Browser milik Google, Chrome mendapat penyegaran tampilan dan desain dengan material design baru. Tampilan baru ini memang belum dirilis secara resmi oleh Google, namun jika kamu ingin lebih dulu merasakan nya tentu saja bisa.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengupdate versi Chrome yang gunakan, pastikan versi nya sudah 68.0.3440.75. Ini adalah official build yang dirilis Google beberapa hari yang lalu. Di versi terbaru ini, Google juga sudah menetapkan suatu standarisasi kemanan web baru, yakni HTTPS.

Website yang masih menggunakan HTTP akan diberikan label  “Tidak Aman/Not Secure”. Upaya ini untuk memberi informasi lebih baik kepada pengguna dan pemilik situs mengenai bahaya yang datang dengan menggunakan situs yang tidak dienkripsi. Sebaliknya browser Chrome akan memberikan penanda “Aman/Secure” jika website tersebut menggunakan HTTPS.

Kembali ke pembahasan awal, pada versi 68 ini sebenarnya pihak Google sudah memberikan pengaturan untuk merubah tampilan nya ke material design baru, namun itu tidak dihadirkan secara live. Untuk mencoba tampilan ini kamu harus melakukan sedikit tweak pada Chrome, tenang tidak susah dan saya jamin aman.

chrome://flags/#top-chrome-md

Buka browser chrome kamu, copy dan pastekan text diatas ke halaman search lalu tekan enter.

Kamu akan melihat tampilan seperti diatas, tidak usah bingung kamu hanya perlu mencari menu “Material Design in the rest of the browser’s native UI”. Setelah itu pilih ‘Enable’ untuk mengaktifkan UI material design baru di chrome.

Jangan lupa untuk me-relaunch chrome agar bisa melihat tampilan baru chrome dengan material design baru. Jika ingin kembali ke tampilan awal, kamu hanya perlu menonaktfikan nya dengan cara memilih ‘Disable’ pada menu yang sama.

Semoga tips nya bermanfaat . . .