2016-08-06 (8)

Microsoft Edge, peramban baru sebagai pengganti Internet Explorer untuk Windows 10 kini sudah berusia lebih dari setahun sejak pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft.

Sejak pertama kali terinstall secara system di Windows 10, Edge telah mengalami berkali-kali perubahan, perbaikan dan peningkatan. Setiap kali ada update kumulatif Windows 10, secara otomatis browser Edge pun ikut mengalami perubahan atau perbaikan karena browser ini telah terintegrasi dengan sistem.

Microsoft masih terus menciptakan yang baru, menetapkan Microsoft Edge sebagai sebuah browser yang mampu berbuat lebih banyak di web, dengan alat membaca, menambahkan catatan, Cortana built-in dan lain-lain. Microsoft membangunnya di atas Universal Windows Platform, yang mencakup mesin render web baru, EdgeHTML. Sehingga dapat menjadikan Microsoft Edge bekerja lebih cepat, lebih efisien, lebih kompatibel, lebih aman dan memberikan pengalaman lebih produktif untuk semua pelanggan Windows 10.

Bersama dengan diluncurkannya Windows 10 Anniversary Update, Microsoft Edge pun telah dijejali berbagai fitur baru dan menarik. Salah satunya ialah kini Edge memiliki dukungan untuk ekstensi browser yang bisa diunduh dari Bursa, puluhan fitur baru, dan perbaikan besar untuk efisiensi daya, serta keamanan. Hal inilah yang membuat Edge menjadi browser paling mudah yang pernah dibuat oleh Microsoft, dan peramban pertama yang mencetak 100% sempurna di HTML5Accessibility.com!

Yuk kita jelajahi satu persatu apa saja yang baru di Edge dan tersedia untuk semua pengguna Windiws 10. Cekidot !

 

Percantik browser-mu dengan berbagai ekstensi !

Inilah yang sering diminta oleh para pelanggan Windows 10. Ya, ketersediaan ekstensi di Edge merupakan permintaan fitur no.1 yang paling banyak sejak Windows 10 pertama kali dirilis pada akhir Juli 2015 silam, dan setelah diujicobakan ke para Insiders dalam bentuk versi “pratinjau” selama beberapa bulan terakhir, akhirnya ekstensi untuk Edge ini resmi tersedia untuk publik bersama Windows 10 Anniversary Update.

Microsoft Edge Extensions kini telah tersedia di Bursa, menyediakan aneka pilihan ekstensi populer, termasuk ekstensi dari brand populer seperti AdBlock, Adblock Plus, Amazon, Evernote, LastPass, Translator for Microsoft Edge, Office Online, PinterestPocket dan banyak lagi.

2016-08-06 (14)

 

Tidak berhenti sampai di situ. Microsoft akan terus mendorong para developer ke Bursa Windows di pembaruan berikutnya, guna menjamin kualitas tertinggi bagi 370 juta lebih pelanggannya. Kamu dapat menemukan sejumlah ekstensi di Windows Store di sini atau dengan memilih “Ekstensi” dari menu Microsoft Edge.

 

Browser paling mudah

Pada September 2015, Microsoft telah menguraikan negara-negara yang mendapat dukungan untuk teknologi bantu yang populer di Microsoft Edge dan berbagi roadmaps untuk meningkatkan dukungan. Sejak itu, investasi Microsoft dalam aksesibilitas telah dilunasi dalam EdgeHTML 14, dan akhirnya Microsoft Edge di Anniversary Update telah menjadi browser paling mudah diakses yang pernah dibuat oleh Microsoft, sebagai satu-satunya browser untuk mendapatkan skor sempurna versi HTML5Accessibility browser benchmark , mengalahkan Firefox dan Chrome.

Accessibility browser on HTML5 Accessibility
Persentase skor aksesibilitas browser dari HTML5 Accessibility.com

 

 

Microsoft telah membuat pembaruan besar dan ratusan perbaikan bug sehingga Microsoft Edge lebih mudah untuk dinavigasi dengan keyboard dan teknologi bantu seperti Screen Reader / pembaca layar, termasuk dukungan yang lebih baik untuk file PDF, dukungan narator untuk saran bilah alamat dan jawaban secara instan, dan berbagai macam perbaikan umum, fitur browsing harian seperti tab, jendela, dan favorit. Edge juga telah dirancang ulang dengan arsitektur baru Aksesibilitas untuk mesin rendering, sehingga para developer dapat membangunnya agar lebih mudah diakses oleh pengguna yang didukung oleh HTML5. Microsoft selalu berkomitmen untuk membuat web agar bisa bekerja untuk semua orang, dan dengan perubahan tersebut browser Edge mampu memberikan pengalaman yang lebih baik untuk spektrum yang luas dari pengguna yang tergantung pada teknologi bantu setiap hari.

