Apakah kamu ngalamin stuck ketika meng-install Windows 10 Anniversary Update? Di sini kami (akan mencoba) tunjukkan berbagai permasalahan yang paling umum dan solusi cara mengatasinya.

Sebagaimana kamu tentu sudah tau, edisi Anniversary Update untuk Windows 10 akhirnya telah siap untuk di-download, sejak tanggal 2 Agustus kemarin. Versi terbaru dari sistem operasi ini telah digulirkan ke lebih dari 350 juta perangkat di seluruh dunia.

Dengan rilis secara global ini berarti bahwa selama pengguliran ke jutaan pengguna, maka server akan sibuk mencoba untuk menginstal update terbaru ke banyak perangkat, termasuk PC desktop, laptop, tablet, dan (akhirnya, walaupun sampe sekarang belum,….muehehehe) ponsel. Sayangnya, meskipun Anniversary Update yang menjanjikan untuk menjadi salah satu yang terbaik dan rilis paling stabil, namun nyatanya membangun sebuah sistem operasi adalah tugas yang sangat kompleks, pastinya ada saja kendala yang dialami berbagai pengguna seperti: beberapa pengguna mungkin menemukan kesalahan, bug, dan problem-problem lain selama dan setelah instalasi.

Meskipun mungkin ada beberapa permasalahan yang telah diketahui selama peluncuran, ingat bahwa permasalahannya tidak melulu sistem operasi saja. Beberapa faktor lain pun bisa menyebabkan masalah, entah itu driver yang sudah ketinggalan zaman alias kadaluarsa, konflik perangkat lunak, atau konfigurasi kustom tertentu.

Microsoft telah menyediakan Windows 10 Anniversary Update ini melalui Windows Update, dan kamu juga dapat menggunakan Media Creation Tool untuk memperbarui perangkat kamu. Namun, jika instalasi gagal atau kamu menemukan error/kesalahan, panduan di bawah ini mungkin (semoga) bisa membantu kamu menyelesaikan masalah.

Bagaimana caranya memperbaiki kegagalan dalam menyelesaikan instalasi Anniversary Update ?

Error

* Error: We couldn’t complete the updates. Undoing changes. Don’t turn off your computer.

(Error: Kami tidak bisa menyelesaikan pembaruan. Perubahan dibatalkan. Jangan matikan komputer Anda.)

* Error: Failure configuring Windows Updates. Reverting changes.

(Error: Gagal  mengonfigurasi Windows Update. Tidak ada perubahan.)

Deskripsi

Ini adalah kesalahan umum yang dapat terjadi selama instalasi Windows Update. Namun, kesalahan ini tidak memiliki solusi spesifik kecuali kamu mengetahui persis kode kesalahannya.

SOLUSI :

Kamu perlu menyelidiki dan menentukan kode kesalahan dengan memeriksa Riwayat pembaruan.

  1. Buka Settings.
  2. Klik Update & security.
  3. Klik Windows Update.
  4. Klik tautan Advanced options.
  5. Klik link View your update history.
  6. Klik pada link update yang gagal di-install dan cari kesalahan atau informasi yang dapat membantu kamu memahami masalah.

 

Nah, kalau kamu sudah mengetahui kode kesalahan, kamu bisa mendapatkan bantuan secara online.

(Ada sebelumnya dilaporkan bahwa kesalahan ini mungkin terjadi pada laptop jadul, cukup kamu matikan perangkat, cabut kabel listrik, dan keluarkan baterai selama ±satu menit dapat memperbaiki masalah ini.)

 

Bagaimana caranya memperbaiki sambungan ke server Windows Update ?

Error :

0x800F0922

0xc1900104

Deskripsi

Kode-kode error ini dapat mengindikasikan bahwa komputer kamu tidak terhubung ke server Windows Update. Namun, ini juga bisa berarti bahwa tidak ada ruang memori yang cukup di partisi System Reserved.

SOLUSI

1: Jika komputer kamu tidak terhubung ke server Windows Update, kamu bisa gunakan sambungan VPN untuk terhubung secara online. Lalu putuskan dari sambungan VPN dan coba untuk meng-update sekali lagi. (Mungkin kamu juga harus me-restart komputer sebelum mencoba lagi.)

2: Jika PC kamu telah menjalankan Windows 10, sangat tidak mungkin bahwa partisi System Reserved lebih kecil daripada yang diperlukan. Namun, sering kali software pihak ketiga seperti antivirus dan aplikasi keamanan lain, mungkin menulis data ke partisi System Reserved untuk mengisinya.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu menggunakan software pihak ketiga untuk meningkatkan ukuran partisi System Reserved sekurangnya 500 Mb.

