.org  – Alasan Android akan tertinggal oleh ekosistem Windows besutan Microsoft. Banyak Kegagalan dari sistem operasi milik Google yang telah diperbaiki pada sistem operasi mobile Microsoft yaitu Windows Mobile.

Adrian-Kingsley-Hughes baru-baru ini memprediksi bahwa “Android mungkin akan segera tiba pada masa terakhirnya” mungkin beberapa tahun kedepan. Dia membuat poin-poin yang menjadi alasan mengapa Android akan segera tiba ke masa terakhirnya dan akan tertinggal oleh ekosistem Windows Mobile.

Kita semua tahu bahwa sekarang ini system operasi mobile Android hampir menguasai seluruh pasar ponsel. dan apakah dengan menguasai semua pasar ponsel akan membuat android menjadi device yang baik ?, tentu jawabanya tidak.

Berikut 5 alasan mengapa Sistem Operasi Android akan mulai tertinggal oleh sistem operasi Windows Phone (Windows Mobile:.

1. Sistem Operasi yang Open Source yang mengarah kepada Device dan Fragmentasi Kernel

Kekuatan terbesar pada Android adalah pada Sistem Operasinya yang menganut Open Source, dan ironisnya hal ini juga menjadi kelemahan terbesar dari Sistem Operasi Android. Dengan melepaskan Android ke pasar, vendor mampu memasuki pasar smartphone tanpa melakukan investasi awal dalam mengembangkan OS sendiri. Sifat Open Source dari Android ini memperbolehkan orang ketiga untuk mengambil Source Code dan memodifikasi secara bebas Sistem Operasinya. Disinilah Windows, dalam bentuk Windows Mobile sudah memiliki Kekuasaan di atas. Sementara Perangkat lain memodifikasi dan membuat versinya sendiri, Windows Mobile tetap konsisten dengan Sistem Operasinya di seluruh perangkat

2. Terdamparnya Pengguna pada OS Versi Lama

Sekarang kita beralih kepada kegagalan Android Paling terlihat saat ini. User cenderung tidak pernah bahkan tidak Memperoleh Upgrade OS terbaru. Hal ini dapat diperjelas dengan data-data yang bertebaran saat ini. Marshmallow dirilis sudah hampir setahun yang lalu, akan tetapi 85% pengguna saat ini belum mengupgrade sistem operasinya. versi yang paling umum digunakan saat ini adalah Kitkat.

android-versionsBahkan Ironisnya Upgrade Os harus melewati Vendor terlebih dahulu apakah akan di beri Upgrade pada device A ataupun tidak, disini Google tidak dapat memegang kendali akan hal tersebut. Berbeda dengan Microsoft, saat ini Windows 10 Mobile telah berhasil mendorong hampir seluruh pengguna Window Phone untuk bermigrasi atau Upgrade ke Windows 10 Mobile, Pada hal tersebut microsoft yang mempunyai kendali untuk memberikan Update kepada setiap perangkat.

3. Fragmentasi Android menyebabkan Dukungan Pengembang Kurang

Sementara Google saat ini memiliki Dukungan Pengembang yang bagus, akan tetapi mereka akhirnya tidak dapat mengontrol pengalaman Pengembang pada semua 24.093 implementasi Android.

Hal ini menyebabkan kesulitan bagi pengembang, yang perlu memahami platform yang mereka gunakan untuk mendukungnya. Tidak ada pengembang yang realistis dapat mendukung 24.000 konfigurasi perangkat yang berbeda. Banyak perbedaan dalam core, sehingga siapa pun tidak dapat menebak apa yang akan terjadi pada perangkat tertentu.

Kita bisa melihat dampak ini pada salah satu contoh berikut: Salesforce.
Salesforce adalah sebuah perusahaan perangkat lunak yang bernilai $ 111.000.000.000 dengan 19.000 karyawan. Bahkan dengan semua sumber daya yang ada, mereka tidak dapat mendukung semua versi Android. Bahkan, perusahaan baru saja mengumumkan bahwa per Oktober, Aplikasi itu hanya akan mendukung Android pada perangkat Samsung dan Nexus .

Berbeda hal dengan Windows yang mampu dan cukup memungkinkan kepada Pengembang untuk memberikan dukungan di berbagai perangkat. Selain itu, Microsoft telah melakukan upaya besar untuk menciptakan sebuah platform universal yang memungkinkan aplikasi Windows yang akan dibangun, untuk dapat berjalan dengan Lancar pada perangkat apa pun dari dari Ponsel hingga PC

universalapps overviewDengan Inovasi Microsoft pada Universal Windows Platform (UWP) , Microsoft telah menciptakan apa yang mereka sebut dengan ONE CORE PLATFORM atau satu yang mendukung semua, dari perangkat hingga ke server bahkan IOT. Hal ini adalah Inovasi yang luar biasa yang dilakukan Oleh microsoft.

4. Kode warisan Linux membuat Android menjadi target Orang yang tak Bertanggung Jawab

Bicara mengenai Mallware, pasti semua sudah mengetahui bagaimana ganasnya Malware pada Android, jadi kita tidak akan mengulasnya lagi. Kita hanya akan menunjukan bahwa karena Android berbasis Linux, tanpa di sadari mereka juga mewarisi  beberapa Bug yang ada pada Sistem Operasi Linux.

