Sekarang Kamu tidak akan membutuhkan Email, ataupun FLash Disk untuk berbagi konten ke teman sekitar.

Mungkin bagi para pengguna setia perangkat Apple pasti tahu dengan fitur AirDrop Apple, yang memungkinkan kamu mengirim foto, file, atau alamat situs web kepada siapa pun di dekatmu, bahkan jika kamu tidak terhubung ke internet. Sekarang pengguna Windows juga dapat menikmati kenyamanan yang sama, dengan kemampuan Nearby Sharing mulai bulan April 2018 lalu.

Fitur ini menggunakan Bluetooth dan Wi-Fi peer-to-peer, yang berarti kamu bahkan tidak perlu terhubung ke router Wi-Fi, apalagi ke internet, untuk mentransfer file. Seperti yang akan kamu lihat di bawah ini, fitur Nearby Sharing bukanlah fitur terpisah tetapi opsi pada panel berbagi, sama seperti Apple.

Persiapannya cukup mudah, kamu hanya perlu memiliki beberapa file yang ingin kamu bagikan ke PC terdekat, dan kamu perlu mencobanya dengan beberapa cara dibawah ini.

Start the ProcessMulai Menggunakannya

Cara termudah untuk memulai menggunakan Nearby Sharing adalah dengan meng-klik ikon Bagikan di aplikasi Universal Windows Platform (UWP) seperti Microsoft Photos atau browser Edge. Jika kamu telah memperbarui ke Pembaruan Windows 10 April 2018 dan masuk ke akun Microsoft, kamu akan melihat opsi “klik untuk mengaktifkan Nearby Sharing“.
Looking for Nearby Devices
Mencari Perangkat Terdekat
Setelah kamu mengaktifkan fitur, maka akan muncul dialog “Looking for nearby devices,” bersama dengan “Pastikan perangkat lain memiliki Nearby Sharing yang diaktifkan di Action Center.”
Nearby Desktop Found
Desktop Terdekat Ditemukan
Di sini kamu dapat melihat pesan “Mencari …” telah berganti dengan nama perangkat PC terdekat. Saat perangkat lain dengan fitur Nearby Sharing diaktifkan, kamu akan melihat nama komputernya di dialog. Ini bisa menjadi nama aneh seperti “LAPTOP-DG435GF” yang dibuat oleh pabrikan komputer kamu.
kamu dapat menemukan nama PC kamu di Pengaturan> Sistem> Tentang di bagian Nama perangkat. Halaman Pengaturan itu mencakup tombol di bagian bawah untuk mengganti nama PC menjadi sesuatu yang lebih mengidentifikasi mesin, seperti Wincamp-Desktop, misalnya.
Sending NearbyPengiriman
Ketika kamu mengirim sesuatu, kamu akan melihat pemberitahuan ini di sudut kanan bawah layar. kamu juga dapat membatalkan operasi jika kamu melakukannya sebelum penerima menerima kiriman.
Receiving PC
Menerima Pengiriaman
PC penerima melihat pemberitahuan ini di sudut kanan bawah layar. kamu dapat Menurunkan, Menyimpan, atau Menyimpan lalu membuka file secara bersama. Perhatikan bahwa jika kamu berbagi foto yang disimpan OneDrive dari aplikasi Foto, penerima mendapat tautan berbagi ke versi online, Jika itu adalah halaman web yang dibagikan, maka akan terbuka di browser default penerima.
Bagaimana menurutmu dengan fitur terbaru ini, pastinya sangat bermanfaat bukan?
jika kamu sudah menggunakan fitur ini, mari bagikan pendapat dan pengalaman kamu disini.