Cara menggunakan fitur Near ShareSalah satu fitur baru yang hadir dalam Windows 10 Spring Creators Update (bisa disebut Redstone 4 atau versi 1803) adalah Near Share.  Near Share adalah sebuah fitur dimana pengguna dapat saling berbagi konten antar perangkat Windows 10. Dengan catatan kedua atau lebih perangkat ini harus sama-sama menjalankan Windows 10 Spring Creator Update.

Fitur Near Share memanfaatkan bluetooth untuk berbagi konten antar pengguna. Jadi jika komputer kamu tidak mendukung bluetooth jangan harap dapat menggunakan fitur ini. Kamu dapat menemukan icon Near Share di Action Center, namun apabila kamu tidak menemukan fitur ini, kamu harus mengaktifkan nya terlebih dahulu.

Menggunakan fitur Near SharePergi ke Settings app > System > Notifications & actions > Tambah atau hapus dari action center. Pastikan juga kamu sudah mengaktifkan bluetooth sebelum menggunakan fitur ini, karena Near Share tidak akan muncul sebelum Bluetooth kamu aktifkan. Untuk memastikan Windows 10 kamu sudah berada pada versi 1803 atau Spring Creator Update, kamu dapat mengecek nya melalui Setting > System > About, seharusnya pada bagian version tertulis 1803.

Cara Menggunakan Near Share

Menggunakan Near Share sangat lah mudah, saya rasa semua orang dapat menggunakan fitur ini. Contoh jika kamu ingin berbagi foto, cukup buka foto dan klik bagikan, nanti akan ada pop-up yang menampilkan perangkat yang dapat digunakan untuk berbagi.

Selain itu kamu juga dapat berbagi tautan link melalui Microsoft Edge menggunakan fitur ini. Caranya sama, kamu cukup Copy link yang akan bagikan dan akan muncul pop-up di komputer lain untuk menindaklanjuti pengiram dari kamu. Jika kamu setuju maka link akan terbuka melalui Microsoft Edge.

Lihat Apa Saja Fitur Baru di Windows 10 Spring Creator Update

Hal yang perlu kamu pamahi adalah, fitur near share membutuhkan koneksi bluetooth dan jarak antara kamu dan komputer lain tidak boleh lebih dari batas. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan apakah versi Windows kamu sudah mendukung ini atau belum. Karena fitur Near Share hanya tersedia di Windows 10 Spring Creator Update atau 1803.

So, mudah bukan untuk menggunakan fitur Near Share…