Windows_Insider_Anniversary-Ninjacat-1280x1024

 

Selamat malam, sobat WinCamp di mana pun berada! ?

Bagaimana kabar sobat-sobat semua malam ini? Baik-baik saja, bukan? Alhamdulillah syukurlah kalau sobat baik-baik saja dan semoga selalu baik-baik saja dan sehat wal ‘afiat seterusnya. Dan kalau ada sobat WinCamp yang kondisinya sedang kurang fit, atau sedang sakit, kami turut mendoakan semoga lekas diberi kesembuhan oleh Yang Maha Kuasa ya. Aamiin.

Bagaimana juga kabarnya ponsel Lumia (atau ponsel Windows lainnya) punya sobat WinCamp? Apakah sudah di-update ke Anniversary Update (AU)? Atau belum? Ada yang belum? Sudah semua? Banyak yang belum?

Bagi yang sudah update, bersenang-senanglah dan selamat menikmati Windows 10 Mobile yang “All-New”, penuh dengan wajah baru dan sensasi baru dan tentunya makin “semut” ?.

Buat kamu yang belum melakukan update, ayo lekas di-update! Mumpung masih tersedia! Cukup kamu buka menu Pengaturan ? Pembaruan & keamanan ? Pembaruan telepon ? Periksa pembaruan. Gampang ‘kan? Oh, iya. Sebelum melakukan ini, kamu harus “periksakan” dulu ponsel Lumia yang kamu miliki. Apakah dia mendukung update ke Windows 10 Mobile AU? Coba cek di sini! Kalau memang udah support ya syukurlah, kamu tinggal update. Tapi kalau ternyata ngga support ya kamu jangan berkecil hati, terima saja dengan lapang dada ya. Tidak bisa di-update ke AU bukan berarti kehidupan kamu berakhir kan? ?

Ada yang tau ngga? Microsoft punya rencana merilis update-an untuk Windows 10 PC / Mobile setiap enam bulan 1x, seperti yang dinyatakan dalam dokumen resmi miliknya. Dan update ini akan dapat tercapai dan terlaksana dengan bantuan kamu semua, sob! ? Pasti kamu berpikir: “Update bisa terlaksana dengan bantuan saya? Masak sih? Emang saya ikut ngebantu? Ikut bantu apaan? Perasaan ane ngga pernah ngebantu deh!” Hahaha…Bagi yang kamu belum mengerti, begini sob penjabarannya. Microsoft sejak nyaris 2 tahun silam mengadakan Program Windows Insider, di mana dengan program ini Microsoft “merekrut” semua pengguna Windows (Phone & Desktop) di seluruh dunia untuk bisa –secara sukarela– membantu pengembangan, perbaikan, peningkatan hingga penyempurnaan OS Windows 10 bersama Microsoft melalui Tim Insider. Yang mana setiap anggota yang ikut dalam program ini kemudian disebut dengan nama “Insider”.

Bagaimana caranya Para Insider membantu Microsoft dalam mengembangkan sampai menyempurnakan OS? Pertama-tama Microsoft mengadakan perekrutan atau “audisi” lah gitu, dengan menyediakan wadah (ya bisa dibilang “formulir pendaftaran”) untuk kamu mendaftarkan diri sebagai relawan Insider. Kalau kamu belum gabung dan tertarik ingin gabung, klik di sini untuk mendaftar Insider. Kamu tinggal gunakan akun Microsoft kamu untuk mendaftar. Kalau proses registrasi sudah beres, kamu harus install aplikasi yang bernama “Windows Insider”, yang dulu bernama Phone Insider. Tinggal login, klik Get Preview build, pilih level/jalur yang tersedia: FAST RING, SLOW RING DAN INSIDER RELEASE PREVIEW. (Dulu cuma 2, Fast dan Slow saja, setelah beberapa bulan program berjalan kemudian Microsoft menambahkan jalur IRP/Insider Release Preview. Kemudian beberapa bulan lagi setelahnya Microsoft menambahkan 1 lagi yaitu Production meskipun tidak lama kemudian dihapus).

