Blu-Win-JR-Windows-Phone-colors

Ketika kita mendengar atau membaca kata “Windows Phone”, maka hal pertama yang langsung terlintas di benak kita pastinya adalah ponsel cerdas Lumia yang menjalankan Sistem Operasi Windows. Namun patut kamu catat: ponsel Windows Phone tidak hanya Lumia saja. Ya memang benar bahwa sekitar 90% dari Windows Phone adalah Lumia, tapi semua itu berubah setelah dirilisnya Windows 10. Saat ini telah tersedia lebih banyak ponsel dan tablet dari berbagai OEM yang menjalankan Windows 10 Mobile, selain 4 buah seri terakhir ponsel Lumia dari Microsoft.

Beberapa bulan lalu Microsoft telah menjual satu pabriknya yang berlokasi di Vietnam –di mana smartphone Lumia dan ponsel fitur Nokia diproduksi– ke Mobile FIH, subsidiari Foxconn. Microsoft juga telah menghentikan produksi ponsel Lumia dan akan mengakhiri penjualannya secara global. Penjualan Lumia telah berakhir di sebagian besar region dunia sebagaimana kabar bahwa stok-stok ponsel Lumia sudah habis terjual, dan akan menghabiskan stok juga di negara-negara lain pada akhir tahun setelah sisa saham habis.

Aku adalah orang pertama (dari internal Microsoft) yang mengungkapkan tentang akhir produksi dan penjualan ponsel Lumia beberapa bulan yang lalu. Kembali ke bulan Mei 2016, di mana ketika itu Microsoft mengumumkan bahwa mereka menjual pabriknya di Vietnam ke FIH Mobile. Aku bertanya-tanya tentang bagaimana nasib kita ke depannya dalam memproduksi ponsel Lumia setelah menjual pabrik? Dan ketika saya bertanya ke pihak internal tentang hal ini (dan memperoleh jawabannya), aku akhirnya tahu bahwa kami memang benar-benar akan berhenti memproduksi dan menjual ponsel Lumia juga, bukan hanya ponsel fitur Nokia. Tapi aku harus tetap tenang dengan semua hal ini, jadi saya tidak mem-posting tentang hal ini di Twitter atau Facebook saya, tapi saya pernah katakan tentang ini berkali-kali di salah satu grup Microsoft dan grup lainnya di Facebook.

Microsoft belum menyerah pada ponsel Windows!

Seperti saya telah katakan di awal Catatan ini, ponsel Windows Phone tidak hanya Lumia saja.
Microsoft telah bertekad akan terus memproduksi dan menjual ponsel Windows, dan Microsoft juga akan terus mendukung dan memperbarui ponsel Lumia yang saat ini didukung. Ponsel Lumia yang didukung berarti akan terus mendapatkan masa depan update Windows 10. Ponsel Lumia yang didukung adalah: Lumia 430, 435, 532, 535, 540, 550, 635 1GB, 636 1GB, 638 1GB, 640, 640 XL, 650, 730, 735, 830, 930, 950, 950 XL, 1520 dan Lumia Icon.

Microsoft masih akan terus mengembangkan Windows 10 Mobile dan mendukung ponsel Lumia, dan juga ponsel-ponsel Windows dari OEM mitra seperti Acer, Alcatel, HP, Trinity dan VAIO.

Pada Juli 2015, Satya Nadella, CEO Microsoft, mengumumkan perihal restrukturisasi bisnis ponsel mendasar kami: “Aku telah berkomitmen untuk (terus mengembangkan) perangkat pihak pertama kami, termasuk ponsel. Namun, kami perlu fokus terhadap upaya ponsel kami dalam waktu dekat saat mengemudi reinvention. Kami telah berpindah (jalur) dari sebuah strategi menumbuhkan bisnis ponsel secara mandiri, menjadi strategi menumbuhkan dan menciptakan suatu ekosistem Windows yang hidup, yang mencakup keluarga pihak pertama perangkat kami.”

