Bagaimana cara mengatasi Windows Update yang error ketika mencoba menginstal Anniversary Update?

 

Deskripsi

Ketika kamu mencoba untuk menerapkan update baru, kadang-kadang kamu mungkin menerima pesan error yang akan mencegah Windows Update dari menginstal update baru yang sudah berhasil di-download.

 

SOLUSI:

Pesan error ini bisa beda-beda, dan banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah ini, tetapi kamu sendiri dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan Windows Update Troubleshooter untuk me-reset komponen Windows Update secara manual di PC kamu.

Download Windows Update Troubleshooter dari Microsoft.

  • Pilih Windows Update.

windows-update-troubleshooter

 

  • Klik Next untuk melanjutkan.
  • Kamu mungkin melihat ada peringatan, kalo iya, klik opsi Try troubleshooting as an administrator.
  • Pilih Windows Update lagi.
  • Klik Next untuk melanjutkan.
  • Windows Update Troubleshooter akan mencoba untuk memperbaiki masalah yang ada, dan klik Close untuk menyelesaikan tugas.

Kamu juga dapat memulai Troubleshooter lagi dan cobalah untuk me-reset adapter jaringan kamu dengan menggunakan opsi Windows Networking Diagnostics, yang bisa memperbaiki masalah jaringan yang potensial.

Ingat !!! Lakukan restart komputer untuk merampungkan proses dan coba instal Windows 10 Anniversary Update sekali lagi!.

Kalau kamu masih saja tidak bisa menginstal Anniversay Update, kamu mungkin harus mencoba meng-update nya dengan menggunakan Media Creation Tool.

 

 

Windows 10 Anniversary Update gagal dengan error code 0x80070057

Error

  • 0x80070057

Deskripsi

Sejumlah pengguna di web melaporkan bahwa ketika mereka mencoba untuk menginstal Windows 10 Anniversary Update, pasti selalu muncul kode kesalahan 0x80070057. Namun sayangnya, problem terbesar ini tidak tercantum (saat tulisan ini diturunkan) di dokumentasi resmi yang tersedia yang menjelaskan penyebab dan bagaimana solusi memperbaikinya.

Di Forum Microsoft, ada salah seorang pengguna menulis: “saya mendapat pesan error 0x80070057 ketika mencoba untuk meng-update. Saya cari-cari di web, tampaknya tidak ada solusi yang jitu. Saya tahu ada beberapa orang yang mengalami masalah yang sama. Bagaimana nih solusinya?”

Di Windows Central, pengguna spall menulis: “Siapa di sini yang mendapat error 80070057 waktu mencoba update? Saya alami ini. Sudah saya coba gunakan aplikasi Upgrade Assistant, sudah punya Windows Defender update terus bermunculan di Windows Update, sudah mencoba atur ulang/reset Windows Update tapi tetap saja, tidak ada pengaruhnya.”

SOLUSI:

SOLUSI 1: Solusi yang satu ini direkomendasikan oleh banyak user yang katanya solusi ini bisa mengatasi masalah error 0x80070057 ketika menginstall update. Karena langkah-langkah ini memerlukan waktu presisi, pastikan untuk membaca semua langkah ini sebelum melanjutkan.

 

  1. Buka Settings.
  2. Klik Update & security.
  3. Klik Windows Update.
  4. Klik link Learn more.
  5. Ketika browser bawaan terbuka, klik tulisan Get the Anniversary Update now.
  6. Klik dua kali file Windows10Upgrade28084 yang perlu kamu download untuk memicu download Anniversary update.
  7. Tunggu proses Verifying Download dan pastikan untuk segera matikan koneksi ke internet, termasuk Wi-Fi atau Ethernet ketika download sudah mencapai 100%.
  8. Saat update mulai menginstal, akan stuck di 2%, setelah 1 menit segera kamu aktifkan kembali koneksi internet.

Sekarang Windows 10 Anniversary Update telah berhasil terinstal di PC kamu.

SOLUSI 2: Saat ini tidak ada solusi resmi untuk problem ini, tapi banyak pengguna telah melaporkan kalau menggunakan Media Creation Tool men-download file ISO Update Windows 10 untuk melakukan instalasi yang bersih, bisa mengatasi problem ini.

Error macam ini tidak aneh di Windows 10. Problem sebelumnya telah muncul di versi lain dari Windows 10, dan banyak pengguna di forum Windows Central yang dapat mengatasi problem ini dengan memodifikasi beberapa registry key.