Kalau sudah begitu ponsel kamu akan melakukan restart. Setelah nyala kembali kamu buka Pengaturan > Pembaruan telepon > Periksa pembaruan. Naah…pasti kamu akan segera mendapat update. Inilah perbedaan mendasar antara Insider dan Non Insider. Sementara para Non Insider belum memperoleh update karena memang belum dirilis resmi oleh Microsoft, kamu yang Insider justru sudah mengalami berkali-kali update dengan build-build baru. Apalagi di era-era kepemimpinan Mbak Dona Sarkar sekarang ini. Kamu akan “kekenyangan” build baru. Mueheheh….

Jadi intinya “orang-dalam” akan terus menerima build OS baru setelah rilis resmi update OS ke masyarakat pengguna umum alias non-insider.

Karena masih dalam tahap pengembangan (yang tiada kata “final”/akhir), maka dalam setiap build-build baru yang “diuji cobakan” ke para Insider tersebut tentu saja akan banyak mengandung bugs warna-warni. Beda device, beda pula bugs nya. Device sama tapi beda seri, juga bisa beda pula bugs nya. Bahkan yang seri nya sama juga bisa beda-beda bugs nya. Jadi, intinya, kamu yang jadi Insider itu sebenarnya sedang dijadikan –kalau ngomong kasarnya– “kelinci percobaan” oleh Microsoft. Jadi kamu harus siap & kuat menerima dengan tabah segala resiko yang akan terjadi nanti. Jadi kalau jadi Insider jangan ngeluh, jangan koar-koar anulah itulah ya kalau banyak bugs terjadi pada ponsel kamu! Terima saja dengan ikhlas.

Menerima dengan ikhlas bukan berarti pasrah dan berdiam diri loh ya! ? Bukan seperti itu yang Microsoft harapkan. Tujuan pokok program Windows Insider adalah: Kamu yang jadi Insider mencari, menjelajah, mengobok-obok seluruh isi ponsel kamu ketika dapet jatah build baru, kalau udah nemu bugs, kamu kirimkan deh sebanyak-banyaknya protes, saran, kritik, permintaan dan tetek bengek lainnya ke Microsoft melalui aplikasi Feedback Hub. Jadi intinya cuma 2: Terima jatah build baru, nikmati & rasakan sambil cari bugs, lalu curhat deh ke Microsoft. Itu saja. Ehh…ada 3 ya.

Maka dengan hasil tampungan jutaan feedback dari jutaan anggota Insider (termasuk kamu. Iya, kamu.) itulah nantinya Microsoft mengolah, mengkaji, menganalisis dan memproses kembali bugs-bugs dan segala macam kekurangan tadi untuk diperbaiki, ditingkatkan dan diperbarui direnovasi, dan akhirnya setelah dirasa sudah cukup stabil maka diproses kembali menjadi sebuah update build baru untuk diluncurkan ke publik. Inilah yang dinamakan “Windows as a Service” (WaaS), yakni Sistem Operasi Windows adalah sebuah layanan. Windows melayani kamu. Kamu dilayani segala sesuatunya oleh Windows. Dan layanan ini akan terus diperbarui/di-update, ditingkatkan dan disempurnakan. TIDAK ADA KATA FINAL. Dan terlaksananya layanan ini berkat bantuan & kerjasama kamu juga sebagai Insider. (oh, iya. Bukan berarti kamu yang bukan Insider ngga boleh kirim feedback loh. Kamu yang pengguna biasa juga boleh kok ngirim feedback sesuka hati). Jadi bisa dibilang: “Windows 10: Dari kita, oleh kita dan untuk kita”. Hehehe… Jadi sejatinya Microsoft bikin/menggarap OS Windows 10 ini dengan bantuan kamu juga. Inilah metode baru Microsoft. Tidak seperti dulu. Metode ini juga persis sama seperti waktu Microsoft akan melahirkan Windows Phone 8, di aman kala itu mereka mengadakan program PFD.

