Cara Menghapus Cache di Windows Agar PC Tidak Lambat

Kamu mungkin salah satu dari jutaan pengguna PC dengan sistem operasi Windows yang kian hari semakin melambat/lemot saat digunakan. Penyebab dari melambatnya pc dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya penyimpanan hardisk yang sudah penuh, penggunaan memory RAM yang tidak lagi bisa menunjang pemakaian pengguna dan masih banyak lagi.

Namun ada salah satu penyebab mengapa pc menjadi lambat yakni cache. Cache adalah merupakan sekumpulan data yang tersimpan namun sifatnya tidak permanen, data tersebut dibuat agar dapat diakses kembali oleh Windows apabila membutuhkan nya. Meskipun dapat membantu kinerja pc, cache juga dapat menjadi bumerang karena akan memperlambat pc apabila data yang tersimpan sudah semakin banyak.

Baca : Begini Cara Melihat Pesan Yang Sudah Terhapus Di WhatsApp

Untuk itu pembersihan cache secara rutin wajib kamu lakukan untuk memberikan ruang hardisk agar pc tidak terlalu sesak dan tidak mengakibatkan lambat. Disini Wincamp akan memberikan cara bagaimana menghapus cache pada Windows agar pc kamu tidak lambat.

Cara Pertama :

  1. Tekan Windows+R kemudian ketikan %temp% lalu enter
  2. Kamudian akan terbuka jendela baru yang berisi folder-folder cache kamu tersimpan
  3. Kamu bisa menghapus semua folder tersebut atau memilahnya sesuai keinginan kamu.

Cara Kedua :

  1. Buka Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup
  2. Setelah itu pilih partisi atau folder yang ingin dibersihkan (disini saya pilih Reycle Bin)
  3. Klik OK

Nah itulah cara membersihkan cache pada Windows agar pc tidak semakin melambat, semoga tips kali ini bermanfaat dan dapat membantu.

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of