Tentu merupakan hal yang buruk apabila memesan banyak komponen PC secara online,  menerima pengirimannya dan mengetahui bahwa CPU yang kamu pesan tidak kompatibel dengan motherboard. Beberapa komponen seperti CPU, memiliki karakteristik khusus yang hanya berfungsi dengan perangkat keras yang didukung. Kamu tidak akan dapat menginstall CPU Intel ke motherboard socket AMD, misalnya.
Namun, tenang saja! Ada beberapa cara yang dapat membantu kamu menghindari hal ini.
Jelas sekali bahwa motherboard memiliki peran yang sangat penting, yang harus bekerja dengan berbagai komponen lain, seperti CPU, RAM, dan banyak lagi. Ini adalah jantung dari PC dan perlu berinteraksi dengan berbagai perangkat keras yang terhubung, kemudian dengan demikian kita perlu waspada saat memeriksa spesifikasi dan persyaratan. Ketika membuat atau merakit mesin baru, yang terbaik adalah mulai dengan motherboard dan CPU. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu memastikan motherboard dan bagian lain yang kamu beli dapat bekerja dengan baik dan sesuai keinginan:
  • Periksa soket motherboard CPU dan bandingkan dengan prosesor yang kamu pilih
  • Lihat RAM apa yang didukung motherboard (misalnya DDR4 2300MHz).
  • Apakah motherboard akan mendukung konfigurasi GPU SLI atau tidak.
  • Periksa ukuran dan dimensi ATX saat dipasang di dalam kotak yang lebih kecil.

PCPartPicker

Diatas adalah situs web yang sangat berguna yang mungkin dapat membantu kamu dalam merakit PC baru ataupun mengupgrade PC kamu.

Ada beberapa fitur kecil yang berguna, seperti kemampuan menyimpan dan berbagi info rakitan. Jika kamu masih baru dalam merakit PC, ini memungkinkan bagi kamu untuk memiliki daftar komponen yang diperiksa oleh seseorang ahli yang dapat memverifikasi, turut merakit dan mungkin merekomendasikan alternatif yang lebih murah untuk menghemat sedikit uang. Sebagai tambahan, situs ini memberikan perkiraan kasar berapa banyak daya yang dibutuhkan PSU (Power Supply Unit) untuk menghasilkan output.

Secara keseluruhan, PCPartPicker adalah layanan yang tepat ketika kamu ingin memulai merakit PC baru.

Langsung saja kunjungi situs web nya PCPartPickerdan jika sobat – sobat memiliki tambahan tips mengenai hal ini, mari bagikan ke kami dibagian “kontak kami”.

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of