Oke, sob! Sekarang kembali ke laptop! Perasaan tadi kita udah ngobrol panjang + lebar x tinggi amat ya? Sebenernya kita mau bahas apaan sih? ?. Seperti yang kamu ketahui, Microsoft baru saja merilis Windows 10 Mobile update terbaru yang dikenal secara resmi sebagai Windows 10 Mobile Anniversary Update untuk perangkat yang didukung.

Di sini dalam artikel ini kami akan berbagi review kami tentang “update Windows 10 Mobile edisi ultah ini”. Apa saja fitur baru yang ada di dalamnya, perubahan tampilan apa saja, kinerjanya, de es be.

Ya padahal beberapa waktu lalu kami juga telah mengulas tuntas mengenai fitur baru ini. Sampai 4 episode malah. Coba deh kamu cek di artikel ini. Tapi tak apalah. Tidak ada salahnya juga kami coba menuturkan ulang. Mungkin di antara sobat banyak yang belum tahu. Bahkan ada teman kami yang bilang (setelah dia update ponsel nya ke AU): “Tidak ada perubahan apa-apa”. Ya, bisa dimaklumi, mungkin karena ketidaktahuannya kan?

Tahukah kamu? Update Windows 10 Mobile edisi ulang tahun ini membawa banyak perubahan penting dan signifikan pada OS secara keseluruhan dan kamu yang Insider tentunya telah merasakannya di setiap langkah. Kamu yang non-Insider yang baru saja meng-update pun tentu –sedikit banyak– telah merasakan & menikmati perubahan ini.

Berikut ini kami preteli satu persatu berbagai perubahannya. Bandingkan ama punya kamu ya, sob! Akurin, sesuaikan, sama nggak? Cek dis ot! ?

 

Perubahan pada Lock Screen:

Microsoft telah memanfaatkan umpan balik Insider dengan sebaik-baiknya untuk menambahkan banyak fitur baru yang diinginkan banyak user, seperti tombol kamera, kontrol musik pada layar kunci yang membuat kamu mudah untuk mengakses kamera atau kontrol putar musik tanpa harus membuka smartphone.

Tombol Kamera di Lock Screen: ketika ponsel terkunci, tombol Back pada bilah navigasi sekarang diganti dengan tombol kamera. Tekan dan tahan tombol ini untuk meluncurkan aplikasi kamera dari layar kunci / Lock Screen.

wp_ss_20160713_0024

Kontrol Media di Lock Screen: sementara kamu sedang mendengarkan musik, kamu sekarang dapat mengendalikan musik (play, stop/pause, previous dan forward) persis dari layar kunci! Jika kamu menyalakan layar ponsel, kontrol media akan ditampilkan tertanam tepat di atas layar kunci.

 

 

Ingat! Tombol kamera bisa ada di lock screen (menggantikan posisi back) ini karena banyak permintaan dari para user. Walhasil Microsoft mengabulkannya. Herannya sekarang kok ada aja user (temen ane) yang malah pingin dibalikin ke awal lagi, dia bilang ngga suka ada tombol kamera. Hmmm….

wp_ss_20160713_0027Perubahan pada Notifications & Action center:

Buruan deh kamu pergi ke Action Center & Notifications, dan lihat ! Sekarang bukan cuma ada perubahan & perpindahan posisi tombol tindakan cepat (Quick action), tapi kamu juga pasti melihat ada banyak perbaikan dan peningkatan pada notifikasi. Kamu juga boleh mengontrol berapa banyak pemberitahuan untuk aplikasi tertentu yang muncul dalam pusat aksi dan juga mengubah prioritas pemberitahuan.

