BSOD Windows 10Pembaruan Windows 10 April 2018 atau versi 1803 cukup membuat sebagian pengguna menderita karena banyak bug yang muncul. Permasalahan yang sampai saat ini masih menjadi perbincangan dan di alami oleh sebagian pengguna adalah BSOD.

Black Screen of Death atau BSOD menyebabkan layar komputer terlihat hitam dan tidak dapat digunakan atau dikendalikan. Bug ini cukup membuat prustasi pengguna Windows 10 karena sebagian waktu mereka terbuang.

Untuk kamu yang juga mengalami masalah Black Screen of Death jangan panik dulu, karena tidak ada masalah yang tidak bisa diperbaiki. Untuk permasalahan ini Microsoft sendiri sudah mengkonfirmasi nya dan sampai detik ini belum ada langkah tepat untuk memperbaiki nya.

Terdapat dua (2) cara yang bisa kamu lakukan jika pc/laptop kamu mengalami masalah BSOD saat memperbarui Windows 10 April 2018. Simak langkah nya di bawah ini :

Kembali ke Versi Windows 10 Sebelumnya

Cara pertama yang bisa kamu lakukan jika Windows 10 kamu mengalami BSOD adalah dengan mengembalikan Windows 10 ke versi sebelumnya. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menghidupkan ulang pc/laptop kamu sebanyak 3x berturut-turut.

Setelah itu nanti akan muncul layar pemulihan yang bisa kamu gunakan untuk kembali ke versi Windows 10. Setelah itu pilih menu Troubleshoot > Advanced Options > Go back to the previous version. Tunggu beberapa saat sampai proses pemulihan selesai.

Setelah proses pemulihan berhasil, jangan biarkan Windows 10 kamu melakukan update karena masalah BSOD bisa saja terjadi lagi. Tunggu hingga Microsoft merilis patch untuk pemecahan masalah ini.

Menginstal Ulang Windows 10

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan instal ulang Windows 10 kamu. Cara kedua ini memang bisa dikatakan sangat ekstrim karena akan mengorbankan aplikasi-aplikasi yang sudah kita instal sebelum nya.

Gunakan USB dan file ISO Windows 10 April 2018 untuk melakukan penginstalan ulang. Perlu di ingat ini adalah langkah terakhir yang bisa kamu lakukan jika cara pertama dengan ‘kembali ke versi Windows 10 sebelumnya‘ tidak berhasil.

Setelah penginstalan Windows 10 April 2018 berhasil, pastikan kamu tidak melakukan update. Karena masalah BSOD bisa saja kembali kamu alami, so tunggu sampai Microsoft merilis patch untuk pemecahan masalah ini.

Nah itulah dua cara yang bisa kamu lakukan jika pc/laptop kamu mengalami BSOD atau Black Screen of Death yang menyebabkan layar menjadi hitam. Semoga berhasil . . .