Browser atau aplikasi yang digunakan untuk berselancar di dunia maya/internet menjadi jembatan antara pengguna dengan dunia luar. Dengan browser kita dapat melihat dan mencari informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat. Seperti yang kita tahu, Microsoft mengeluarkan versi baru dari Windows, yakni Windows 10 yang didesain dengan banyak fitur dan pembaruan untuk memanjakan pengguna nya.

Sejatinya Windows 10 memiliki browser default yang sudah terinstall yakni Microsoft Edge, browser resmi dari Microsoft untuk pengguna Windows 10. Namun jika kamu belum terbiasa dengan Microsoft Edge, Wincamp akan memberikan rekomendasi browser terbaik untuk sistem operasi Windows 10 kamu.

  1. Firefox Quantum

    Mozila memperkenalkan new Firefox Quantum, sebuah browser dengan kecepatan lebih baik dari firefox terdahulu. Firefox Quantum memiliki banyak fitur serta keamanan yang lebih terjamin. Firefox Quantum dibangun dengan teknolgi baru yang menghasilkan 2 kali lebih cepat dari Firefox terdahulu.

    Berbeda dengan Firefox terdahulu, versi Firefox Quantum hanya menggunakan sedikit memori. Ini membuat kita dapat membuka beberapa tab tidak akan membebankan memori komputer terlalu besar.

    Download | Firefox Quantum

  2. Google Chrome

    Browser yang satu ini memang sudah dikenal dikalangan pengguna PC Windows. Menurut data statistik yang membahas penggunaan browser, Chrome masih menjadi pilihan utama pengguna Windows. Browser buatan Google ini memang banyak diminati karena kesederhaan nya di segi tampilan.

    Selain itu ekstensi yang disediakan juga teramat banyak, kamu bisa memilih ribuan bahkan jutaan ekstensi yang sudah tersedia.
    Kelemahan dari browser ini adalah penggunaan memori nya yang terlalu besar, sehingga terkadang pengguna yang memiliki spesifikasi PC rendah akan terasa berat menggunakan browser Chrome.

    Download | Google Chrome

  3. Opera Neon

    Browser garapan Opera Software ini bisa menjadi pilihan kamu jika spesifikasi internet yang kamu gunakan tidak cukup memadai. Opera memiliki fitur Opera Turbo sebuah fitur dimana dapat memperkecil ukuran halaman yang kita akses menjadi 80% lebih kecil. Itu memungkinkan pengguna dengan internet tidak terlalu baik dapat berselancar dengan nyaman.

    Selain itu, Opera juga memperkenalkan Opera Neon pada awal tahun 2017 lalu, sebuah browser dengan tampilan baru yang terlihat sangat modern. Kabarnya Opera Neon di desain khusus untuk pengguna Windows 10. Belum banyak fitur yang hadir pada Opera Neon, namun jika kamu penasaran dengan tampilan nya kamu bisa mencoba nya.

    Download | Opera Neon

  4. Vivaldi

    Sebauh browser yang diciptakan oleh mantan petinggi Opera, browser yang didedikasikan untuk kamu yang ingin memiliki ke inginan lebih. Sebagai mantan petinggi Opera tentu saja browser ini akan lebih baik dari Opera, namun karena Vivaldi baru tahap pengembangan dalam 1 tahun ini, kita tidak dapat berharap lebih.

    Hampir satu minggu menghabiskan berselancar dengan Vivaldi, kesan pertama menggunakan browser ini tentu saja kecepatan nya yang diluar dugaan. Selain itu fitur pada browser ini sangat banyak, salah satu nya Note. Note adalah fitur di browser Vivaldi yang dapat kamu gunakan untuk membuat catatan penting.

    Download | Vivaldi

  5. Monument Browser

    Pengguna Windows 10 khususnya Mobile pasti sudah tahu mengenai browser Monument ini. Browser yang hadir dengan sejumlah fitur ini cukup menarik perhatian karena tampilan nya sudah menyelaraskan dengan Windows 10, ya apalagi kalau bukan Fluent Design.

    Bukan itu saja, Monument browser ini memiliki fitur Split Screen yang dapat membuka dan membaca page dalam satu halaman. Split Screen ini mempermudah kamu untuk berselancar lebih dari satu halaman dari 1 browser secara bersamaan.

    Download | Monument

  6. UC Browser

    Pendatang baru yang cepat mendapat banyak tempat di hati pengguna, ini UC Browser. UC Browser sebuah browser dari UCWEB ini memiliki daya tarik tersendiri, salah satu fitur yang membuat pengguna nya nyaman adalah kecepatan nya. UC Browser dapat membuka sebuah halaman 130% lebih cepat dari browser lain.

    Ini lah yang menjadi alasan mengapa UC Browser cepat mendapat banyak tempat di hati pengguna. Selain cepat, browser ini juga dapat menghemat kuota internet kamu hingga 90%. Itu karena UC Browser menggunakan teknologi Cloud untuk komperasi setiap halaman nya.

    Download | UC Browser

So, itu dia beberapa aplikasi browser untuk sistem operasi Windows 10 kamu. Sebenarnya masih ada banyak aplikasi browser yang tersedia, namun Wincamp merekomendasikan 6 saja. Bagaimana, apakah ada salah satu browser diatas yang digunakan di PC Windows 10 kamu ?