Concept Surface Andromeda
Concept Surface Andromeda by David Breyer

Berita mengenai kehadiran berbagai perangkat Surface baru tampaknya akan semakin memanas dalam waktu-waktu mendatang. Ada banyak sekali perangkat Surface yang kini tengah dikembangkan mulai terkuak sedikit demi sedikit informasinya, salah satunya disebabkan oleh bocornya dokumen yang terlihat oleh situs Thurrott.

Surface “Libra” dan Surface Laptop Baru

Surface Laptop

Beberapa hari yang lalu kami sempat memberitakan mengenai detail baru seputar Surface “murah”, kini muncul laporan lainnya yang memberitakan bahwa perangkat tersebut berkodenama “Libra” sementara “Lex” dan “Gibs” kemungkinan adalah aksesoris yang menemani perangkat tersebut. Perangkat ini tampaknya akan menjadi produk untuk menggenjot adopsi layanan Microsoft 365 bagi “Firstline Workers” atau pekerja yang langsung berinteraksi dengan lingkungan dan/atau pelanggan dan tidak terlalu banyak di meja, disamping juga dirancang untuk sektor pendidikan.

Kemudian, Surface Laptop dikabarkan akan mendapatkan penyegaran dengan prosesor Intel Generasi ke-8 terbaru dan adanya versi LTE ditambah dengan konektor USB-C seperti Surface Book 2 dan “Libra”. Selain itu, masih belum ada informasi lain seputar penyegaran perangkat ini.

Surface Pro sebenarnya juga dikabarkan akan mendapat penyegaran. Akan tetapi, melihat Surface Pro LTE yang baru memasuki pasar hanya dalam beberapa bulan membuat hal ini kecil kemungkinannya. Disamping itu, juga dapat membuat penyegaran Surface Pro terkesan terlalu minor untuk dilakukan dalam tahun ini.

Baik Surface “Libra” dan Surface Laptop baru ini dirumorkan akan meluncur pada Juli-Agustus mendatang.

Surface “Andromeda” dan Surface “Capitola”

Andromeda Concept by David Breyer

Beranjak mendekati akhir tahun, menurut bocoran dokumen yang beredar, Surface “Andromeda” akan tetap meluncur di 2018. Bila dilihat-lihat, perangkat ini akan diposisikan menjadi perangkat yang serbaguna dan menjadi era baru perangkat Mobile PC. Kembali lagi membahas bocoran dokumen tersebut, Microsoft juga mengatakan bahwa produsen lain akan membanjiri pasar dengan produk serupa segera setelah peluncuran “Andromeda”.

Perangkat lain yang dirumorkan juga hadir menjelang penghujung 2018 adalah Surface “Capitola” atau Surface Studio 2. Namun, hingga kini tidak banyak informasi yang diperoleh mengenai perangkat ini, yang bisa jadi dapat menjadi surprise diakhir tahun ini selain peluncuran “Andromeda” dan HoloLens 2 atau “Sydney”.

Surface “Carmel”

Surface Pro 2017

Menuju ke 2019, Microsoft dikabarkan akan meluncurkan Surface “Carmel” atau Surface Pro (2019) baru dan menurut kabar dari ZDNet, produk ini akan memiliki desain benar-benar fresh, karena tampaknya Microsoft sudah agak lama menggunakan basis desain dari Surface Pro 3 dengan berbagai peningkatan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dan kesesuaian hardware dan softwarenya. Surface “Carmel” ini dijadwalkan meluncur pada pertengahan 2019 mendatang.

Surface Headphone dan Surface Dock Baru

Jabra Evolve 75

Laporan dari ZDNet juga menyebutkan bahwa Microsoft tengah mempersiapkan aksesoris yang merupakan kombinasi dari headphone dan mic yang dirancang untuk enterprise seperti Jabra Evolve. Aksesoris ini tampaknya cocok dengan visi meeting futuristis yang Microsoft demonstrasikan di acara Build 2018 lalu, yang juga menampilkan prototype smart-speaker yang belum diketahui apakah juga akan meluncur ataukah tidak.

Sementara itu, dalam acara soal Microsoft Transformative AI di London beberapa waktu yang lalu, CEO Satya Nadella mengisyaratkan kalau skenario meeting futuristis tersebut sudah semakin dekat menjadi kenyataan, yang bisa saja juga menandakan kalau perangkat ini dapat meluncur akhir tahun ini.

Disamping itu, aksesoris Surface Dock baru dirumorkan akan hadir di akhir 2019 yang mungkin akan menambah dukungan konektor baru dan desain yang lebih fresh dan compact.

Rencana Microsoft Dapat Berubah

Dengan adanya perombakan Windows and Devices Group yang akan segera bergabung dengan Office Product Group dibawah kepemimpinan baru, yaitu Rajesh Jha yang telah lama menjadi bagian dari tim Office dapat memberikan perubahan terhadap jadwal atau bahkan, produk yang seharusnya dirilis atau tidak. Terutama mengingat “roadmap” lini Surface ini tampaknya merupakan rancangan dari Terry Myerson sebagai bos Windows and Devices Group yang saat ini tengah dalam masa transisi untuk pensiun dari Microsoft.

Meskipun demikian, tampaknya tidak perlu ada kekhawatiran berlebih, karena tim Windows, Devices, dan Office sudah bekerja lebih erat selama beberapa tahun belakangan ini, membuat roadmap lini Surface akan lebih familier dihadapan Rajesh Jha sehingga perubahan roadmap yang ada kemungkinan tidak signifikan.

Sekarang, apakah tanggapan kalian? Semakin menarik? 😉