 

Berbagai Fitur Baru yang Dibangun oleh Anda:

Edge telah ditambahi dengan berbagai fitur baru, berdasarkan hasil umpan balik terbanyak dari pelanggan Windows 10 dan para anggota Insiders.

Inilah daftar fitur-fitur baru selengkapnya.

Sematkan tab

Kini kamu bisa sematkan tab untuk menjaga situs yang paling sering digunakan dan web apps yang tersedia hanya dengan sekali klik. Cukup klik kanan untuk setiap tab dan pilih “Pin / Sematkan”.

pinned-tabs
Sematkan tab di Microsoft Edge

Sematkan tab selalu muncul di awal baris tab, dan hanya menampilkan ikon situs. Dengan menyematkan tab di Edge Microsoft, maka ketika kamu menutup aplikasi, tab tersebut akan datang kembali di waktu berikutnya kamu membuka Microsoft Edge.

 

Paste and Go

Jika kamu telah menyalin link di clipboard, kamu tinggal klik kanan pada address bar dan pilih “Paste and go” dari konteks menu untuk langsung menavigasi ke situs.

paste-and-go

Jika kamu menyalin sesuatu selain link ke clipboard, kamu akan melihat hanya pilihan “paste and search”.

 

Notifikasi dari website

Microsoft Edge sekarang mendukung notifikasi dari situs web yang terbuka, sehingga kamu dapat tetap up to date dengan pesan atau update dari situs favorit seperti Skype untuk Web, Slack atau WhatsApp.

web-notification

Microsoft Edge akan selalu meminta izin kepada kamu sebelum mengizinkan sebuah situs untuk mengirimkan notifikasi, dan kamu pun dapat mengatur notifikasi dari pengaturan di Microsoft Edge atau dengan mengklik kanan Notifications+Action Center di Windows 10.

web-notification 1

 

Swipe untuk menavigasi

Kini kamu bisa menavigasi mundur/back dan maju/forward cukup hanya dengan usapan jari. Pada layar sentuh PC atau perangkat Windows 10 Mobile, cukup usapkan jari di seluruh halaman ke kanan atau ke kiri untuk pergi/mundur kembali ke halaman sebelumnya atau maju ke halaman berikutnya di riwayat browsing kamu.

 

Tanyakan pada Cortana tentang gambar

Klik kanan pada gambar apapun di web dan pilih “Ask Cortana” untuk mempelajari lebih lanjut tentang gambar yang kamu pilih untuk mengidentifikasi informasi terkait atau mencari gambar terkait.

Favorit yang lebih baik

Sekarang kamu bisa bebas mengimpor favorit dari browser Firefox, Chrome dan Internet Explorer. Bila kamu mengimpor favorit dari browser, maka web-web favorit tersebut akan terpisah dengan jelas berlabel folder, bukan dicampur dengan favorit kamu yang sudah ada. Mengatur favorit sekarang lebih mudah dengan menggunakan layar “pohon” baru di Hub. Kamu dapat meluaskan dan menciutkan folder untuk melihat isi dengan banyak atau sedikit, sebanyak yang kamu suka. Sekarang kamu juga dapat mengategorikan favorit dengan nama di panel favorit, dan dengan mudah mengatur ulang atau memindahkan favorit antara folder dengan “drag & drop”. Di Bar favorit, kamu sekarang dapat mengklik kanan pada bilah favorit untuk menampilkan hanya ikon, mengubah nama item, atau membuat folder baru.

Favorites on Microsoft Edge

Manajemen Download yang lebih baik

Microsoft Edge kini memberikan peringatan ⚠ dalam proses download setiap kali kamu menutup Microsoft Edge. Ini memberi kamu kesempatan untuk menyelesaikan proses download sebelum menutup Microsoft Edge. Kamu juga dapat mengatur folder mana yang akan digunakan untuk menyimpan download-an secara default. Cukup buka “Settings”, pilih “Advanced settings”, dan temukan pilihan baru di bawah “Downloads”.

Download settings on Microsoft Edge

 

Drag and drop folder

Sekarang kita bisa upload folder ke situs-situs seperti OneDrive, Dropbox, dan Google Drive dengan “Drag & drop” (menyeret dan meletakkannya) ke Microsoft Edge.