Namun perlu kamu catat bahwa memodifikasi registri dapat berbahaya. Gunakan petunjuk hanya jika kamu telah siap segala resikonya, dan kamu sudah membuat backup lengkap semua file penting kamu sebelum melanjutkan.

 

 

Bagaimana cara memperbaiki file yang corrupt di media bootable ?

 

Deskripsi:

Kalau kamu memilih untuk menginstal Anniversary Update menggunakan bootable media, kamu mungkin mendapatkan pesan error yang tidak akan mengizinkan kamu melanjutkan instalasi. Ini adalah masalah umum bila kamu menggunakan USB flash drive atau DVD untuk menginstal sistem operasi, yang mungkin banget berisi file corrupt.

SOLUSI :

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini, adalah download ulang file ISO Windows dan bikin lagi bootable media.

Jika kamu menggunakan Media Creation Tool, pastikan untuk menggunakan Disk Cleanup dengan petunjuk yang telah disebutkan sebelumnya (di artikel part 1), lalu pastikan untuk menghapus “Windows Setup temporary files“, dan cobalah membuat bootable media sekali lagi.

 

 

Bagaimana caranya mengatasi error pada Media Creation Tool ketika install Windows 10 ?

Deskripsi

Ketika menggunakan Media Creation Tool setup akan dimulai dengan proses instalasi, tapi mungkin kamu menemui error yang terkait dengan DynamicUpdate atau pesan error serupa lainnya. Sedangkan kalau kamu me-restart Media Creation Tool maka akan me-reset download, dan kamu mungkin akan mengalami stuck lagi dan lagi. Pusing deh.

SOLUSI :

Buka File Explorer, lari ke C:\$Windows.~WS\Sources\Windows\sources, dan coba klik dua kali Setupprep.exe untuk memulai proses update.

 

 

Bagaimana caranya mengecek dan me-repair Windows 10 sebelum menginstal major update ?

Deskripsi:

Kalau kamu memiliki file instalasi Windows 10 yang sama di PC kamu untuk sementara waktu, ada kemungkinan kamu menjalankan PC yang ada problem dalam performa dan masalah-masalah lain yang bisa mencegah PC kamu dari mendapatkan Anniversary Update ter-install.

SOLUSI :

Di Windows 10 ada sebuah utilitas command-line yang canggih yang disebut “SFC” yang berfungsi untuk me-repair/memperbaiki file sistem yang corrupt/rusak atau hilang.

Untuk tutor langkah demi langkah tentang cara menggunakan SFC untuk memperbaiki file sistem di Windows 10, baca di sini. Atau alternatif lainnya kamu bisa menggunakan utilitas Deployment Image Servicing and Management (DISM) tingkat lanjut untuk perbaikan instalasi Windows 10 kamu.

 

 

Beberapa pengaturan mungkin tidak bisa dipindah selama instalasi

Deskripsi :

Beberapa settings/pengaturan mungkin tidak dapat bermigrasi setelah menginstal Windows 10 Anniversary Update di komputer yang sebelumnya telah menjalankan Windows 10 November Update.

Status :

Microsoft menyadari memang ada problem yang berdampak me-reset alias mengatur ulang beberapa kustomisasi personalisasi yang telah dikonfigurasi. Saat ini, Microsoft tengah bekerja untuk merilis perbaikan dalam waktu dekat, tapi belum ada kepastian tanggal kapan akan dirilisnya.

SOLUSI :

Setelah instalasi Windows 10 versi 1607 beres, kamu harus mengonfigurasi ulang beberapa konfigurasi sebelumnya, termasuk :

  • Pengaturan Pena: silakan kamu personalisasi ulang setelan pena, buka Settings > Devices > Pen & Windows Ink.
  • Pengaturan pemberitahuan: atur ulang setting-an ini, lari ke Settings > System > Notifications & actions > Notifications.
  • Pengaturan Mode Tablet: Untuk personalisasi ulang pengaturan ini, pergi ke Settings > System > Tablet Mode.
  • Virtual Desktops: Untuk membuat ulang virtual desktop kamu, klik ikon Task View di taskbar dan pilih + Add New Desktop (di pojok kanan bawah).

Selain itu, di Forum Microsoft, Microsoft mencatat bahwa saat ini tidak mungkin untuk mengubah beberapa “OEM-specific Pen click settings customizations.”

 

 

Tidak bisa menginstal Ekstensi di Microsoft Edge setelah menginstal Anniversary Update

Error :

  • This app encountered a problem. Please reinstall it to repair.

(Aplikasi ini mengalami masalah. Silakan instal ulang untuk memperbaiki.)

