Kini kebutuhan mendasar akan layanan cloud sudah terpenuhi, dimana kini perusahaan menggunakan layanan cloud yang juga dikelola secara maksimal dari vendor terkemuka seperti Microsoft, tidak seperti sebelumnya yang harus susah payah dikelola oleh pegawai sendiri. Sebuah langkah yang membuat perusahaan kini juga dapat meningkatkan fokus kepada hal lain yang lebih penting seperti strategi perusaahaan, meningkatkan nilai dari produknya, dan berbagai hal lainnya.

Dalam GeekWire Cloud Tech Summit, Chief Technology Officer (CTO) Microsoft Azure, Mark Russinovich mengungkapkan area yang menjadi fokus baru bagi Azure, seperti teknologi blockchain dan edge computing, yang sesuai dengan seringnya Microsoft membahas mengenai “Intelligent Cloud dan Intelligent Edge”.

Mark Russinovich juga mengatakan bahwa layanan Machine Learning akan membuat pengembang aplikasi untuk membuat berbagai hal yang tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya, tapi memungkinkan dalam 5 tahun mendatang.

“Kami pikir itu akan mengubah setiap industri,” kata Russinovich. “Perusahaan memanfaatkan AI dan ML untuk mengotomatiskan proses dan mendapatkan pengetahuan tentang operasi yang tidak mereka miliki sebelumnya.”

Di Microsoft, terdapat dua strategi dalam kecerdasan buatan/AI. Untuk yang pertama, Microsoft berupaya untuk mengintegrasikan fitur-fitur berbasis AI ke produknya yang juga dapat menemukan suatu atau beberapa pola dari data yang berhasil terkumpul. Disamping itu, Microsoft juga sedang mengembangkan alat dan layanan yang memungkinkan pengembang yang bekerja untuk perusahaan tanpa anggaran perekrutan besar Microsoft untuk memanfaatkan beberapa pemikiran terbaik dalam bidang ini dalam aplikasi mereka sendiri.

Soal dampak negatif dari AI, Russinovich juga menyinggung mengenai program AETHER atau AI and Ethics in Engineering and Research, dengan mengatakan:

Ini adalah sesuatu yang paling penting untuk Satya (Nadella, CEO Microsoft), adalah bahwa kita perlu memastikan bahwa kita menangani ini secara bertanggung jawab, bahwa kita dapat memastikan kita tetap [menghilangkan adanya] bias dari AI dan ML, bahwa kita memastikan itu diterapkan untuk baik dan bukan untuk tujuan keji,” kata Russinovich.

Jadi, apakah tanggapan kalian soal pernyataan Mark Russinovich ini? Menurut kalian apakah dampak yang ditimbulkan dengan adanya AI dalam industri? 😉