Windows 10 Spring Creator UpdateMicrosoft masih bekerja keras untuk memperbaiki bugs-bugs yang muncul sebelum mereka merilis Windows 10 “Redstone 4”. Ini adalah Windows 10 versi “1803” yang berarti akan dirilis pada bulan 3 “Maret” tahun 2018, namun nyatanya hingga sekarang belum juga Microsoft rilis.

Kabar terbaru yang kami dapat, pembaruan Windows 10 April 2018 Update ini akan hadir pada bulan April 2018. Microsoft memang sengaja memberikan penomeran pada versi Windows 10 nya agar mudah di ingat. Selain itu, pembaruan besar ini juga akan memakai nama Windows 10 April 2018 Update.

Lantas, apa saja hal dan fitur-fitur baru yang Microsoft persiapkan pada Windows 10 April 2018 Update ini ?. Wincamp akan menjabarkan apa saja fitur yang tersedia serta memberikan sedikit penjelasan untuk kamu ketahui :

Timeline

Timeline di Windows 10Timeline adalah salah satu fitur yang akan hadir di pembaruan ini, Windows 10 Spring Creator Update. Timeline sebenarnya sudah dijadwalkan akan hadir pada Windows 10 Fall Creator Update, namun batal. Fitur Timeline ini membuat PC dengan Windows 10 dapat lebih erat dengan ponsel Windows, Android, dan iPhone.

Disini Cortana berperan besar untuk membuat kamu memilih apa yang dapat langsung kamu lanjutkan pekerjaannya. Misalnya, membuka tab facebook dan Wincamp ( ? ) di Microsoft Edge dan kamu ingin melanjutkannya di Lumia kamu dapat secara langsung melanjutkan dengan mudah.

Near-Share

Near Share di Windows 10Near-Share adalah salah satu fitur baru yang hadir pada Windows 10 April 2018 Update. Fitur ini memungkinkan kita untuk berbagi data laporan, Link URL dan data file melalui Microsoft Edge. Fitur Nea-Share menggunakan konektifitas bluetooth sebagai koneksi antar PC Windows 10.

Quick Pair

Quick Pair

Microsoft melihat konektifitas nirkabel semakin populer dan banyak orang mulai meninggalkan kabel. Untuk itu dalam pembaruan ini Microsoft menghadirkan fitur Quick Pair, yakni fitur dimana kamu dapat dengan mudah mengatur konektifitas bluetooth. Misal jika kamu ingin menghubungkan perangkat ponsel dengan PC, notifikasi akan langsung tampil untuk memberitahu bahwa ada perangkat baru ingin terkoneksi.

Fitur itu sangat mempermudah kamu dan bahkan kamu tidak harus pergi ke pengaturan Bluetooth untuk mengaktifkan atau mematikan konektifitas Bluetooth.

Aplikasi Web Progresif di Windows Store

Progressive Web AppsBrowser Microsoft Edge memperoleh sejumlah fitur baru yang memungkinkan menjalankan Progressive Web Apps (PWAs) pada Windows 10. Pada dasarnya ini merupakan standar baru untuk aplikasi web yang bertindak seperti aplikasi desktop. Setiap aplikasi dapat berjalan secara offline, dan dapat mengirim pemberitahuan. Google, Mozilla, dan Microsoft semuanya mendukung PWP bahkan Apple menambahkan beberapa dukungan untuk teknologi ini.

Aplikasi PWA di Windows 10 ini tidak hanya terbatas soal Microsoft Edge, tapi akan dapat didownload oleh konsumen melalui Microsoft Store. Developer juga dapat membuat aplikasi PWA dalam “UWP” yang akhirnya akan tersedia di Microsoft Store.

Microsoft sendiri juga akan memanfaatkan kecerdasan Bing untuk melihat aplikasi PWA yang berkualitas dan dapat ditambahkan secara otomatis ke Microsoft Store yang akan membuat aplikasi lebih mudah untuk hadir di Windows 10 tanpa perlu mengkhawatirkan soal kualitas.

Integrasi Font dengan Windows Store

Font di Windows StoreMicrosoft sudah menjelaskan bahwa mereka akan membawa bagian font ke dalam halaman setting sekaligus dapat mendownload nya melalui Windows Store. Dengan begini kita bisa mendownload jenis font yang akan digunakan langsung melalui Windows Store.

Fitur Baru Cortana

Cortana Redstone 4Asisten Digital Microsoft, Cortana kini semakin pintar saja, dalam pembaruan Windows 10 terbaru Microsoft menambahkan fitur baru pada asisten digital nya itu. Antar muka baru pada halaman “Organizer” membuatnya dapat mempermudah kita untuk melihat pengingat yang sudah kita atur.

Aplikasi Spotify juga kini sudah terintegrasi dengan Cortana, jika kamu menginstal aplikasi Spotify terbaru, Cortana akan mengontrol Spotify dengan bantuan suara. Contoh, “Mainkan musik jazz di Spotify” atau “Putar Artist”.

Pengaturan My People

My PeopleAplikasi My People kini mendapat beberapa perbaikan, diluncrukan saat Windows 10 Fall Creator Update, fitur People hanya memberikan beberapa pengaturan saja. Untuk Redstone 4, My People kini bisa menaruh lebih banyak kontak yang dapat di seret di halaman taskbar.

Quiet Hours

Focus AssistFitur Quiet Hours yang memungkinkan kamu untuk mematikan sementara pemberitahuan yang masuk selama jangka waktu tertentu kini sudah di ubah nama nya menjadi Focus Assist. Fitur dan fungsi nya masih sama seperti Quiet Hours, dalam Focus Assist kamu bisa memprioritaskan pembaruan yang masuk.

