Berbagai Macam Jenis Wireless Microphone Berdasarkan PenggunaannyaMicrophone menjadi alat bantu mengeraskan suara yang sangat dibutuhkan oleh berbagai profesi. Mulai dari orang-orang yang bekerja di dunia hiburan, sampai di dunia kemiliteran. Tidak heran jika inovasi microphone pun terus bermunculan. Salah satunya adalah adanya ​wireless microphone​. Sebab, dengan menghilangkan kabel yang dirasa membuat ruwet dan ribet, maka penggunaannya jadi lebih praktis dan fleksibel. Pengguna mic wireless akan lebih leluasa bergerak tanpa khawatir kabel yang tersambung tidak cukup panjang untuk mengikuti langkah si pengguna.

Macam-Macam Microphone Berdasarkan Cara Penggunaannya

Tidak hanya memiliki karakteristik berbeda-beda, microphone juga memiliki bentuk beraneka ragam, sesuai dengan fungsinya dan bagaimana cara penggunaannya. Di antaranya adalah:

1. Personal Mic

Dinamakan personal mic karena memang digunakan oleh satu orang saja. Meskipun pada dasarnya microphone memang dipakai satu orang, tetapi personal mic ini memang lebih personal. Bentuknya kecil dan dipakai oleh satu orang saja. Ada yang masih memakai kabel, tetapi sekarang sudah banyak yang beralih pada ​wireless microphone​. Contoh penggunaan microphone jenis ini biasanya digunakan oleh pilot, pembawa berita, operator dan masih banyak lagi. Bahkan sekarang para ​singer ​ yang melakukan​dance
saat bernyanyi juga lebih suka memakai mic jenis ini, karena memungkinkan untuk bergerak lebih bebas.

2. Recording Mic

Apabila kamu seorang ​singer, dubber, atau pengisi drama radio, mungkin tidak asing dengan jenis mic satu ini. Bentuknya unik dan biasanya sangat bagus untuk menangkap suara. Selain itu, ​noise ​ atau gemerisik yang dihasilkan pun sedikit, sehingga output suara pun jadi lebih jernih. Tidak mengherankan mengapa penyanyi yang rekaman biasanya suaranya terdengar lebih enak.

Recording mic biasanya menggunakan prinsip kerja kondensor atau piezoelectric. Hal ini karena dua tipe prinsip kerja tersebut dapat menghasilkan suara yang baik dan lebih jernih. Microphone kondensor juga biasanya digunakan pada perangkat elektronik seperti HP atau juga alat bantu dengar.

3. Handle Mic

Paling familiar di kalangan masyarakat adalah microphone satu ini. Handle mic dipegang dengan tangan, ada yang memakai kabel dan ada pula jenis wireless microphone​. Penggunaannya bisa untuk berbagai macam kegiatan, mulai dari bernyanyi di panggung, oleh pembawa acara, kotbah di masjid atau gereja, di tempat karaoke, dan masih banyak lagi.

Tidak heran jika ​harga mic wireless jenis handle ini pun lebih beragam. Mulai dari yang paling murah sampai sangat mahal. Beberapa penyanyi terkenal bahkan sering menghias microphone handle mereka dengan berbagai warna atau pernak pernik.

Lengkapi Hobi Karaoke dengan Beli Microphone Wireless

Fungsi antara ​wireless microphone ​dengan mic kabel sebenarnya tidak ada bedanya. Keunggulan wireless hanya pada ketiadaan kabel yang suka membuat ribet. Namun, karena microphone wireless disambungkan memakai gelombang radio, kadang sering terjadi gangguan frekuensi. Beberapa mic wireless yang memakai sambungan​bluetooth ​ juga kadang terkoneksi dengan jaringan yang salah. Meskipun begitu, mic wireless memang lebih nyaman ketika dipakai sambil berjalan ke sana ke mari, pergerakan kamu jadi tidak terbatas.

Apabila kamu tertarik dengan microphone tanpa kabel, coba sekarang juga buka aplikasi Bukalapak atau kunjungi websitenya. Banyak pelapak menawarkan microphone dengan harga terjangkau. Bahkan kamu bisa mendapatkan penjual yang menawarkan satu set perlengkapan karaoke dengan harga yang luar biasa murah. Tenang saja, jika tidak punya uang yang harus dibayar kontan sekarang juga, bisa coba pakai pembayaran secara cicilan. Di mana lagi bisa belanja online tapi bayarnya nyicil kalau bukan di Bukalapak.

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of