• Perubahan visual pada Action Center: Nantinya notifikasi di Action Center tidak lagi menampilkan ikon aplikasi yang berulang-ulang untuk setiap notifikasi dan hanya dapat dilihat dalam satu header yang menggabungkan bersama-sama semua pemberitahuan secara spesifik untuk tiap aplikasi. Perubahan ini memungkinkan penghematan ruang, sehingga lebih banyak ruang di Action Center untuk menampilkan lebih banyak konten.
Perubahan Visual pada notifikasi: Tim pengembangan Windows 10 Microsoft telah membuat Action Center yang lebih kaya dengan dukungan untuk notifikasi dengan layout yang lebih fleksibel mirip dengan kekayaan Ubin Dinamis (Live Tile). Notifikasi dengan gambar nantinya akan ditampilkan lebih besar daripada sebelumnya. Notifikasi dapat memiliki “hero image” untuk konten dengan ukuran gambar yang lebih besar untuk membuat konten dalam pop notification lebih “hidup”.
Notifikasi prioritas di Action Center: Kamu dapat mengelola setelan notifikasi untuk tiap-tiap aplikasi dengan lari ? ke pengaturan > sistem > pemberitahuan dan tindakan, lalu memprioritaskan pemberitahuan aplikasi yang mana yang paling penting bagi kamu. Kamu pun dapat memprioritaskan pemberitahuan yang berada di salah satu dari 3 level: Atas, Tinggi, atau Normal. Kalau kamu pilih Atas, maka notifikasi/pemberitahuan akan ditampilkan di bagian paling atas di Action Center. Sedangkan kalau kamu pilih Tinggi, maka notifikasi/pemberitahuan akan ditampilkan di bagian atas prioritas Normal pada Action Center. Dan kalau kamu pilih Normal, maka notifikasi/pemberitahuan akan ditampilkan di bawah prioritas Tinggi pada Action Center. Kamu juga dapat mengatur berapa banyak jumlah notifikasi setiap aplikasi yang akan ditampilkan/terlihat di Action Center. Default sekarang adalah 3 notif per aplikasi. Namun kamu bisa memilih hingga 20 (maksimal). Jika sebuah aplikasi memiliki lebih dari 3 pemberitahuan, cukup klik atau ketuk ikon ^ untuk meluaskan dan melihat semua pemberitahuan untuk aplikasi. Fitur ini juga sudah tersedia pada PC yang sudah dimulai di build 14316.

 

Perubahan pada Cortana:

Cortana telah mengalami perubahan UI dan juga telah menambahkan beberapa fitur baru seperti “Pemberitahuan duplikasi”, peningkatan/penambahan bahasa dan lain-lain.

Notifikasi Cortana di Action Center: Microsoft juga menambahkan wawasan baru dari Cortana untuk memastikan kamu tidak melewatkan sesuatu yang penting, seperti konflik Rapat (rapat yang waktunya bentrok dengan acara penting lain) atau apa pun yang kamu butuhkan untuk diingatkan. Bener-bener perhatian banget ‘kan si Mbak Cortana? ?

Cortana sekarang juga akan selalu ngasih pemberitahuan atau notifikasi dan peringatan penting lainnya, termasuk peringatan “lowbet”/baterai lemah, ada pesan baru dari layanan olah pesan, SMS atau media sosial serta panggilan tak terjawab. Pemberitahuan dan peringatan ini akan sinkron (otomatis nyambung) dari ponsel Windows 10 atau dari perangkat Android ke PC kamu, sehingga kamu tidak ketinggalan segala sesuatu yang penting sambil tetap fokus pada PC kamu. (Baca Juga: Ketika Battery Ponsel Rendah, Cortana Akan Beritahu Melalui PC )

Bukankah ini “sesuatu” yang keren dan mantap? ?

 

Perubahan pada UI Pengaturan / Settings:

Buka menu Settings/Pengaturan kamu dan lihatlah! Pasti kamu melihat banyak perubahan UI dan sekarang kamu akan melihat ada banyak sub pengaturan dengan ikon masing-masing. Beberapa pengaturan telah pindah posisi juga loh, yang bertujuan untuk merampingkan seluruh pengalaman (user experience).