Dukungan Video HDR

Video HDRMicrosoft memperluas dukungan video HDR ke lebih banyak perangkat. Banyak perangkat baru yang mampu memainkan video HDR, tetapi tidak semua perangkat langsung diset pabrik. Untuk memeriksa apakah perangkat kamu dapat memutar video HDR, pergi ke Setelan> Aplikasi> Pemutaran video. Jika kamu dapat mengatur opsi “Stream HDR video” itu artinya perangkat kamu dapat memutar video HDR.

Pengaturan Grafis Untuk Sistem Multi-GPU

Sistem Grafis Multi-GPUJika kamu memiliki sistem multi-GPU, sekarang ada halaman pengaturan Grafis baru yang memungkinkan kamu memilih GPU mana yang ingin digunakan. Baik NVIDIA dan AMD memiliki panel kontrol mereka sendiri untuk ini, namun ini adalah cara standar baru untuk melakukannya di Windows. Opsi yang kamu tetapkan akan mengesampingkan pengaturan apa pun di panel kontrol NVIDIA atau AMD.

Opsi Izin Aplikasi

Opsi Izin AplikasiWindows sekarang memungkinkan kamu untuk mengontrol aplikasi UWP (Store) mana yang memiliki akses ke folder sistem file, atau folder Pictures, Videos, dan Document. Ketika aplikasi menginginkan akses, ia harus meminta izin dari kamu. Pergi ke Setting > Privasi, kamu akan menemukan empat tab baru untuk mengendalikan akses ke File System, Pictures, Videos, dan Document.

Paket Bahasa di Windows Store

paket bahasaPaket bahasa sekarang tersedia melalui Windows Store, dan kamu dapat menginstalnya dengan menuju ke Windows Store atau bisa juga melalui Pengaturan> Waktu & Bahasa> Wilayah dan layar bahasa. Microsoft mengatakan mereka telah mulai menggunakan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk terjemahan mereka.

Pengaturan DPI

Pengaturan DPIWindows 10 masih berjuang untuk mengembalikan pengaturan lama untuk menampilkan display DPI yang tinggi. Namun jangan khawatir, Microsoft sudah mulai memperbaiki itu dengan adanya pilihan “Fix scaling for apps”. Jika kamu mengaktifkannya, Windows akan mencoba menyesuaikan nya secara otomatis sehingga tidak terlihat buram. Bahkan jika kamu tidak mengaktifkan pengaturan ini, Windows akan menampilkan pemberitahuan “Perbaiki aplikasi yang blur?” Jika mendeteksi ada aplikasi yang blur di layar.

Starup App Manajemen

Startup app ManajemenPengaturan Startup aplikasi kini sudah dapat di akses melalui Setting > Apps >Startup, pengaturan ini sebelumnya hanya bisa kita akses melalui Task Manager. Di Redstone 4, Microsoft mempermudah semua pengaturan di Windows 10, kedepan nya semua akan di satukan dalam satu panel pengaturan.

Selain itu Microsoft juga telah menambah akses pintasan dalam aplikasi, kamu sekarang dapat menghapus aplikasi tanpa harus pergi ke halaman setting. Di Windows 10 Redstone 4 jika ingin menghapus aplikasi bisa di lakukan melalui aplikasi langsung yang ada pada halaman Start. Caranya, Klik kanan pada aplikasi > More > App Setting untuk membuka halaman pengaturan lebih cepat.

Penggunaan Data Untuk Wi-Fi dan Ethernet

Penggunaan Data Untuk Wi-Fi dan EthernetSekarang kamu dapat menetapkan batas data, menerapkan pembatasan data latar belakang dan melihat penggunaan data pada Wi-Fi dan koneksi Ethernet. Pergi ke Settings > Network & Internet > Data Usage kamu dapat mengklik kanan tab “Penggunaan data” pada layar Pengaturan dan memilih “Pin to Start” untuk melihat penggunaan data kamu tampil di halaman Start.

Pembersihan Ruang Penyimpanan

ruang penyimpanan Fungsi Pembersihan Disk Windows sekarang telah ditambahkan ke aplikasi Setelan baru di Settings > System > Storage > Free up space now. Hal ini mempermudah kamu untuk membersihkan ruang penyimpanan pada hardisk.

Fitur Untuk Pengembang dan Administrator

Fitur untuk Pengembang dan Administrator SistemPerintah Curl dan Tar : Utilitas curl dan tar untuk mendownload file dan mengekstrak arsip .tar yang umum digunakan di Linux sekarang tersedia di Windows. kamu bisa mengaksesnya di C:\Windows\System32\curl.exe dan C:\Windows\System32\tar.exe.

Native UNIX Sockets sekarang hadir di Windows 10 dan secara native mendukung soket UNIX (AF_UNIX) berkat driver kernel afunix.sys yang baru. Ini akan mempermudah port aplikasi ke Windows dari Linux dan sistem mirip UNIX lainnya. Pengembang yang menggunakan soket UNIX hanya bisa menggunakannya saat membuat aplikasi Windows.

Peningkatan Aplikasi Linux

Peningkatan Aplikasi LinuxMicrosoft terus meningkatkan Subsistem Windows untuk Linux, yang memungkinkan kamu untuk bisa menjalankan distribusi Linux seperti Ubuntu dan openSUSE langsung di Windows 10. Hal ini Microsoft lakukan agar pengguna Linux dapat merasakan sensasi pengoprasian nya dalam sistem operasi Windows 10.

Mengingat perilisan Windows 10 April 2018 Update atau Redstone 4 sudah mendekati akhir final, maka tidak ada lagi fitur baru yang Microsoft berikan. Untuk itu data yang Wincamp berikan diatas 98% sudah sesuai jika nantinya Redstone 4 ini di rilis ke publik.

Update 4 April 2018