WhatsApp
Aplilasi WhatsApp Akan Kehadiran Iklan Layaknya Facebook

WhatsApp tidak mungkin selamanya untuk tidak menghasilkan uang, seperti yang kita ketahui WhatsApp adalah aplikasi chatting gratis yang bersih tanpa iklan menggangu. Namun itu semua tidak akan berlaku untuk tahun depan, Facebook dikabarkan mulai memberikan iklan di aplikasi WhatsApp mulai tahun 2019 mendatang.

Monetisasi ini ada hubungan nya dengan akun bisnis yang hadir di WhatsApp pada bulan november tahun lalu. Secara langsung akun bisnis yang sudah terverifikasi dapat mempromosikan berbagai hal ke semua pengguna whatsapp yang sudah tertuju. Monetisasi ini sama halnya dengan yang Facebook lakukan, lalu pada Instagram dan kini hadir pula di WhatsApp.

“Dengan pendekatan ini, Anda akan terus memiliki kontrol penuh atas pesan yang Anda terima. Bisnis akan membayar untuk mengirim pesan tertentu sehingga mereka selektif dan obrolan Anda tidak menjadi berantakan. Selain itu, pesan akan tetap dienkripsi end-to-end dan Anda dapat memblokir bisnis apa pun dengan ketukan tombol, ”kata WhatsApp.

Sistem kerja dari monetisasi ini tidak jauh berbeda dengan yang sudah dilakukan Facebook pada aplikasi Instagram nya. Iklan akan ditampilkan pada status story yang akan tampil selama 24 jam. Kemudian penayang akan dikenakan biaya setelah iklan selesai tampil. Pengguna sendiri tidak bisa memblok iklan yang tampil, namun kabarnya bisa menentukan apakah dapat menyetujui iklan yang tampil atau tidak.

“Kami telah melihatnya bekerja dengan baik di Instagram dan kami belajar banyak dari itu,” Matt Idema, chief operating officer WhatsApp.

Langkah ini mungkin ada hubungan nya dengan turunnya jumlah pendapatan Facebook yang mengharuskan perusahaan mencari cara baru untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Dengan pengguna yang hampir menyentuh 2 miliar pengguna, tentu menjadi lahan bagus untuk memonetisasi WhatsApp.

Ya semoga saja nantinya jika sudah diluncurkan monetisasi ini tidak mengganggu pengguna WhatsApp. Karena sejauh ini, WhatsApp menjadi pilihan nomor satu sebagai aplikasi chatting yang digunakan diseluruh dunia.