Contoh: bulan lalu dilaporkan Bug yang membuat hampir 1,4 milyar user rentan terhadap serangan, bug tersebut berada pada Linux 3,6 yang kemudian diadopsi menjadi Android Kitkat.

Microsoft tidak melawan masalah kode warisan sendiri. Walaupun jutaan pengguna masih menolak untuk meng-upgrade dari Windows XP  Tetapi perbedaannya adalah, bahwa pengguna benar-benar dapat memilih untuk meng-upgrade ataupun tidak. Untuk jutaan pengguna ponsel Android lama, tidak ada upgrade yang tersedia. Mereka hanya target, dan ditinggalkan oleh vendor.

5. Biaya Lisensi

Android menjadi sangat Populer karena Vendor tidak harus membayar untuk dapat menggunakannya. mereka dapat memodifikasi dan bereksperimen tanpa harus merogoh uang untuk dapat melakukannya.

Pepatah lama “You’ll pay now or pay later” tampaknya sangat cocok untuk hal ini. Ternyata, Microsoft memiliki banyak paten untuk kode yang digunakan dalam Android. Microsoft, tampaknya, mengumpulkan antara lima dolar hingga 15 dolar untuk setiap lisensi Android. Sebuah laporan baru-baru ini menempatkan pendapatan Microsoft dari lisensi Android sendirian di sekitar $ 2 miliar.

Karena Microsoft telah memiliki suatu pegangan yang kuat pada lisensi Android, argumen bahwa Android adalah gratis akan tetapi Windows tidak sebenarnya palsu. Hal yang menyedihkan, akan tetapi inilah kenyataannya

Microsoft memiliki apa yang bisa dasarnya dipandang sebagai pengganti OS Android. Microsoft juga memiliki integrasi vertikal yang mendalam dari perusahaan untuk IoT, upgrade sistem yang kuat dan terbukti, sejarah panjang manajemen lisensi, dan solusi pemrograman yang universal yang memungkinkan aplikasi seperti Office yang dapat digunakan dengan satu basis kode di berbagai platform.

Lalu, bagaimana pendapatmu mengenai ini ? bagikan pendapatmu pada kolom komentar.

Catatan: Artikel ini dikutip dari ZDnet dan tidak menggunakan argument pribadi sebagai pengguna Windows Mobile.

Please Login to comment
avatar
35 Comment threads
84 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
44 Comment authors
Miftahul SantjaIrfan A. OfaRadialKristaAndri Desmana Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Irfan A. Ofa
Guest

gimana, gimana?

gimana kabar windows mobile sekarang?

Radial
Guest
Radial

Tiap kali saya sedih melihat kenyataan, saya menghibur diri membaca artikel ini

Krista
Guest
Krista

Tiap kali saya sedih melihat kenyataan HP Windows sekarang,

saya menghibur diri membaca artikel ini

AEMDE
Guest
AEMDE

walaupun itu baik untuk jangka kedepannya. tapi bagiku windowsphone bukanlah suatu produk yang bisa memenuhi kebutuhan usernya. memang sistem operasinya stabil dan hemat batrei tapi masalah utamanya adalah untuk sekarang ini windowsphone bagiku bagaikan mall besar bangunan kuat. memiliki nama yang terkenal dimana-mana. tapi sayang mall tersebut menyediakan barang dagangan yang sedikit di etalase storenya. hmmmmmmbb.

Radial
Guest
Radial

Tiap kali saya sedih melihat kenyataan, saya menghibur diri membaca artikel ini

yellow will
Guest
yellow will

Kenyataan WP selalu tidak bisa bersaing dengan android dlm hal menghadirkan aplikasi yg sedang hits. Contohnya pokemon go. Bahkan bbm cabut dari WP

Fiter Kurniawan
Admin

Hasilnya akan sangat memuaskan jika Microsoft selalu mendengarkan FeedBack dari kaum Windows Insider 🙂

Eko Priyo
Guest
Eko Priyo

tinggal tunggu hasilnya

Madd_535
Guest
Madd_535

woooow..

Icha
Guest
Icha

Thax hady gigikita tersayang ud ngenalin lumia ke aku.. Hp ini akan aku jaga slalu buat km ? Lumia lovers angkat tangannya ?

