Cara Mengontrol Pembaruan Ototmatis Windows 10

193

PC yang kurang Up-to-date memang sangat rentan untuk diserang, sehingga Pembaruan otomatis Windows pada umumnya sangat baik. Tetapi kadang-kadang pembaruan akan memperburuk keadaan, membuat PC bermasalah, atau bahkan tidak dapat digunakan hingga masalah terpecahkan.

Itulah mengapa sebagian orang lebih suka menunda pembaruan sampai orang lain mencobanya tanpa kendala. Tapi ini mengharuskan kamu untuk mengambil waktu dari hari kamu untuk mengikuti berita tentang pembaruan Windows (notifikasi Google News dapat membantu).

Jika kamu menggunakan Windows 10 dan kamu meiliki sedikit masalah bagaimana mematikan pembaruan otomatis windows, simak solusinya dibawah ini, dengan catatan jika kamu memilih untuk menggunakan salah satu trik ini, ingatlah untuk mengikuti berita pembaruan.

Ubah Group Polcy 

Jika kamu memiliki Windows 10 edisi Professional, Enterprise, atau Windows 10 Education, kamu dapat mematikan pembaruan otomatis. Tapi pilihannya tersembunyi. Inilah yang harus dilakukan di versi 1703, jika kamu memiliki versi Windows 10 yang lebih baru, pengaturan ini masih berlaku, tetapi caranya sedikit berbeda.

  • Tekan Win-R, ketik gpedit.msc, tekan Enter. Ini menampilkan Local Group Policy Editor.
  • Cari disebalah kiri dan Klik Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update > Defer Updates.
  • Klik Select when Feature Updates are received.
  • Pada kotak dialog yang muncul, Pilih Enabled
  • Di kotak Opsi, ketikkan berapa hari kamu ingin menjeda pembaruan dan kemudian di jenis bidang berikutnya isi tanggal hari ini.
  • klik Apply dan OK

Jika kamu ingin, Kamu dapat mengulangi proses ini untuk pengaturan kedua dalam Group Policy bernama Select when Quality Updates are received. Perlu diingat, bahwa Quality Updates termasuk pembaruan keamanan dan melewatkannya bukanlah ide terbaik. Pada sisi atas, pembaruan keamanan adalah makna kumulatif jika kamu melewatkan pembaruan ini, kamu dapat mengunduh yang berikutnya dan up to date.

Microsoft tidak suka ketika orang menjeda pembaruan, dan bahkan menggunakan Group Policy kamu karena dapat menjeda pembaruan 30 – 35 hari. Cara diatas begitu mudah bukan, tetapi pengaturan Metered connection juga dapat mengakali system penundaan pembaruan windows, kamu harus mencobanya.