Kami berbicara soal Windows & Devices, Pendidikan, dan Perkembangan Teknologi UMKM bersama Microsoft Indonesia

Hari ini kami mempublikasikan hasil interview kami dengan pihak Microsoft Indonesia yang kebanyakan pertanyaannya juga berasal dari para member baik di fanpage kami Microsoft Lovers ataupun di website kami yaitu Wincamp. Yuk silahkan baca secara keseluruhan agar memahami pernyataan Microsoft dengan rinci.

Mengenai Windows, Dev, dan Devices

Windows-10-Devices1-1024x412

1. Beberapa aplikasi hengkang dari Windows Store seperti GoPro, Path, dan Mint bagaimana tanggapannya?

Kami menghargai keputusan para developers yang menarik aplikasinya dari Windows Store dan tetap menjalin hubungan baik dengan mereka melalui rangkaian aktivitas seperti Microsoft Developer Festival, BizSpark serta Imagine Cup.

Dalam BizSpark, Microsoft menyediakan perangkat lunak, dukungan teknologi, dan layanan komputasi awan Azure secara gratis selama tiga tahun bagi startup yang berusia di bawah lima tahun, berstatus kepemilikan swasta dan memiliki pendapatan kurang dari $1M setiap tahunnya. Sementara dalam Imagine Cup, Microsoft mencari dan mengasah kemampuan developer-developer muda dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, untuk menuangkan serta merealisasikan ide aplikasi kreatif mereka.

Salah satu developer/startup yang mengambil bagian dalam BizSpark serta Imagine Cup adalah Agate Studio, sebuah game developer asal Bandung yang kini telah dikenal publik dari berbagai negara. Arief Widhiyasa, sang Co-Founder & CEO, bahkan terpilih oleh Majalah Forbes pada awal tahun 2016 yang lalu sebagai salah satu dari 30 pemuda Asia berusia di bawah 30 tahun yang dianggap sebagai pemimpin menjanjikan dan sosok entrepreneur andal. Microsoft memiliki visi untuk memberdayakan setiap orang dan organisasi di seluruh dunia agar dapat mencapai lebih banyak hal.

Oleh karena itu, Microsoft terus mengembangkan teknologi dan platform yang memungkinkan para developer untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan mengubah dunia. Microsoft juga tetap berusaha untuk menghadirkan aplikasi-aplikasi berkualitas di Windows Store bagi para pengguna setia Windows.

2. Dan bagaimana cara meraih agar kembali?

Fokus kami adalah untuk memberikan layanan terbaik kepada para pengguna setia Windows. Untuk itu, kami senantiasa memaksimalkan platform yang dapat digunakan oleh para developers dengan mudah dan nyaman. Hal ini pulalah yang membuat kami menghadirkan Windows 10: one store, one platform, one experience.

3. Ada banyak sekali aplikasi/layanan baru Microsoft di Android dan iOS yang tersedia lebih dulu dibanding Windows. Bagaimana tanggapannya?

Kami ingin memberikan pengalaman penggunaan aplikasi serta layanan terbaik kepada seluruh pengguna kami. Ketika aplikasi dan layanan baru kami hadir di platform lain terlebih dahulu, kami justru bangga dengan hal tersebut – menunjukkan bahwa antusiasme pengguna terhadap aplikasi dan layanan kami sangatlah besar.

Namun, tetap kami tegaskan kembali, bahwa saat ini kami juga tengah berfokus untuk mengembangkan platform Windows sebagai platform yang paling nyaman untuk pengguna serta developers. Dengan sarana dan layanan Microsoft, developer dapat membangun aplikasi di setiap platform – memungkinkan mereka untuk melakukan coding sesuai dengan cara yang diinginkan serta menjangkau sebanyak mungkin konsumen.

Microsoft membantu developer untuk membuat aplikasi yang sesuai dengan era cloud saat ini serta evolusi cloud yang akan datang. Microsoft berada dalam posisi unik karena menjadi satu-satunya penyedia layanan cloud yang mendukung setiap organisasi dan developer dalam hal layanan infrastruktur utama, sarana dan layanan platform, hingga Software-as-a-Service, dengan fleksibilitas aplikasi yang dapat dibangun dan dijalankan dalam bahasa apapun serta dengan platform apapun.

4. Bagaimana strategi marketing Windows di Indonesia? Mengingat iklan-iklan yang ditampilkan kurang menarik atau informatif. Termasuk kampanye #TerimakasihWindows di Youtube. (Iklan #LumiaMakeItHappen sebenarnya bagus hanya kurang informatif, perlu ditingkatkan lagi. Pemuda sangat menyukainya dari musik dll)

Terima kasih atas masukannya. Setiap kampanye dan program yang kami lakukan didasarkan kepada tujuan serta target audience dari masing-masing kampanye/program. Begitupun untuk #TerimakasihWindows. Kampanye ini kami tujukan untuk mengapresiasi para pengguna setia Windows. Kami akan terus berusaha untuk dapat mendekatkan diri dengan para pengguna Windows melalui berbagai cara dan media yang relevan.