Lebih lanjut, Dia (Satya Nadella) menjelaskan tentang 2 strategi, yakni untuk jangka pendek dan jangka panjang: “Dalam jangka pendek, kami akan menjalankan sebuah portofolio ponsel yang lebih efektif, dengan produk dan kecepatan yang lebih baik (dan melemparkannya) ke pasar yang baru – baru ini terbentuk Windows dan kelompok perangkat yang diberikan. Kami berencana untuk mempersempit fokus target ke tiga segmen konsumen dimana kami bisa membuat kontribusi yang unik dan dimana kami dapat membedakannya melalui kombinasi hardware dan software kami. Kami akan membawakan pengalaman manajemen, keamanan, dan produktivitas yang terbaik kepada para pelanggan bisnis sesuai yang mereka butuhkan; juga layanan komunikasi pembeli nilai ponsel yang mereka inginkan; “dan para penggemar perangkat Windows unggulan yang akan mereka cintai.”

Tiga segmen tersebut telah terwakili oleh Lumia 550, Lumia 650, Lumia 950 dan Lumia 950 XL.

Sekarang, pertanyaan yang banyak diajukan kepada saya adalah: Akankah Microsoft melanjutkan strategi yang sama untuk ponsel di tahun 2017 nanti?, jawabannya adalah tidak. Bahwa strategi ini cuma untuk jangka pendek, itu adalah untuk FY16 (2015 dan 2016).

Pada saat yang sama Satya juga mengumumkan strategi untuk jangka panjang: “Dalam jangka panjang, perangkat Microsoft akan memicu inovasi, membuat kategori baru dan menghasilkan kesempatan untuk ekosistem Windows yang lebih luas. Reinvention kami akan berpusat pada menciptakan pengalaman mobilitas di seluruh anggota keluarga perangkat, termasuk ponsel.”
Dan ini adalah strategi untuk ponsel di 2017. Microsoft akan membuat ponsel Windows unggulan dan OEM yang bermitra juga akan membuat ponsel Windows dalam kategori lain termasuk ponsel Windows unggulan seperti HP Elite x3. HP Elite x3, ponsel Windows terbaik. Bagaimanapun, Elite x3 adalah ponsel Windows unggulan tahun ini. Dalam hal spesifikasi dan fitur, ponsel ini lebih baik daripada Lumia 950 XL dari 2015.

Microsoft akan meluncurkan ponsel Windows unggulan baru pada 2017, dan akan menjadi lebih baik daripada ponsel Lumia!

Pada Mei 2016 silam, Satya Nadella, CEO Microsoft, mengumumkan Streamlining bisnis hardware smartphone: “Kami berfokus pada effort ponsel di mana kita punya diferensiasi — dengan perusahaan-perusahaan yang menghargai keamanan, manajemen dan kemampuan Continuum kami, dan konsumen yang bernilai sama. Kami akan terus berinovasi melalui perangkat dan layanan internet kami di semua platform Mobile.”

Di bawah ini saya mengutip beberapa pernyataan dari email yang dikirim oleh Terry Myerson, Executive Vice President dari Windows dan perangkat Group di Microsoft, tentang komitmen Microsoft akan ponsel Windows: “saya mengerti bahwa yang Anda dengarkan dari mitra tertentu tentang komitmen Microsoft di ruang mobile. Biar saya jelaskan agar menjadi sangat jelas: kami berkomitmen untuk memberikan Windows 10 pada perangkat Mobile dengan layar kecil yang menjalankan prosesor ARM.
Kami sedang dalam tahap pengembangan produk generasi berikutnya dan saya ingin menegaskan kembali komitmen kami untuk Windows 10 Mobile. Kami percaya pada nilai produk ini untuk pelanggan bisnis dan itu adalah bermaksud untuk mendukung platform Windows 10 Mobile selama bertahun-tahun. Kami memiliki roadmap perangkat untuk mendukung hal tersebut dari Microsoft serta OEM mitra yang akan juga menjual lini perangkat ponsel yang diperluas yang berbasis pada platform ini.”

