Share Across Devices (0)
Tampilan Splash screen aplikasi Share Across Devices versi w10 desktop

 

Ada yang pernah denger nama aplikasi ini? Share Across Devices. Mungkin sebagian kalian ada yang sudah tau, atau bahkan sudah memasangnya di Lumia dan di PC nya. Mungkin juga aplikasi ini masih terdengar asing di telinga kamu.

Buat kamu yang masih merasa asing ama aplikasi yang satu ini, yok kita kenalan dulu!

Share Across Devices adalah aplikasi yang masih tergolong pendatang baru di Windows Store. Share Across Devices merupakan aplikasi Universal, atau biasa disebut “Universal Windows Platform” (UWP). Karena sudah UWP, maka aplikasi ini bisa berjalan di semua perangkat yang sudah menjalankan Sistem Operasi Windows 10 baik itu PC desktop, laptop, tablet, ponsel, dan Surface Hub, dan bahkan Windows Holographic (HoloLens). Lah, mana Xbox One-nya? Kok gak tercantum? Ya, untuk sementara ini (hingga artikel ini diturunkan), aplikasi Share Across Devices belum bisa diinstall dan dijalankan di konsol Xbox One. Namun demikian, menurut developernya, Xbox bisa kompatibel dengan aplikasi ini jika disandingkan dengan perangkat lain yang berbasis Windows 10 AU (Xbox One sebagai penerima file).

Ketika sebuah link website (misalnya) dikirimkan ke perangkat Windows 10, maka perangkat target (penerima) akan secara otomatis membuka browser defaultnya secara langsung. Tidak perlu menginstall aplikasi ini di device target! Cukup pengirim saja yang memasangnya. Namun apabila yang dikirimkan itu berupa file atau teks, maka kamu harus install aplikasi ini di device target juga.

Ya. Share Across Devices ini –sesuai namanya– berfungsi untuk mengirimkan & menerima file apa pun dari dan ke semua perangkat apapun yang sudah menjalankan Windows 10 (INGAT! Harus sama-sama AU). Bisa dibilang fungsinya mirip SHARE.it.

File apapun? Ya, file apapun. Termasuk teks, link web, bahkan aplikasi (mentahannya).

Ini sangat berguna buat kamu yang masih suka “kirim-kirim” file seperti file foto/gambar, MP3, video, atau dokumen penting secara manual dari smartphone ke PC, atau dari PC ke tablet, dan sebaliknya, yang biasanya pada umumnya masih pakai Bluetooth atau colokin USB atau Card Reader. Tinggalkan cara kuno seperti itu! ?

Kini dengan Windows 10 Anniversary Update dan dengan hadirnya Share Across Devices ini, kamu bisa berbagi segala file apa saja, buka website, nonton video streaming di mana pun kamu berada. Kamu juga bisa membuka web yang kamu lihat di smartphone ke PC, Xbox, tablet, dan HoloLens.

Atau mau nonton video yang kamu lihat di PC ke smartphone? Gampang, tinggal kirimin, otomatis video akan terbuka, begitu pun dengan file. Yuk kita jelajahi dulu luar dalam aplikasi ini.

 

Tampilan UI

Sekitar 2 minggu yang lalu saat kali pertama aplikasi ini dirilis, tampilan UI-nya masih sangatlah polos. Bahkan bisa dibilang gak ada menariknya sedikit pun. Dan membuat bingung para pengguna bagaimana cara memakainya. Tidak ada tab, tidak ada menu. Gak ada Settings, gak ada “Home”. Tidak ada apa-apa. ?

wp_ss_20160821_0006
Tampilan versi awal Share Across Devices di Lumia

 

Tapi syukurlah, secara berangsur-angsur aplikasi ini ada kemajuan, dan sedikit demi sedikit tampilannya pun mengalami perubahan, berkat rajinnya Sang Developer meng-update aplikasi ini. (kamu bisa baca info tentang update-demi-update Share Across Device ini di artikel Apps+Games Updated Today, atau ketik saja di kolom pencarian: “Share Across“).

Setelah update terbaru, kamu akan menjumpai antarmuka aplikasi ini –setelah tampilan splash screen seperti biasa– seperti ini. ?

 

Bagaimana Cara Kerjanya?

  1. Kamu perlu mempunyai perangkat Windows 10 AU terlebih dulu. Kalau kamu mau share file ke PC misalnya, maka Lumia (atau ponsel Windows lain) kamu harus sudah di-update ke Windows 10 Mobile AU, dan PC kamu pun juga harus Windows 10 AU.
  2. Aktifkan dulu Continue Apps Experience di kedua perangkat.
  3. Kedua perangkat harus sama-sama terkoneksi internet.

