Kamu dapat mengubah system Bahasa default pada Windows 10 tanpa instalasi ulang, dan dalam panduan ini, kami akan menunjukkan cara melakukannya.

Windows 10 menggunakan konfigurasi bahasa default untuk keseluruhan sistem, yang biasanya ditentukan selama proses pengaturan. Namun, itu tidak berarti bahwa kamu harus terjebak dengan bahasa tertentu ketika kebutuhan kamu berbeda.

Menggunakan aplikasi Pengaturan dan Kontrol panel, kamu dapat mengubah seluruh sistem ke bahasa yang berbeda setiap saat tanpa harus menginstal ulang Windows 10, atau harus mengkhawatirkan bahasa default saat membeli perangkat baru.

Dalam panduan Windows 10 ini, kami akan memandu kamu melalui langkah-langkah untuk mengubah bahasa default di komputer kamu, termasuk untuk tambahan dan akun baru.

Cara mengubah bahasa sistem default pada Windows 10

jika kamu menginstal bahasa yang salah, atau kamu berada di wilayah baru, aplikasi Pengaturan (dalam kombinasi dengan Control Panel) membuatnya mudah untuk mengubah bahasa instalasi tanpa harus menginstal ulang Windows 10.

Menonaktifkan sinkronisasi bahasa

Dalam hal kamu menggunakan akun Microsoft, pengaturan bahasa selalu menjelajah di seluruh perangkat. Ini berarti bahwa jika kamu berencana mengubah pengaturan wilayah dan bahasa pada satu komputer, disarankan untuk menonaktifkan opsi sinkronisasi ini menggunakan langkah-langkah ini:

  1. Open Settings.
  2. Click on Accounts.
  3. Click on Sync your settings.
  4. Turn off the Language preferences toggle switch.

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkahnya, kamu dapat melanjutkan untuk mengubah pengaturan bahasa menggunakan aplikasi Pengaturan.

Merubah Sistem Bahasa

Untuk mengubah bahasa default di seluruh sistem, gunakan langkah-langkah ini
  1. Buka Settings.
  2. Klik pada Time & Language.
  3. Klik Pada Region & language.
  4. Dibawah “Languages,” klik tombol Add a language.
  5. Gunakan mesin pencarian untuk memilih Bahasa yang ingin kamu gunakan
  6. Pilih bahasa, dan Klik Tombol Next

7. periksa pilihan Set as my Windows display language

8. Periksa fitur tambahan yang ingin kamu pasang

9. klik tombol Install.

10. Dibawah “Windows display language,” pastikan Bahasa baru yang akan anda pilih

11. Dibawah “Country or region,” pilih lokasi kamu jika tidak sesuai dengan wilayah kamu saat ini.

12. Di panel kanan, klik pilihan pengaturan bahasa Administratif.

13. Pada tab “Administrasi”, klik tombol Pengaturan penyalinan.

14. Di bawah “Copy your current settings to,” periksa layar Selamat Datang dan akun sistem dan opsi akun pengguna baru.

15. Klik Tombol OK

16. Klik Kembali Tombol OK .

17. Restart PC / laptop kamu .

Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, semua yang ada di perangkat kamu, termasuk layar masuk, Pengaturan, File Explorer, aplikasi, dan situs web akan menggunakan bahasa default yang baru.

Meskipun mungkin terlihat jelas bagi banyak pengguna, tergantung pada bahasa yang kamu pilih, kemungkinan kamu akan kehilangan Cortana di Windows 10, karena itu bukan fitur yang didukung pada setiap wilayah dan bahasa.

Kapan saja, kamu dapat mengembalikan pengaturan menggunakan instruksi yang sama, tetapi ingat untuk memilih bahasa yang telah kamu konfigurasikan sebelumnya.

Demikian Tips Dan Trik kali ini, semoga membantu dan jika sobat memiliki kesulitan dalam memahami tips dan trik kali ini kita bisa mediskusikannya dibawah kolom komentar.