Halaman Pengaturan Bilah navigasi dan pengaturan getar: Microsoft telah membuat sebuah halaman untuk bilah navigasi di pengaturan > personalisasi > panel navigasi. Kamu sekarang dapat menggunakan halaman ini untuk mengonfigurasi preferensi untuk getaran dan ketuk dua kali panel navigasi untuk mematikan layar

 

Perubahan pada Pengaturan OS Update & Restart:

Opsi untuk memilih jenis Ring untuk Insider telah berubah menjadi drop-down menu, bukan slider. Seperti yang terlihat dalam build Windows 10 PC. Dan aplikasi Windows Insider kini tidak lagi diperlukan. Kamu cukup pergi ke Pengaturan –> Pembaruan dan keamanan —> Program Windows Insider untuk memilih jenis Ring dan memeriksa ini.

Pengaturan Insider

 

 

Jam aktif (Active hours):

Kamu sekarang bisa menetapkan waktu, alias jam berapa kah kamu paling aktif menggunakan ponsel seperti pada PC dengan menyesuaikan jam aktif di bawah Pengaturan > Pembaruan & keamanan > Pembaruan telepon. Phone Update akan terhindar dari secara otomatis menginstal update selama jam aktif di perangkat kamu.

Pengaturan Phone Update telah diperbarui: Kamu sekarang dapat mengatur waktu di mana kamu paling aktif menggunakan ponsel seperti pada PC kamu dengan menyesuaikan / menggonta-ganti jam aktif di bawah Pengaturan > Pembaruan dan keamanan > Pembaruan telepon. Windows Update akan menghindari secara otomatis menginstal update selama jam aktif pada perangkat.

Ada opsi baru: Restart option : Opsi hidupkan ulang ini memungkinkan kamu menjadwalkan waktu restart ponsel kamu. Artinya meskipun kamu sudah mengaktifkan jam aktif, maka ponsel akan restart pada jam/waktu yang telah ditentukan oleh kamu.

 

 

 

Perubahan pada Wi-Fi / Mobile Data:

Fitur Jaringan hotspot 2.0 sekarang tersedia!. Kamu perlu pergi ke Pengaturan –> Jaringan & nirkabel —> Wi-Fi —> Kelola.

wp_ss_20160721_0047

 

 

Fitur baru (akhirnya) hadir: Opsi “hanya 3G” atau “hanya 4G” selain opsi “3G”. Inilah yang (katanya) banyak diminta dan dicari oleh banyak pengguna Windows Phone. Sekarang kamu bisa memilih kecepatan koneksi tertinggi di jaringan seluler antara 2G, 3G, hanya 3G atau 4G dan hanya 4G.

wp_ss_20160721_0051

 

 

Perubahan di Pengaturan baterai dan Penghemat baterai:

Pengaturan baterai dan penghemat baterai juga telah diperbarui. Sekarang ada single entry point untuk semua baterai terkait pengaturan dalam pengaturan aplikasi-termasuk Battery Saver. Ini juga termasuk diperbarui penggunaan baterai rinci halaman sehingga sekarang kamu dapat mengelola pengaturan latar belakang per-app inline tanpa pergi ke halaman kedua. Ada juga pilihan baru: “Dikelola oleh Windows” baru!

Pengaturan Baterai dan Pengalaman dalam menghemat Baterai telah diperbarui: seperti yang terlihat dalam build PC minggu lalu, sekarang ada single entry point untuk semua pengaturan terkait baterai di dalam aplikasi Pengaturan –termasuk Battery Saver. Ini juga termasuk halaman “rincian penggunaan baterai berdasarkan aplikasi”yang telah diperbarui sehingga sekarang kamu dapat mengelola pengaturan latar belakang per-aplikasi inline tanpa pergi ke halaman kedua.