 

Tab di Mobile yang Lebih baik

Microsoft Edge membuat tab di bawah kendali ketika kamu menggunakannya dengan aplikasi pada ponsel kamu. Jika kamu meng-klik link dalam aplikasi yang membuka tab baru di Microsoft Edge, maka dengan menekan tombol back –ketika kamu sudah selesai– akan menutup tab tadi, kemudian membawa kamu kembali ke aplikasi tadi. Daftar tab kamu tetap ramping dan relevan, dengan rapi menutup tab yang telah selesai dijelajah.

 

Tab Preview di HoloLens

Arahkan kursor ke tab pada HoloLens seperti kamu di PC untuk melihat thumbnail preview halaman.

Dan banyak lagi!

Itu hanya update tahap awal yang berisi banyak perubahan dan perbaikan! Kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang apa yang baru di Microsoft Edge dengan Anniversary Update, cukup dengan membuka menu “…” dan memilih “Apa yang baru dan tips.”

 

Fitur dasar yang lebih baik: lebih efisien, lebih kompatibel, dan lebih aman daripada sebelumnya!

Fitur-fitur di Edge di Anniversary Update lebih dari sekedar baru! Tapi juga telah meningkatkan efisiensi daya, kompatibilitas, dan keamanan, sehingga kamu dapat melakukan browsing dengan mantap dan tidak khawatir menghabiskan baterai, dan akan dilindungi dari malware dan ancaman lainnya oleh keamanan terdepan di Edge.

 

Efisiensi sepanjang hari

Microsoft juga telah menambahkan ketahanan lebih lama pada browser andalannya. Dengan Anniversary Update ini browser Edge menjadi lebih efisien ketika kamu memiliki tab terbuka di latar belakang, dengan penghematan hingga 90% dalam beberapa kasus. (Baca juga: Edge Kalahkan Chrome dalam Kualitas & Efisiensi Video! )

 

Kini Microsoft Edge juga bisa mencegah dari memutar otomatis konten Flash non-esensial seperti iklan sampai kamu mengklik “putar”, sehingga menghemat daya dan meningkatkan kinerja. Edge juga telah mengisolasi Flash dari halaman konten, sehingga jika Flash mengkonsumsi terlalu banyak sumber daya atau crash, Windows dapat menghentikan itu tanpa mempengaruhi sisa website.

Lebih kompatibel dengan situs populer

Dengan Anniversary Update, Microsoft Edge mencakup dukungan untuk puluhan standar HTML5, format media dan fitur JavaScript yang baru, termasuk standar web baru yang akan memungkinkan situs menggunakan Windows Hello sehingga kamu bisa login dengan wajah atau sidik jari. kamu dapat membaca lebih lanjut tentang puluhan standar baru yang didukung dalam posting Microsoft di Microsoft Edge Dev Blog, memperkenalkan EdgeHTML 14.

Lebih aman daripada sebelumnya

Microsoft Edge menetapkan panel tinggi baru untuk keamanan, mengisolasi halaman web dari seluruh sistem dan membuatnya lebih sulit untuk dieksploitasi untuk mendapatkan akses ke sistem operasi dan informasi pribadi kamu. Pada bulan November, Microsoft telah menambahkan lebih banyak perlindungan untuk mencegah program jahat yang menyuntikkan diri ke dalam browser tanpa sepengetahuan pengguna.

Di Anniversary Update Microsoft telah membuat keamanan tingkat tinggi sehingga membuat serangan malware lebih sulit dengan fitur-fitur baru yang canggih seperti perlindungan serangan Kernel. Selain itu, Flash kini terisolasi untuk proses terpisah berjalan di AppContainer terpisah, mengurangi risiko yang terkait dengan kerentanan Flash.

Enterprise-siap Browsing

Microsoft Edge memberikan pengalaman browsing yang lebih cepat, lebih efisien, lebih kompatibel, lebih aman dan lebih produktif bagi semua pelanggan Windows 10.

Microsoft juga telah membuat beberapa peningkatan khusus untuk pelanggan perusahaan seperti: Windows 10 Anniversary Update akan memungkinkan organisasi untuk menggunakan Microsoft Edge sebagai browser default mereka yang lebih aman, lebih cepat, menggunakan kembali ke Internet Explorer 11 hanya untuk situs yang disetujui yang memerlukan kompatibilitas. Halaman interstisial (“organisasi Anda telah mengatur situs ini untuk secara otomatis terbuka di Internet Explorer”) tidak lagi ditampilkan secara default, dan Anda dapat membatasi penggunaan Internet Explorer hanya untuk situs-situs yang terdaftar di Enterprise Mode site list. Microsoft juga telah menambahkan kebijakan manajemen lainnya berdasarkan pada feedback pelanggan, termasuk kebijakan “pengguna” dan “komputer”. Microsoft Edge memang hebat untuk perusahaan, juga.  *****

 

 

(Dikutip dari Windows Blog)