 

Bagaimana cara perbaiki pemasangan update setelah restart tiba-tiba?

Error

0x80200056

Deskripsi :

Kamu mungkin melihat kode kesalahan ini ketika PC kamu di-upgrade, dan proses upgrade tersebut terganggu oleh karena PC reset atau sign-out secara tiba-tiba.

SOLUSI:

Ini bukanlah masalah besar, kamu tinggal ulangi meng-install update lagi, tapi kali ini pastikan untuk menjaga perangkat agar selalu menyala dan tidak me-restart atau sign-out.

 

Bagaimana cara memperbaiki driver atau masalah kompatibilitas software?

Error

0x800F0923

Deskripsi :

Error ini mengindikasikan ada masalah dengan driver atau aplikasi yang tidak kompatibel dengan versi baru dari Windows. Sering kali kamu melihat kesalahan ini ketika ada problem dengan driver kartu grafis, hardware driver yang sudah tua/lawas atau perangkat lunak keamanan pihak ketiga seperti antivirus.

SOLUSI:

Jika kamu menggunakan Windows Update untuk melakukan update, ini bisa menjadi tugas yang sulit untuk menentukan driver atau perangkat lunak yang tidak kompatibel dengan Windows 10 Anniversary Update.

Dalam kasus ini, kamu mesti menggunakan Media Creation Tool untuk melakukan upgrade di tempat untuk memperbarui perangkat kamu. Selama proses ini, tool ini akan membuat laporan jelas mengenai driver atau perangkat lunak mana yang tidak kompatibel dengan sistem operasi baru.

Jika masalahnya adalah problem pada driver terkait, pastikan untuk mengunjungi situs web produsen hardware kamu untuk memeriksa driver yang up-to-date. Bisa jadi driver tersebut, entah bagaimana, berakhir corrupt/rusak, dalam kasus ini kamu juga mungkin kudu mencoba install ulang driver. Untuk melakukannya, buka situs produsen hardware kamu, download driver terbaru yang tersedia, dan ikuti petunjuk di dalamnya untuk menerapkan software untuk PC kamu.

Jika masalah ini berlanjut dan tidak ada update tersedia, kamu dapat mencoba untuk uninstall driver dan lanjutkan melakukan upgrade. Setelah kelar instalasi update, barulah kamu dapat mencoba menginstal ulang driver asli sekali lagi. Namun, mungkin saja masalah dapat muncul kembali setelah upgrade.

Hanya pengguna tingkat lanjut yang harus menggunakan proses berikut ini.

  1. Klik kanan tombol Start dan pilih Device Manager.
  2. Perluas device yang bermasalah.
  3. Klik kanan dan hapus device yang bermasalah.
  4. Coba untuk menginstal Windows 10 Anniversary Update sekali lagi.

Jika itu adalah problem yang terkait dengan software, kamu mungkin harus memeriksa situs dukungan perusahaan software untuk update terbaru. Selain itu, kamu juga harus menonaktifkan atau uninstall sementara software bermasalah tersebut lalu melanjutkan instalasi.

Uninstall driver

Bagaimana cara mengatasi masalah penyimpanan selama instalasi?

Error

0x80070070 – 0x50011

0x80070070 – 0x50012

0x80070070 – 0x60000

 

Deskripsi :

Ini adalah kesalahan umum yang mengindikasikan bahwa PC kamu tidak memiliki cukup ruang yang tersedia (alias memori udah penuh) untuk menginstal update.

SOLUSI :

Kamu dapat menyelesaikan permasalahan ini dengan menggunakan Disk Cleanup yang tersedia (bawaan) untuk mengosongkan ruang di hard drive.

  1. Gunakan Windows + R untuk membuka command Run.
  2. Ketik cleanmgr dan tekan Enter.
  3. Klik OK, pastikan kamu udah pilih drive C:.
  4. Klik tombol Clean up system file.
  5. Klik OK untuk memastikan bahwa drive C: udah dipilih.
  6. Pastikan untuk memeriksa file-file yang mau dihapus, termasuk “Recycle Bin,” “Temporary Internet Files,” “Temporary Files,” “System error memory dump files,” “Previous Windows Installation,” “Temporary Windows installation files“. Ingat! Kamu jangan menghapus “Windows Setup temporary files“, karena ini adalah file untuk menginstal update terbaru di PC kamu.
  7. Klik OK.
  8. Klik tombol Delete Files untuk menyelesaikan tugas.
  9. Sekarang coba untuk menginstal Windows 10 Anniversary Update sekali lagi.