• Kini kamu juga dapat menyesuaikan persentase kapan Battery saver akan aktif (yang mana default nya adalah 20%).

Pengaturan Battery Saver

 

 

Keyboard & mengetik:

Monggo dibuka keyboard ponsel kamu lalu mengetiklah!, Moveable Keyboard dan keyboard mode satu tangan sekarang sudah tersedia pada perangkat 5-inch seperti Lumia 640 dan 830. Selain itu update AU ini juga membawa emoji & copy/cut-paste baru yang lebih baik.

Pembaruan emoji. Di build ini kita kedatangan beberapa emoji baru di ponsel, sebagian di antaranya yaitu beberapa Ninja Cat baru. Sebagai bagian dari pekerjaan ini, bagian emoji keyboard telah sedikit disusun ulang untuk lebih menyelaraskan dengan emoji baru yang tersedia. Susunan baru emotikon sekarang diatur sebagai berikut: Favorites, Smileys and Animals, People, Celebrations and Objects, Food and Plants, Transportation and Places, Symbols, and ASCII emoticons.
Copy/paste yang lebih baik: Microsoft telah membuat beberapa peningkatan dan perbaikan dalam Copy-paste (menyalin dan menempelkan) di ponsel. Ketika kamu mengetik di kotak edit pada halaman web, kamu sekarang akan dapat menggunakan tombol paste di atas keyboard. Juga, jika kamu memilih teks pada halaman web, tombol Salin akan segera muncul di dekat pemilihan.

 

Peningkatan pada menu Olah Pesan (Messaging):

Pembaruan dan peningkatan pada menu Pesan memungkinkan “swipe” untuk menghapus pesan dan juga beberapa opsi dengan menekan kiri.

Ini adalah salah satu fitur tidak pernah diberitakan yang memungkinkan seseorang untuk menghapus pesan teks hanya dengan hanya swipe kiri. Setelah kamu menghapus pesan kamu juga akan disuguhi pilihan untuk “membatalkan“.
• Tidak hanya “swipe kiri untuk menghapus” yang telah ditambahkan ke menu pesan mulai di build 14327, ada satu fitur lain yang menarik. Kamu Tekan kiri ke salah satu pesan dan multi-select atau pilih semua dari pesan tersebut. Sekali lagi ini adalah fitur yang banyak digunakan yang hilang pada Windows 10 Mobile.

 

Peningkatan pada menu Telepon/Microsoft Phone:

Peningkatan di menu Telepon ini membawa audio routing, transfer panggilan, panggilan tak terjawab, indikator pesan suara menunggu dan kontak saran.

• Audio Routing, sebuah opsi baru nan berguna. Di pengaturan telepon, kamu dapat memilih salah satu opsi antara otomatis, perangkat Bluetooth (jika tersambung) dan Speaker telepon ketika kamu nelepon atau ditelepon (membuat atau menerima panggilan). Juga kamu dapat beralih ke opsi “selama panggilan, aktifkan speaker saat saya menggerakkan telepon menjauh dari telinga saya”.

Indikator Missed Call (panggilan tak terjawab) dan Voicemail (pesan suara) menunggu yang berada di tab dalam aplikasi telepon. Asal kamu navigasi ke tab yang ada Missed Call dan Voicemail tersebut, maka indikator otomatis hilang.
Advanced Settings : memungkinkan kamu untuk mendapatkan tombol call transfer (panggilan konferensi) di UI call/panggilan.
Visual Voicemail untuk perangkat dual SIM seperti Lumia 950 XL dual SIM

 

Untuk selengkapnya, baca di artikel-artikel berikut:

Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Windows 10 Mobile AU (Part 1)

Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Windows 10 Mobile AU (Part 2)

Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Windows 10 Mobile AU (Part 3)

Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Windows 10 Mobile AU (Part 4)

Fitur Yang Hilang di Windows 10 Anniversary Update

Apa yang Baru di Microsoft Edge Windows 10 AU?