— Terry Myerson, April 2016.

“Saya ingin meyakinkan Anda bahwa investasi Anda di ponsel Windows tidak beresiko. Pengalaman mobilitas Windows 10 tetap ambisi kami lebih Personal Computing inti. Kami akan terus mendukung dan memperbarui perangkat Lumia yang saat ini di pasar, dan melakukan pengembangan ponsel Windows 10 oleh OEM, seperti HP, Acer, Alcatel, VAIO dan Trinity; serta mengembangkan perangkat baru yang hebat. Kami akan terus untuk mengadaptasikan Windows 10 untuk layar kecil. Kami akan terus berinvestasi di bidang utama –keamanan, manajemen, dan kemampuan Continuum– yang kami tahu itu penting untuk account komersial dan konsumen yang menginginkan produktivitas yang lebih besar. “Dan kami akan membantu drive permintaan untuk perangkat Lumia.”

— Terry Myerson, Mei 2016.

Mengutip dari email Terry Myerson untuk semua karyawan Microsoft tentang memfokuskan pada upaya keras ponsel: “Kesuksesan (bisnis) ponsel kita terbatas pada perusahaan-perusahaan yang menghargai komitmen kita untuk keamanan, manajemen dan Continuum, dan dengan konsumen yang bernilai sama. Dengan demikian, kita perlu lebih terfokus pada upaya keras ponsel. Dengan fokus ini, strategi Windows kita tetap tidak berubah: Universal Apps. Kita telah membangun sebuah platform yang menakjubkan, dengan roadmap yang kaya inovasi ke depan. Mengekspansi perangkat yang telah kita capai dan kapabilitas untuk pengembang adalah prioritas utama kita.
Kita selalu mengurus pelanggan kita, tidak terkecuali Ponsel Windows. Kita akan terus memperbarui dan mendukung ponsel Lumia kita saat ini dan ponsel OEM mitra, dan mengembangkan perangkat baru yang hebat.
Kita akan teguh dalam mengejar inovasi di seluruh perangkat Windows kita dan layanan kita untuk menciptakan pengalaman baru dan menyenangkan. Kita bekerja yang terbaik untuk pelanggan yang berasal dari kombinasi perangkat, platform, dan layanan.
Secara Keseluruhan saya mengatakan bahwa… Saya menggunakan kata-kata “menjadi lebih terfokus” di atas. Ini sebenarnya menggambarkan apa yang kita lakukan (kita sedang scaling kembali, tapi kita tidak keluar!), tapi pada saat yang sama saya tidak menyukainya karena itu tidak memiliki dampak emosional keputusan ini. Ketika saya melihat kembali pada perjalanan kami dalam mobilitas, kita telah melakukan kerja keras dan memiliki ide-ide besar, tetapi tidak selalu memiliki keselarasan yang diperlukan di seluruh perusahaan untuk membuat dampak. ”

Tujuan dari catatan ini adalah untuk memastikan bahwa pengguna dan penggemar smartphone Windows dan Microsoft tidak menyerah pada ponsel Windows dan Microsoft akan terus membuat ponsel Windows di masa depan.

Jika Anda memiliki pertanyaan yang belum terjawab dalam Catatan ini silakan berkomentar di bawah ini pada Catatan ini dan saya akan memperbarui Catatan ini dengan disertai jawaban atas pertanyaan Anda.

Silahkan berbagi Catatan ini dengan mengklik pada tombol berbagi di bawah ini, tapi harap jangan copy dan paste teks Catatan ini. Aku akan memperbarui Catatan ini didasarkan pada pertanyaan yang diajukan dalam komentar di bawah ini.
Blogger dapat menanamkan Catatan ini dengan mengklik “Embed”.

 

 

 

(Dikutip dari Catatan Nawzil Najeeb di Facebook)