Mozilla hari ini resmi meluncurkan versi preview dari Firefox untuk Windows 10 on ARM secara native, yang berarti Firefox untuk Windows 10 on ARM nantinya dapat berjalan sangat optimal layaknya versi x86-nya. Meskipun demikian, peluncuran ini bukanlah peluncuran resmi, dikarenakan Firefox Nightly adalah versi yang belum sepenuhnya teruji dan tuntas pengembangannya.

Namun, seperti layaknya program Windows Insider, pengguna dapat mencoba untuk menggunakannya, dan melaporkan permasalahan-permasalahan yang pengguna alami ke Mozilla, agar ketika dukungan untuk Windows 10 on ARM resmi tersedia, Firefox dapat berfungsi secara optimal.

Berikut pernyataan tim Mozilla mengenai kehadiran versi preview ini:

“Harap diperhatikan bahwa build ini bahkan lebih buruk daripada ‘nightlies’ normal kami di platform lain: mereka belum melewati proses pengujian otomatis yang biasa, bug hampir pasti akan muncul, dll. Saya telah menggunakan build-build [yang tidak terupdate] tidak secara otomatis (memperbaruinya secara manual) selama beberapa minggu sekarang dan telah memiliki pengalaman yang menyenangkan.”

Kini, melihat versi preview dukungan arsitektur ARM untuk browser Firefox di Windows 10 telah hadir, tampaknya peluncuran resminya juga semakin dekat dan pas sekali dengan momentum hadirnya perangkat Windows 10 berbasis Snapdragonm 8cx di penghujung tahun nanti.

Kehadiran Firefox untuk Windows 10 on ARM dan nantinya juga Microsoft Edge yang berbasis Chromium, tentunya akan membuat pengguna perangkat Windows 10 on ARM semakin banyak memiliki pilihan browser yang sesuai dengan keinginannya 😉

Bagi yang ingin mencoba, yuk klik Firefox Nightly Windows 10 on ARM.

 

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of