Max Navero
Guest
Max Navero

Analisis yang menarik..? tinggal menunggu apa yg akan terjadi kedepan..

dycal fahlefie
Guest
dycal fahlefie

I LIKE IT WINDOWS MOBILE ..
I’AM USER NOKIA LUMIA 630 DUAL SIM WIN10MOBILE

Fiter Kurniawan
Admin

Ada masanya Android akan beristirahat, seperti Linux yang sekarang kebanyakan hanya berfungsi sebagai “Server” saja. Jika semakin banyak cabang (unique devices) maka semakin sulit untuk mengatasi karakteristik “Bugs” yang dimiliki setiap perangkat.
Atau bisa jadi tuntutan Oracle pada Pemrograman Java yang digunakan Android masih belum memiliki izin akan segera berakhir? Atau Microsoft menaikan tarif Lisensinya yang saat ini digunakan Android? 🙂
#RaiseWindowsMobile

Radial
Guest
Radial

Saya suka menghibur diri membaca artikel ini 🙂

Azhe-kun
Guest

Yak. beginilah kenyataannya…
HP Android hanya tertentu yg dapat Update, namun Windows 10 Mobile tetev dapet Updates rutin.. walalu Windows 10 Mobile juga sering kena PHP :v namun terealisasi.. 🙂

Achmad Wahid
Guest
Achmad Wahid

this is the article the windows(phone) users want to read… artikel yaang menguatkan pengguna minoritas untuk bertahan, mencintai dan tetap optimis dengan menggunakan ekosistem windows. BUKAN artikel curhatan penulis blog windows yang justru mau pindah ke os tetangga, kayak di kompleks sebelah. #LoveWincamp

Hari Jefri
Guest
Hari Jefri

Windows hanya kurang di apps saja.. Karena di apps windows phone masih blm efektif integrasinya dengan windows dekstop 🙂

Semangat para dev buat ngejar ketertinggalan apps di OS windows

BUDI
Guest
BUDI

Developer,developer,developer!

We need more apps and support.

Marta Syiahad
Guest
Marta Syiahad

Microsoft yg bakal hancur… the power of devloper no1, bukan the power of os 😀

Cecilia Ang
Guest
Cecilia Ang

Info menarik nih
Tp memang blm tentu, masih prediksi.
Jd yg lain jgn terbawa emosi lah, toh penulis gak ada maksud menjelek2an siapa2 disini
Hanya berbagi info sj ?

Nawi
Guest
Nawi

Bukanya ane ndak setuju ama artikel ini. Tp jangan lupa ama os milik apple gan. Klo dari segi dukungan os apple sama os windows sama2 memperhatikan para usernya. Lihat aja iphone 4 sampai sekarang masih d produksi n di dukung walaupun ada kabar cma sampai versi 9.

Adil
Member

HAHAHA PADAHAL DULU ADA RUMOR WP UDAH MATI, LAH SEKARANG MALAH ANDROID YG MAU KEOG,,, AMIN LAH SEMOGA AJA KEJADIAN :V

Edi Purwanto
Guest
Edi Purwanto

Mantap infonya gan..

Rori
Guest
Rori

Wake me up when android is dead…

Wahyu Nugroho
Guest
Wahyu Nugroho

Mantapppppp?????

Fer_ferdi
Guest
Fer_ferdi

Kasihan ya cuma jd target kemudian ditinggal

Joko Yulianto
Guest
Joko Yulianto

Harus yakin dong
BTW Portal sebelah yg dulu inisialnya IWP, foundernya terang2an banting setir ke Android 😀
Alesannya app gap.
Pantesan dulu sepi, gak sepenuh hati mencintai Windows sih hehehee…

Reya Puluhulawa
Guest
Reya Puluhulawa

Perkiraan ane sih android ini akan berakhir seperti linux (karena emang linux juga ?) terlalu banyak variannya (distro).
Karena open source, maka akan lahir banyak varian2 lain. Salah satu yg udah mulai menunjukan taringnya adalah tizen. Tinggal nunggu vendor2 lain membuat distronya sendiri, maka android akan ditinggalkan.
Beda dgn windows 10 (ane ga nyebut “phone”, karena windows 10 itu universal) yang closed source, hanya Microsoft yg bisa mengembangkannya.
Intinya, poin 1 itu memang benar adanya.

Satu lagi keunggulan windows 10 adalah universalnya. Ini yg menurut ane akan menjadi senjata mematikan dari windows 10.

DeJune Ahmad
Guest
DeJune Ahmad

Miris klo baca banyak lisensi milik microsoft yg dipake di Android… ?

Arifin Tajul
Guest
Arifin Tajul

Mantap semoga w10m semakin jaya ?
Tapi apa ponsel berbasis windows 10 mobile bakal masuk ke indonesia, denger2 katanya nanti surface phone sasarannya ga ke Indonesia yah, jadi sedih? -_-

Hilal R G
Guest
Hilal R G

Yg menjadi pertanyaan, kenapa aplikasi buatan microsoft selalu yg terbaik di android? Sedangkan di ekosistemnya sendiri tidak. What your mind man????

Radit Tyo
Guest
Radit Tyo

Msh terlalu dini keknya

hady gigikita
Guest

Poin terahir paling menyayat hati ,,, semua orang bisa membuat operasi sistem android tanpa merogoh gocek ,,,,

Jaya Handika
Guest
Jaya Handika

Bisa pasti bisa, asal pamor developer pada dikeluarin. Walaupun masih jauh dari kata sempurna, ketika saya pernah di Android ga betah euy bosen bawaan nya kangen ke windows phone. Seru dan menegangkan ?

Muhammad Hafiz Nurdin
Guest
Muhammad Hafiz Nurdin

it will be happen as soon as possible..!!

(*makan msh nasi udug gocengan ga beud gw pke bhs.inggris) ?