Image via Steemit

Revolusi teknologi yang sedang kita rasakan saat ini membawa kita pada berbagai kemudahan khususnya dalam melakukan pekerjaan. Hadirnya software dan perangkat – perangkat keras yang semakin canggih saat ini telah membawa gaya hidup yang semakin lebih maju bagi masyarakat di Indonesia.

Tidak terkecuali dalam ranah multimedia, yang mana saat ini Kita sudah dapat melakukan editing film yang kita buat atau film yang kita unduh dengan hanya menggunakan laptop saja. Bagi yang belum memiliki sebuah video atau film, kamu bisa mengunduhnya karena saat ini cara download film sangat mudah sekali di internet dan tersedia berbagai situs legal yang bisa digunakan.

Saat ini telah tersedia berbagai macam aplikasi atau software yang bisa kamu gunakan untuk melakukan editing. Namun, pastikan terlebih dahulu kalau laptop yang kamu gunakan mumpuni dalam menjalankan aplikasi yang akan kamu gunakan untuk editing tersebut.

Selain software berbayar, ada juga berbagai pilihan software yang tidak berbayar atau gratis yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan kamu dalam editing. Ingin tahu apa sajakah software editing video terbaik yang saat ini sering digunakan oleh para profesional ? Berikut akan Kami paparkan beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan dan paling banyak direkomendasikan sebagai software editing video 100% gratis.

1. Windows Movie Maker

Yang paling menarik dari aplikasi edit video ini adalah memiliki tampilan yang user friendly. Selain itu disediakan juga segudang fitur yang sangat lengkap sekali dan juga powerful. Kamu pun bisa melakukan berbagai eksplorasi dalam mengolah video serta membuat video seperti slideshow dengan menggunakan foto. Disediakan juga puluhan efek serta tool yang sangat menakjubkan untuk editing video pendek. Selain sebagai aplikasi editing, software ini pun dapat kamu gunakan untuk mengupload video pada Facebook maupun Youtube.

2. Davinci Resolve Studio

Program video non-linear yang profesional gratis ini merupakan aplikasi yang memiliki ukuran besar jika kita bandingkan dengan aplikasi lainnya. Aplikasi ini didesain dengan menggunakan advance korektor warna. Aplikasi ini pun terukur dan resolusi independen yang cocok untuk kebutuhan pribadi, studio atau bisa juga digunakan untuk perusahaan besar sekelas editor film pendek atau jenis film lainnya. Antar muka yang dimilikinya pun terlihat jauh lebih kompleks dari aplikasi video editor gratis lainnya.

Image via tvovermind

3. ShotCut

Dapat kita katakan kalau aplikasi yang satu ini merupakan program yang tergolong pendatang baru yang mana saat ini ikut meramaikan dunia video editing di dunia. ShotCut sendiri merupakan program atau aplikasi freeware yang bisa diunduh tanpa harus menggunakan biaya sepeserpun. Tools yang dimilikinya pun dijamin tidak akan mengecewakan dan memiliki interface customizable. Setiap pengguna pun bisa melakukan pengaturan untuk menampilkan tools seperti timeline, peak, history, filter dan lainya.

4. Videopad Video Editor

Software yang satu ini bisa digunakan untuk seorang pemula yang baru mulai terjun belajar melakukan editing video film. Untuk kamu yang belum memiliki videonya, kini bisa kamu unduh dengan cara mendownload film di Google melalui website yang tentunya legal.
Ukuran software ini tergolong ringan, namun memiliki banyak sekali fitur dan juga tool yang sangat melimpah. Selain user friendly, VideoPad Video Editor ini pun merupakan aplikasi paling ringan untuk PC yakni hanya sebesar 5 mb saja.

Nah, itulah 4 aplikasi atau software video editor gratisan yang bisa kamu unduh melalui Google dengan segudang fitur dan tool yang tak kalah dengan software berbayar.