Timeline di Windows 10Timeline adalah fitur baru yang datang ke pengguna Windows 10 Spring Creator Update, yang memungkinkan untuk mengelola aktivitas dengan cara yang lebih efektif. Pada dasarnya, yang dilakukan oleh Timeline adalah membuat snapshot aktivitas, seperti situs web yang dimuat, aplikasi, dan mengedit dokumen yang memungkinkan kamu untuk memulihkan nya hanya dengan sekali klik.

Windows mengumpulkan informasi riwayat aktivitas dan menyimpannya untuk digunakan nanti, kalau-kalau kamu ingin kembali ke snapshot sebelumnya pada saat tertentu di lain waktu.

Inilah Alasan Microsoft Merombak Divisi Windows & Devices

Timeline sendiri terintegrasi dengan Task View dan dapat dengan mudah diluncurkan langsung dari taskbar. Seperti yang terjadi dengan Cortana ketika hadir di Windows 10, akan ada pengguna yang tidak tertarik dengan Timeline, jadi menonaktifkan nya akan menjadi hal pertama yang akan di lakukan.

Untuk menonaktifkan Timeline ada dua metode yang bisa kamu lakukan, berikut ini caranya :

#1 Melalui Pengaturan

Timeline sendiri sudah terhubung dalam pengaturan, namun tidak mudah untuk menemukan pengaturan ini. Bahkan jika kamu mengetikan “Timeline” pada kolom pencarian. kamu tidak akan menemukan nya. Untuk itu, jika kamu ingin menonaktifkan fitur Timeline kamu harus memperhatikan langkah di bawah ini.

Menonaktifkan TimelineSettings > Privacy > Windows permissions > Activity history > Disable “Let Windows collect my activities from this PC”.

Terry Myerson Angkat Bicara Soal Kegagalan Windows Phone

#2 Melalui Registy Editor

Metode kedua yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan Timeline adalah melalui bantuan registy editor. Namun sebelum kamu melakukan ini, ada baiknya kamu membuat salinan jika sewaktu-waktu terjadi masalah.

Menonaktifkan TimelineBuka Windows Registy Editor dengan Win + R lalu ketikan Regedit, jika sudah muncul ikuti langkah di bawah ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\System

Yang perlu kamu lakukan di sini adalah membuat kunci registri baru yang pada dasarnya akan menonaktifkan Timeline. Jadi klik kanan panel kanan dan buka New> DWORD (32-bit) Value dan beri nama EnableActivityFeed . Masukkan nilai 0 dan kemudian tutup.

Jika registry ini sudah ada pada sistem kamu, yang harus kamu lakukan hanya mengganti angka 1 menjadi 0. Jika sewaktu-waktu kamu ingin mengaktifkan kembali Timeline, kamu hanya perlu merubah angka 0 menjadi 1. Namun jika tidak ingin melakukannya melalui registry yang terkesan rumit, kamu bisa melakukan nya dengan cara pertama.