microsoft-edge-boost

Di Windows 10, Microsoft memperkenalkan banyak fitur baru untuk membuat penggunanya lebih produktif, seperti Start Menu baru, Cortana, aplikasi universal baru, Settings –yang merupakan tempat pusat untuk mengkonfigurasi sistem operasi, yang akhirnya dirancang untuk menggantikan Control Panel–, dan banyak lagi. Raksasa software juga memperkenalkan Microsoft Edge, web browser default baru yang dibangun untuk peramban masa depan dan untuk menggantikan Internet Explorer (yang masih hadir untuk tujuan kompatibilitas).

Microsoft Edge adalah peramban web yang benar-benar baru dengan desain minimalis yang berfokus pada konten web. Tak mau kalah dengan Chrome dan Firefox, Microsoft pun menghadirkan fitur-fitur seperti ekstensi, catatan web, tab preview, Cortana, dan lebih banyak lagi.

Sejauh ini web browser ini bekerja baik-baik saja tanpa masalah besar. Tapi ternyata itu cuma di awal-awal. Di antara sobat mungkin pernah (atau bahkan sering) mengalami beberapa masalah, seperti tiba-tiba crash, lelet, bahkan tidak mau kebuka.

Kalo misalkan Chrome atau Firefox yang punya trouble seperti di atas sih gak masalah, tinggal di-uninstall lalu install ulang. Namun, serupa halnya Internet Explorer, Microsoft Edge ini tidak mungkin alias tidak bisa dihapus. Bahkan kalau pun bisa, mungkin mengalami masalah yang berbeda lagi.

Nah, kalo sobat mengalami problem dengan Edge baru, kamu bisa coba atur ulang akun Microsoft Edge kamu untuk mencoba mengatasi masalah. WinCamp merekomendasikan untuk melakukan hal ini sebagai solusi terakhir, artinya kamu sebelumnya sudah mencoba bermacam cara dan semuanya gatot.

Peringatan: Kamu bakal kehilangan favorit, riwayat, dan pengaturan. Sebelum kamu melangkah, kami sarankan untuk terlebih dulu melakukan full backup atau membuat sistem restore point untuk berjaga-jaga.

  1. Kalo kamu sedang membuka Microsoft Edge, silakan exit.
  2. Buka File Explorer dan ketik shortcut berikut ke kolom alamat:

C:\Users\Username kamu\AppData\Local\Packages dan tekan Enter.

(Jangan lupa untuk mengganti “Username kamu” dengan nama pengguna kamu.)

cara-reset-microsoft-edge-yang-error-1

 

3. Pilih dan coba hapus folder Microsoft.MicrosoftEdge_8wekyb3d8bbwe seperti yang akan sobat lakukan dengan folder lainnya. Kalau sobat mendapat peringatan “Folder Access Denied“, cukup klik Lanjutkan. Juga, mungkin ada beberapa konten yang tidak bakalan bisa dihapus. Jika hal ini terjadi, di kotak dialog, pilih SKIP untuk melewatkan file.

cara-reset-microsoft-edge-yang-error-2

Sobat kudu bisa menghapus sebagian besar konten dalam folder, tapi kalo sobat tidak bisa, klik kanan pada Microsoft.MicrosoftEdge_8wekyb3d8bbwe, pilih Properties, hilangkan centang dari opsi Read-only, dan klik Apply dan OK.

cara-reset-microsoft-edge-yang-error-3

 

4. Buka folder Microsoft.MicrosoftEdge_8wekyb3d8bbwe

5. Coba hapus folder yang tersisa dengan memilih semua folder, klik kanan, pilih Hapus, dan klik Yes untuk konfirmasi penghapusan. Sobat mungkin menyadari bahwa sobat gak bisa hapus folder AC, tapi itu gak masalah, kok.
6. Restart PC.
7. Sekarang, daftar ulang akun Microsoft Edge sobat. Buka menu Start, cari Windows PowerShell, klik kanan, dan pilih Run as administrator.
8. Ketik kata berikut:
cd C:\Users\Username kamu. (Jangan lupa untuk mengganti “Username kamu” dengan nama akun pengguna kamu.) dan tekan Enter

Kemudian, ketik perintah berikut dan tekan Enter:
Get-AppXPackage -AllUsers -Name Microsoft.MicrosoftEdge | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml” -Verbose}

cara-reset-microsoft-edge-yang-error-4

 

Jika proses telah selesai dengan sukses, sobat bakal melihat pesan yang mirip dengan yang satu ini:

Biar lebih afdol, restart komputer sekali lagi, dan kamu harus mampu menjalankan Microsoft Edge lagi dan mudah-mudahan tanpa masalah apa pun. Aamiiin.

Please Login to comment
avatar
3 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
fahriDwi Ahmadhana Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
fahri
Guest
fahri

terima kasih atas sarannya, memang berguna. semoga jadi amal jariyyah buat agan.

Dwi Ahmad
Guest

edge, store dan sebagian besar metro app saya tidak bisa connect internet padahal sudah saya connect kan ke internet. cara benerin nya gimana ya?

hana
Guest
hana

Kak kalo poweshell nya ga bisa di run administrator itu kenapa ya kak? padahal langkah2 nya udh beneer
makasih kak