 

Deskripsi :

Serupa dengan Chrome dan Firefox, Microsoft Edge sekarang telah mendukung ekstensi, tapi setelah kelar instalasi Windows 10 Anniversary Update, sejumlah kecil pengguna tidak bisa memasang ekstensi, termasuk Adblock, Adblock Plus, LastPass, Microsoft Translator, atau OneNote Web Clipper.

SOLUSI :

Sementara Microsoft belum mengkonfirmasi masalah seperti di atas, saat ini di Forum Microsoft menawarkan tiga metode untuk memecahkan masalah dan memperbaikinya, termasuk:

Begini cara menginstal ekstensi yang benar:

Edge-Extensions-Pane

 

  1. Buka Microsoft Edge dan pilih More (…) > Extensions > Get extensions from the Store.
  2. Cari dan pilih ekstensi yang kamu suka, dan pilih Free untuk menginstalnya.
  3. Setelah instalasi selesai, beralih kembali ke Microsoft Edge.
  4. Baca notifikasi, dan pilih Turn on.

 

Begini cara menginstal ekstensi di “Private mode“:

  1. Buka Microsoft Edge dan pilih More (…) > New InPrivate window.
  2. Ikuti petunjuk di atas untuk menginstal ekstensi.

 

Melihat dan menghapus riwayat penjelajahan dan cache :

  1. Buka Microsoft Edge dan pilih More (…) > Settings.
  2. Pilih Clear all history.
  3. Pilih apa yang akan dihapus: Browsing history, cached data, dan files, dll.
  4. Klik tombol Clear.

SOLUSI:

Ada salah seorang pengguna di Windows Central TwanNL75 bilang bahwa dengan buka Settings > System > Apps & features, lalu menghapus dan menginstal ulang ekstensi yang bersangkutan bisa mengatasi problem tadi. Kabar baiknya adalah bahwa ada sejumlah pengguna yang telah mencoba solusi ini dan ternyata berhasil.

 

 

Cortana menghilang setelah menginstal Windows 10 build 14393.10

Error:

  • Cortana not available on Windows 10 or Microsoft Edge

(Cortana tidak tersedia di Windows 10 atau Microsoft Edge)

 

Deskripsi :

Setelah menginstal Windows 10 build 14393.10 (Anniversary Update), Cortana tidak lagi tersedia, dan di situ pun tidak ada cara untuk mengembalikannya. Juga, Cortana tidak akan bekerja dengan baik di Microsoft Edge.

Status :

Microsoft telah menyadari masalah ini dan sedang bekerja untuk menawarkan perbaikan dalam beberapa hari ke depan.

SOLUSI:

Jika kamu sedang mengalami masalah ini, kamu harus menunggu sampai Microsoft rilis perbaikan permanen.

 

 

Aplikasi Bursa Windows crash setelah menginstal Anniversary Update

Error :

Windows Store apps crash immediately

 

Deskripsi :

Ada salah seorang pengguna Reddit yang curhat bahwa setelah dia menginstal Windows 10 Anniversary Update, banyak aplikasi di Bursa Windows seperti Twitter, Netflix dan Reddit, langsung crash alias FC tanpa ada pesan error apapun yang muncul.

Aplikasi crash di W10 AU

 

Status :

Microsoft belum mengkonfirmasi permasalahan ini.

SOLUSI:

Sementara ini banyak pengguna yang menyarankan untuk menggunakan perintah wsreset.exe yang sepertinya belum bisa mengatasi masalah.

 

 

Background Windows sebagian hilang setelah menginstal update

Error:

  • Pieces of background missing

 

Deskripsi :

Setelah beres menginstal Windows 10 Anniversary Update pada laptop atau tablet yang terhubung ke monitor sekunder, ada beberapa bagian dari latar belakang hilang. Jadi cuma tampilan hitam kelam doang (sebagian).

Status :

Microsoft menyadari masalah ini dan sedang bekerja keras untuk memperbaikinya, walaupun mereka belum memastikan kapan perbaikan akan digulirkan ke pengguna.

SOLUSI:

Solusi untuk sementara untuk permasalahan ini adalah seperti dijelaskan Microsoft yaitu memosisikan laptop atau tablet ke dalam sleep mode / modus tidur dan kemudian bangunkan kembali. Selain itu, kamu juga harus coba untuk mencabut dan sambungkan kembali koneksi mDP / DP / HDMI, yang telah terbukti bisa mengatasi masalah ini dalam banyak kasus.

 

B  E  R  S  A  M  B  U  N  G . . . . . . .