Microsoft telah merilis build perdana untuk Windows 10 Mobile Redstone 2 yaitu build 14905 (14905.1000) pada para anggota Insider Fast Ring kemarin (19-08-2016). Build baru ini membawa nada notifikasi / nada dering baru serta sejumlah perbaikan. Kamu dapat membaca changelog lengkap dengan mengklik di sini.

Di balik sejumlah perbaikan bugs (yang menjangkiti build sebelumnya), ternyata build baru sebagai perkenalan Redstone 2 ini juga menyisakan beberapa bugs baru. Salah satunya adalah ada beberapa pengguna menghadapi masalah saat meng-update alias memperbarui aplikasi di perangkat mereka di build 14905.1000. Walaupun saya sendiri belum pernah mengalaminya, namun ternyata memang di beberapa forum Lumia, dan ternyata teman-teman kami di blog ini banyak juga yang ngalamin hal serupa.

original

Seperti kamu lihat gambar di atas, sewaktu proses update aplikasi selalu gagal yang disertai muncul peringatan ⚠ “kode kesalahan 0x80073cf9“.

Sewaktu saya coba cari melalui Search Engine dengan mengetikkan kode kesalahan tersebut, hasil pencarian malah mengarah ke banyak hasil, berbagai problem dan solusi untuk masalah ini, sebagian besar justru berhubungan dengan versi Windows 10 PC.

Namun saya menemukan solusi (mungkin satu-satunya) yang saya pikir bisa benar-benar membantu problem ini. Yaitu dengan mengubah pengaturan penyimpanan untuk instalasi aplikasi dari kartu SD ke perangkat/memori internal.

Begini langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan —> Sistem —> Penyimpanan, atau langsung klik/ketuk menu Storage/penyimpanan di daftar aplikasi
  2. Ganti “simpan aplikasi baru di” dari kartu SD, ubah ke perangkat dan klik Apply/Terapkan.
  3. Buka lagi Bursa kamu, dan ulangi update aplikasi/game nya.

wp_ss_20160821_0038

Semoga ini bisa memperbaiki masalah sementara dan aplikasi & game-game kamu bisa kembali di-update.

Perlu kamu ketahui, ini memang bugs di build awal Redstone 2. Jadi kesalahan bukan pada Lumia kamu, bukan pada jaringan, koneksi internet atau Wi-Fi. Semoga saja segera diperbaiki di build mendatang. ?

Please Login to comment
avatar
3 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
4 Comment authors
DonbudimankurniawanAndri Desmana Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Don
Guest
Don

Di Mi4 malah store FC truss ???

budiman
Guest
budiman

Ane juga ngalamin nih

Andri Desmana
Guest
Andri Desmana

Dengan begini Microsoft mengharuskan semua apps berada di internal