Disk Cleanup for OS (C)

 

(Kamu juga bisa menggunakan USB flash drive dengan minimal 8GB penyimpanan, yang mana setup Windows 10 akan mendeteksi secara otomatis dan menggunakannya sebagai penyimpanan sementara untuk melakukan upgrade.)

 

Bagaimana caranya memperbaiki file instalasi yang rusak atau hilang ?

Error

0x80073712

Deskripsi :

Selama men-download atau instalasi Windows 10 Anniversary Update, kamu mungkin mendapat kode error 0x80073712, yang berarti bahwa file untuk menyelesaikan instalasi telah rusak atau hilang.

SOLUSI :

Jika file instalasi tidak berhasil di-download atau ada beberapa file yang rusak, gunakan Disk Cleanup dengan petunjuk seperti di atas. Kemudian pastikan untuk menghapus “Windows Setup temporary files“, lalu lakukan hal berikut:

  1. Buka Settings.
  2. Klik Update & security.
  3. Klik Windows Update.
  4. Klik tombol Check for updates untuk memaksa download lagi.
  5. Jika setelah mencoba men-download ulang file tapi instalasi tetap gagal lagi, mungkin kamu “kurang Tamvan”…., upss….sorry. Mungkin kamu perlu mencoba untuk menginstal ulang update dengan menggunakan Media Creation Tool.

 

Bagaimana cara atasi problem Aktivasi Windows 10 ?

Error:

Windows not activated

Deskripsi :

Setelah instalasi, Windows 10 menjadi berstatus dinonaktifkan sehingga kamu ngga bisa mengambil keuntungan penuh dari sistem operasi.

SOLUSI :

Jika masalah aktivasi ini terjadi setelah selesai instalasi Windows 10 Anniversary Update, kamu harus menggunakan Activation Troubleshooter untuk mengaktifkan kembali salinan Windows 10.

 

Bagaimana cara mengatasi masalah persyaratan sistem minimum?

Error

0xC1900200 – 0x20008

0xC1900202 – 0x20008

 

Deskripsi :

Sementara kamu telah beres menginstal update Anniversary Update, bahkan kamu telah menjalankan Windows 10 AU ini di perangkat kamu, namun Microsoft baru-baru ini telah mengubah persyaratan sistem minimum. Sekarang sistem operasi membutuhkan minimal 2GB RAM untuk menjalankan Windows 10 versi 32-bit, yang berarti dua kali lipat lebih besar dari persyaratan sebelumnya.

Berikut ini persyaratan sistem minimum Windows 10 Anniversary Update:

Prosesor: prosesor atau SoC 1GHz atau lebih cepat

RAM: 2GB untuk 32-bit atau 64-bit

Ruang Hard drive: 16GB untuk 32-bit atau 20 GB untuk 64-bit

Kartu grafis: DirectX 9 atau yang lebih baru dengan driver WDDM 1.0

Layar: 1024×600

 

SOLUSI :

Masalah ini hanya berdampak pada sebagian kecil pengguna, dan jika ini adalah kasus yang kamu alami, rekomendasinya adalah tambahkan RAM untuk sistem PC kamu.

 

Bagaimana cara perbaiki masalah error aplikasi tidak kompatibel selama instalasi?

Error

0xC1900208 – 0x4000C

Deskripsi :

Jika kamu menemui kesalahan ini, ini menandakan bahwa ada sebuah aplikasi yang tidak kompatibel yang diinstal di PC yang menghalangi proses upgrade.

SOLUSI :

Kesalahan ini biasanya terjadi dengan software keamanan pihak ketiga seperti antivirus. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan untuk uninstall aplikasi tersebut untuk sementara dan coba untuk melanjutkan update lagi.

 

 

B  E  R  S  A  M  B  U  N  G . . . . .

(Capek ngetiknya….muehehehe…)

Please Login to comment
avatar
4 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
5 Comment authors
faqih fathurahmanNasrudinfariz dwi fathanrioAndri Desmana Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
faqih fathurahman
Guest
faqih fathurahman

Gan windows ane stuck 75% saat update instalasi, layarnya bluscreen solusi nya gimana?

fariz dwi fathan
Guest
fariz dwi fathan

min saya mau nginstal windows 10 64 bit, masalahnya saat saya buka setup.exe nya ini terjadi
comment image
padahal setelah saya check system pc saya 64 bit capablecomment image

rio
Guest
rio

Help. Lenovo g40 win 10 AU x64.

Andri Desmana
Guest
Andri Desmana

Lengkap om nas ?