wp_ss_20160221_0001

Nggak seperti di berbagai sistem operasi (OS) smartphone lain __selain Windows Phone__ yg membuat nama BBM (BlackBerry Messenger) semakin harum dan membuat para penggunanya betah berlama-lama menggunakan aplikasi messenger ini, namun BBM di Windows Phone sampai saat ini masih saja memiliki beberapa kendala yang menjadi PR untuk BlackBerry® Limited selesaikan.

Pada awal rilis BBM v1.0 di Windows Phone, banyak yang mengeluhkan kurangnya fitur pada BBM seperti stiker dan time chat. Setelah kini BBM merilis update ke versi yang lebih baru yaitu BBM v2.0 dan menghadirkan fitur yang banyak diminta oleh para pengguna Windows Phone ini, tetap saja masih menyisakan masalah yang tak kunjung usai.

Mungkin bukan karena BlackBerry® Limited yang tidak mau mengatasi masalah ini, namun hanya unsur “human error” yang tidak disengaja. Trouble BBM yang tidak ada notifikasi saat aplikasi BBM ditutup masih menghantui para pengguna Windows Phone hingga detik ini. Bukan cuma 1 atau 2 orang saja yang menanyakan langsung kepada saya akan hal ini. Namun solusi yang saya ketahui terbatas dan cuma sekedar berdasarkan pengalaman pribadi saya saja.

Nah, kali ini saya akan mengulas soal problem atau “trouble” notifikasi BBM yang tidak berfungsi pada Windows Phone. Kalo agan mengalami hal ini, silahkan perhatikan langkah demi langkah (beserta gambar SS) di bawah ini: (ane coba langsung pake Lumia 520 ane, n’ 1000% work….hehehe….alhamdulillaah)

  1. Buka Pengaturan/Settings > Penghemat Baterai / Battery Saver.

Pas agan udah masuk ke penghemat baterai, geser layar ke kanan dan ketuk/”tap” BBM. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Silahkan samakan/sesuaikan pengaturan di ponsel Lumia agan dengan gambar SS di bawah ini :

BBM 1

BBM 2

  1. Masih di Settings > battery saver. Silahkan non-aktifkan Penghemat Baterai.

Hal ini sebenarnya sih nggak seberapa ngaruh, tapi nggak ada salahnya kalo agan mati’in fitur penghemat baterai, dengan resiko _tentu saja_ baterai Lumia agan bakalan jadi cepet abis. Karena dengan menonaktifkan fitur Penghemat Baterai ini, bertujuan agar semua notifikasi dari aplikasi di ponsel Anda tetap berjalan walaupun ponsel dalam keadaan lowbet.

BBM 3 BBM 4

  1. Sekarang beralih ke Pengaturan/Settings > Pemberitahuan & Tindakan (Notifications & Action center).

Kalo agan udah ngelakuin step no. 1, yaitu agan udah menyamakan pengaturan seperti pada gambar, maka otomatis BBM akan nongol pada daftar aplikasi yang “running in background” di sini. Naah…., kalo udh gitu, Ketuk/”tap” BBM dan centang semua seperti pada gambar di bawah ini.

BBM 5 BBM 6

Silahkan Samakan kembali pengaturan ponsel Lumia agan seperti gambar di atas.

  1. Selesai !!! ?

Ada baiknya agan melakukan restart (matikan sebentar, lalu nyalain lagi) ponsel, dan saat ponsel hidup kembali mintalah PING!!! kepada teman agan saat agan sedang nutup aplikasi BBM. Kalo notifikasi masuk, berarti agan mengikuti cara di atas dengan benar dan agan memang bener-bener tamvann…. :v :v :v , tapi kalo notifikasi masih belom masuk juga, mungkin memang wajah agan kurang tamvan, maka basuhlah muka agan agar sedikit kelihatan tamvan, kemudian bacalah dan perhatikan kembali cara di atas dengan teliti & seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (nahh loo….malah kek teks proklamasi kemerdekaan RI . . . !!! ? ) dan pastikan juga bahwa ponsel agan memiliki koneksi internet yang stabil, pulsa Anda cukup, serta kuota atau volume paket Internet Anda berlimpahruah. ?

Selamat mencoba, semoga gagal….wkwkwkkw… dan semoga bermanfaat . . . . !!!!

( Source: My experience with Nokia Lumia 520 )

Please Login to comment
avatar
10 Comment threads
8 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
11 Comment authors
payRulsuperkipsNasrudinYangSudahTakAsingLagiAndriansyahfauzan Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
pay
Guest
pay

Punya sy sdh di upgrade ke wp 10 di cari sesuai petunjuk tdk ktmu gan

Rulsuperkips
Guest
Rulsuperkips

Punya saya kok pas di battery nya gini yaaa bbm nya,trus di pengaturan notifnya nggk ada bbm di daftar app nya mohon bantuan mincomment image

fauzan
Guest
fauzan

Punya saya udh di upgrade nih ,jadi pengaturan nya agak beda .. Utk wp 10 gimana cara nya gan

taufiq
Guest
taufiq

Gan puny sy udh step pertama trus di pemberitahuan dan tindakan dk muncul bbmny. Tolong gmn yah

wawan
Guest
wawan

Ko di saya gx bisa ya . Udah di ulang beberapa kali jga tetep aja gx muncul pemberitahuan nya .

Kenpa ya .

kahfi
Guest
kahfi

Bbm.a gak ad bang dipemberitahuan+tindakan .lumia 520

Achik Weuwein
Guest
Achik Weuwein

bbm ny tidak ada di pemberitahuan + tindakan lumia 520 windows 8.1 cara ny gimna gan.

pian
Guest
pian

cara menambahkan apliksi bbm di menu pemberitahuan tindakan bagaimana? soalnya saya udah install apliksi bbm gak bisa bunyi klo pesan masuk

Andri Desmana
Guest

Sayang nya ini tidak bekerja di Windows 10 Mobile ya om ?

Andri Desmana
Guest

Tips yang mantap om . . .