Di Build 2017, Microsoft resmi memperkenalkan “Project NEON” dengan nama resmi Fluent Design. Microsoft sendiri juga mengatakan bahwa Fluent Design ini akan hadir secara bertahap di update update yang mulai terlihat di Creators Update, Fall Creators Update, dan seterusnya. Salah satu hal menarik di gelombang ke-2 Fluent Design adalah hadirnya Z-Depth Layering.

Apa itu Z-Depth Layering?

Image result for z depth layering

Perjalanan Fluent Design akan terus dimulai dari Redstone 2, 3, 4, dan seterusnya. Bahkan dalam suatu podcast Windows Central sempat mengungkapkan adanya rencana Microsoft hingga Redstone 9.

Itulah mengapa agar pengguna tidak terlalu kaget dengan adanya perubahan besar dalam tampilan Windows 10. Mereka memutuskan untuk membuatnya secara bertahap sehingga lama-kelamaan pengguna akan terbiasa dan tidak mengulangi kesalahan yang sama di Windows 8.x dimana konsumen masih kaget dengan perubahan besar.

Build 2017 Z-Depth Layering Demo (by Windows Central)

Z-Depth Layering akan membuat tampilan 2D menjadi pengalaman tampilan 3D yang sangat cocok untuk produk Mixed Reality. Namun, hal ini juga akan diaplikasikan di berbagai produk Windows 10 lain seperti PC, ponsel, Xbox dan lainnya. Ini adalah pertanda jelas bahwa Microsoft berfokus penuh untuk terjun di era Mixed Reality. Suatu era dimana masa depan Windows 10 terletak disini.

Kemudian kenapa Microsoft memberi contoh Z-Depth Layering sekarang? Tentu agar para developer juga tidak kaget menghadapi perubahan dan mulai menyusun rencana untuk membuat aplikasi mereka mendukung gelombang kedua dari Fluent Design. Dimana ketika hal ini resmi diluncurkan, tidak perlu waktu lama lagi bagi para developer untuk meluncurkan aplikasi mereka di Windows Store dan memperkuat momentum Mixed Reality.

Image result for future vision microsoft

Kehadiran Fluent Design tentu membuat Microsoft semakin dekat untuk mewujudkan Future Vision mereka. Visi dimana semua hardware dan software Microsoft terlihat begitu erat menampilkan kesan futuristis. Sebelumnya mereka juga terlihat memulai perjalanan ini dengan peluncuran Surface Dial yang sudah lama ada di video konsep Microsoft. Melihat gambar diatas bukan tidak mungkin kedepannya Surface Dial akan menjadi menjadi bagian software Windows 10. Dimana pengguna dapat menggunakannya seakan-akan benda 3D.

Nah apa pandangan kalian soal hal ini? Semakin tertarik dengan masa depan Windows? 😀

 

Please Login to comment
avatar
3 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
DoniEdogawaBUDIRabbil AR Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
DoniEdogawa
Guest
DoniEdogawa

siap2 nabung buat beli laptop baru 😀

BUDI
Guest
BUDI

Butuh upgrade pc ☹

Rabbil AR
Guest
Rabbil AR

berarti codename redstone untuk perubahan dalam ux dan ux yak, maka nya panjang
ga kayak threshold