Project Andromeda Concept by David Breyer

Kehadiran Surface Andromeda tampaknya semakin dekat. Kini, sebuah e-mail internal Microsoft dikabarkan telah bocor dan telihat oleh The Verge, dimana Microsoft mendeskripsikan Andromeda sebagai perangkat yang juga dapat dikantongi seperti smartphone pada umumnya.

Selain dapat dikantongi, Microsoft juga menyebut perangkat ini akan memiliki pengalaman inovatif baik dari segi hardware dan sofware agar pengguna dapat merasakan perangkat yang serbaguna dan personal untuk kegiatan sehari-hari mereka.

Pengalaman layar utama dari Andromeda nantinya akan berbasis note-taking yang berbeda dari pengalaman layar utama ketika menggunakan Windows 10 Mobile, karena memang perangkat ini dirancang sebagai jurnal digital yang dapat dibawa kemana-mana yang terhubung dengan layanan produktivitas berbasis cloud milik Microsoft, yang sering kali disebut perusahaan sebagai “Intelligent Cloud”.

Microsoft lebih lanjut menyebut bahwa Andromeda akan menghadirkan kategori produk baru dan disruptif yang dapat memiliki dampak pada generasi Surface mendatang. Hal ini terkesan sesuai dengan rumor bahwa Surface Pro generasi berikutnya akan mengalami perubahan desain yang signifikan.

Menurut Verge, prototype Surface Andromeda terkesan mirip dengan konsep yang dibuat oleh David Breyer, dengan “layar ketiga” yang menjembatani antara dua layar, yang mungkin juga dapat menjadi layar penunjuk jam dan notifikasi ketika dalam posisi tertutup atau dalam mode seperti layaknya ponsel.

Sebuah bocoran dokumen menyebut bahwa perangkat ini akan menghilangkan jurang pemisah antara perangkat mobile dan PC. Untuk saat ini, Andromeda tetap direncanakan meluncur di paruh kedua 2018, yang tidak lama disusul oleh produsen Windows lainnya, baik berupa perangkat mobile dua layar atau laptop dua layar.

Image result for project precog
Project Precog

Intel sendiri juga akan memanfaatkan “Andromeda OS” yang merupakan bagian dari “Windows Core OS” untuk membuat perangkat yang dapat dijadikan bahan pengembangan bagi produsen Windows lainnya. Asus dan Lenovo dikabarkan juga mengembangkan perangkat yang terinspirasi dari upaya Intel ini, dan salah satunya akan siap meluncur akhir tahun ini. Sementara untuk Project Precog yang telah Asus pamerkan di Computex 2018 lalu, tampaknya masih dijadwalkan untuk meluncur di 2019 mendatang.

Sekarang, apakah tanggapan kalian soal kabar ini? Tidak sabar melihat peluncuran Andromeda?