10 Fitur Jagoan di Microsoft Edge

 

Kinerja:

Microsoft juga bekerja keras untuk meningkatkan kinerja OS dan membuat pengalaman yang konsisten. Ini adalah sesuatu yang kamu pasti akan/telah merasakannya dengan Anniversary Update. Saya pribadi pun sudah merasakan kalau build AU ini terasa lebih cepat dan lebih halus dari pada Threshold. Baik untuk multitasking (berpindah-pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa menutupnya), main game dan sebagainya. Tidak ada kata “resuming” di AU. Aplikasi BBM juga lancar loh, walaupun sambil di-multitask ama aplikasi lain (dengan catatan sinyal juga harus stabil loh yaa…)

 

Berikut adalah positif dan negatif dari update Windows 10 Mobile Anniversary Update sesuai pengalaman kami bermain dengan semua build-build terdahulu.

 

Positif:

  • Lebih cepat dan lebih responsif dibandingkan Threshold
  • Banyak perbaikan dan peningkatan yang benar-benar membantu dan benar-benar berguna
  • Kustomisasi tombol tindakan cepat tombol & kontrol pemberitahuan tambahan yang lebih baik pada notifikasi
  • Battery Saver telah menjadi jauh lebih mudah digunakan dan lebih praktis
  • Cortana mendapat banyak fitur menarik termasuk pemberitahuan mirroring
  • Microsoft Edge menambahkan swipe navigation, tab yang lebih baik, sudah banyak ekstensi, dll.
  • Perubahan UI sebagian besar aplikasi utama seperti Store, Skype, Maps, Musik Groove , Mail & Calendar
  • Daya baterai yang lebih baik

 

Negatif:

  • UI Setting Bluetooth tetap tidak berubah
  • Pengaturan Glance Screen di Lumia ane tidak bisa dibuka
  • Integrasi Messaging + Skype dihilangkan
  • Aplikasi native FM Radio dihapus\
  • Microsoft Edge masih perlu lebih banyak perbaikan seperti “swipe ke tab”, tambahan ekstensi & performa yang lebih baik. Masih ada bug tidak bisa langsung muncul huruf ketika mengetik di kolom teks
  • Sinkronisasi Outlook Mail & Calendar masih belum maksimal (ketika ada inbox mail yang sudah dibuka di ponsel, nyatanya masih ada tanda titik di inbox di PC yang menandakan itu belum dibuka)
  • dan Store masih ada beberapa masalah
  • Beberapa fitur diharapkan seperti aplikasi untuk website, Apps HandsOff, Universal masih hilang/belum nongol bahkan setelah pengumuman rilis publik.

 

Kesimpulan:

Dengan Windows 10 Mobile Anniversary Update, Microsoft telah mengambil selangkah lebih maju menuju arah yang benar. Sedangkan Windows 10 Mobile (Threshold) masih mentah dan belum selesai diolah. Bahkan dengan build terbaru memiliki banyak kejutan bug, masalah, dan tanda-tanda inkonsistensi.

 

Dengan terwujudnya Anniversary Update ini Microsoft telah membuat Windows 10 Mobile lebih konsisten, lebih cepat dan lebih responsif. Kamu pasti akan merasakan perbedaannya. Gimana rasanya, bro? Beda nggak? BEDAKAN RASANYA!. RASAKAN BEDANYA! Ada banyak fitur tambahan yang cukup berguna juga loh (seperti kontrol musik di layar kunci, kustomisasi tombol tindakan cepat, kontrol notifikasi) dan inilah yang membuat OS ini jadi lebih menyenangkan dan bikin ane betah memakainya…hehehe.

Kami meminta sumbangan dari kamu-kamu semua, sob, untuk mengirim review kamu dalam hal Anniversary Update alias Redstone 1 ini dibandingkan dengan Threshold dalam keseluruhan pengalaman penggunaan kamu. Ayo kirim review kamu di kolom komentar di bawah !.  *****