Nah, kalo kamu udah memenuhi semua persyaratan di atas (agak ribet juga sih ya ? ), berarti kamu sudah siap “share-share“-an semua file apa pun dari dan ke semua perangkat Windows 10 AU yang kamu miliki.

  • Setelah keduanya sama-sama terhubung, kamu akan melihat tampilan seperti gambar ini.

Kamu lihat screenshot di atas, dan lihat perbedaan antara tampilan versi desktop dan versi Lumia. Di desktop, Lumia langsung terdeteksi dan ikonnya pun muncul beserta tulisan namanya. Tapi entah kenapa di Lumia tidak ada ikon & nama PC yang nongol.

Ahh…Sudahlah! Lupakan saja! Akhirnya kami pun langsung coba kirim file.

Ini contoh WinCamp kirim teks dari PC (lepi) ke Lumia.

 

Dan…, akhirnya!!! Setelah Lumia terima file teks tadi, ikon PC pun muncul di Lumia. Dan kamu pun bisa langsung mem-paste teks tadi di Lumia kamu.

 

Ternyata itu (ikon & nama PC gak nongol) terjadi untuk pertama kali aja, sob. Karena untuk selanjutnya, setiap kali kamu buka aplikasi ini, ikon & nama pasti langsung muncul di kedua perangkat.

Berikut ini contoh WinCamp kirim file .appx dari PC (lepi) ke Lumia.

 

Ini contoh kirim link web dari Lumia ke PC.

 

Bagaimana dengan yang belum update AU? Kamu tetap bisa kirim (khusus file teks) dengan aplikasi lain seperti copyspace, clippybored, dan lain-lain. (Baca: Review: Clippybored dan Send Texts To My Devices, Agar Tak Repot Lagi Copas Teks)

 

Kelebihan

  • Sudah UWP
  • Desain UI yang simpel
  • Pengaturannya pun simpel
  • Ketika salah satu device terkunci (posisi Lock screen), proses pengiriman file tidak terputus, melainkan hanya “pause/jeda”, so kamu bisa lanjutkan kembali nanti.
  • Proses transfer cukup cepat

 

Kekurangan

  • Harus sama-sama terkoneksi internet

 

Kesimpulan

Dibandingkan dengan aplikasi berbagi file sejenis, seperti SHARE.it dan sejenisnya, Share Across Devices menurut kami sangat lah bagus dan recommended. Terutama karena kelebihannya yang sudah UWP, yang sudah support semua device Windows 10 (walaupun dengan catatan “harus sama-sama AU). Ini tentunya semakin mempermudah kamu dalam mengirimkan dan menerima file lintas-device. Sayangnya, seperti sudah kami sebutkan tadi –seperti halnya aplikasi lain yang serupa– kedua perangkat harus sama-sama terkoneksi internet.

Sebagai info tambahan, beberapa hari lalu aplikasi ini mendapat update dengan menambahkan dukungan TubeCast dan MyTube. Berikut ini Penjelasan dari Developer nya mengenai update ini melalui postingan -nya di Reddit:

File transfer is now here (with a few quirks). Now, in addition to sharing web links to another device’s browser, sharing YouTube links to another device’s Youtube app (TubeCast and MyTube supported), and sharing text to another device’s clipboard, you can now also share any file to any other Windows 10 Anniversary device running my app. The file transfer takes place over local wired or wireless connections (so cellular networks and cross-organization communications are a no-go). Right now files may fail to transfer and will alert the user. In my next update, the app will automatically retry a file transfer up to 3 times before failing completely. I’ve found that the second try works 99% of the time after the first try fails.

 

Apa kamu udah pernah cobain aplikasi ini? Kalo udah, bagikan pengalamanmu di kolom komentar di bawah. Bagi yang belum, yuk cobain. Download aplikasinya di sini.

 

Share Across Devices — Free

Please Login to comment
avatar
5 Comment threads
5 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
6 Comment authors
hady gigikitabaresiAri JuliantoMADUNNasrudin Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
hady gigikita
Guest

Artikel yang sangat menarik um ☺

Ari Julianto
Guest

aplikasi keren nih.. duluuu banget sy pake send text to my device, tapi si kronisasinya lamaaaaa banget. nah beberapa hari yang lalu nemi Software ini, waaaw mantapp. kirim text dia langsung masuk clipboard, di PC sy kirim di L540 sy tinggal paste. keren lah rekomended?

MADUN
Guest
MADUN

Thanks min reviewnya ?

ntn
Guest
ntn

Ada onedrive

baresi
Guest
baresi

Kalo ane dari dulu di lumia pake easy transfer ? download upload file ke lumia gampang modal browser gak mesti win10