5. Ketersediaan Lumia 550, 650, atau ponsel W10M produsen lain?

Saat ini belum ada informasi yang bisa kami berikan mengenai pertanyaan ini. Jika sudah ada informasi, kami akan dengan senang hati menyampaikannya kepada rekan-rekan Microsoft Lovers Community.

6. Cortana bahasa Indonesia atau mendukung region Indonesia?

Saat ini belum ada informasi yang bisa kami berikan mengenai pertanyaan ini. Jika sudah ada informasi, kami akan dengan senang hati menyampaikannya kepada rekan-rekan Microsoft Lovers Community.

7. Masa depan Windows 10 dan Microsoft Devices terutama ponsel?

Saat ini belum ada informasi yang bisa kami berikan mengenai pertanyaan ini. Jika sudah ada informasi, kami akan dengan senang hati menyampaikannya kepada rekan-rekan Microsoft Lovers Community.

Sebagai tambahan sebelumnya Microsoft Indonesia melalui Public Relations Lead-nya yaitu Cynthia Setianto mengkonfirmasi bahwa Microsoft Indonesia akan tetap berkomitmen dengan Windows 10 Mobile termasuk mengembangkan hardware baru dan juga dari produsen lain.  Selengkapnya: Reference W10M MSFT ID

Pendidikan

Kunjungan-Satya-ke-Muhammadiyah-1-779x519

1. Akankah Microsoft memposisikan HoloLens untuk merevolusi pendidikan Indonesia?

Sebagai sebuah inovasi terbaru dari Microsoft, HoloLens tentu saja menawarkan banyak sekali kemudahan dan kecanggihan. Dunia pendidikan atau edukasi juga merupakan salah satu bidang yang dapat diuntungkan dengan kehadiran terknologi terbaru HoloLens ini. Akan tetapi, sekarang HoloLens masih dalam tahap pengembangan dan baru ditujukan untuk para developers. Ke depannya, kami akan terus mengeksplorasi perkembangan HoloLens tersebut.

Misi kami di Microsoft adalah memberdayakan setiap orang dan organisasi di dunia untuk melakukan lebih banyak hal. Karena itu, kami berkomitmen untuk terus mengembangkan serta menyediakan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

2. Banyak sekali pelajar tidak tahu keunggulan O365 bagi mereka atau bahkan kurang mengenal apa itu O365 bagaimana itu?

Kami berusaha dengan berbagai cara untuk mengedukasi para pengguna kami, termasuk kalangan pelajar dan pengajar, mengenai O365 dan keuntungan-keuntungannya. Untuk itu, kami bekerjasama dengan berbagai institusi pendidikan seperti Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, serta Universitas Gadjah Mada dalam penggunaan O365 for Education.

Berbagai institusi pendidikan yang berada di luar Jakarta juga telah menggunakan O365, seperti SDN Wonokerto Magelang yang memanfaatkan teknologi konferensi video Skype (Skype merupakan bagian dari O365) untuk memberikan pengajaran seputar sejarah serta nilai Candi Borobudur kepada murid dan guru lain yang berasal dari berbagai sekolah di Indonesia.

Ada pula SMAN 2 Playen Gunung Kidul yang menggunakan teknologi O365 untuk mengembangkan erapport – sebuah platform yang dikembangkan bersama Microsoft Innovation Center Universitas Gadjah Mada untuk:

A. Mempermudah guru-guru di sekolah dalam memasukkan nilai siswa secara lebih efektif dan efisien

B. Melakukan kerja kolaborasi dalam waktu bersamaan

C. Memantau nilai siswa dengan lebih mudah

3. Rencana Microsoft ID kedepannya untuk memberdayakan para pelajar?

Selama 20 tahun Microsoft beroperasi di Indonesia, kami telah banyak melakukan berbagai program citizenship di bidang pendidikan, seperti Imagine Cup, YouthSpark, Hour of Code dan CityApp Appathon, bekerjasama dengan mitra-mitra kami, serta dengan LSM dan lembaga-lembaga pendidikan terkait. Program-program tersebut tidak hanya berupaya untuk mempersiapkan generasi muda dalam menjadi tenaga kerja terampil, tetapi juga menjadi technopreneur.

Sebab, technopreneur merupakan bagian dari roda penggerak ekonomi nasional yang mampu berkontribusi terhadap peningkatan PDB serta penyerapan tenaga kerja. Pada tahun 2030, Indonesia diprediksi akan menjadi negara dengan perekonomian terbesar ke-7 di dunia yang memerlukan sekitar 113 juta tenaga kerja, namun sebuah penelitian yang dilakukan McKinsey Global Institute pada tahun 2012 menyimpulkan bahwa dengan hanya 55 juta tenaga terampil, Indonesia akan mengalami masalah kekurangan tenaga kerja terampil.

Untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia dalam menjadi tenaga kerja terampil maupun technopreneur yang dapat menciptakan lapangan kerja, diperlukanlah peningkatan kualitas pendidikan.

Microsoft pun berkomitmen untuk mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui rangkaian program citizenship kami, yang mana sejalan dengan target Pemerintah Indonesia untuk mencetak 1.000 technopreneur pada tahun 2020.

UMKM

captureo365

1. Bagaimana cara Microsoft untuk memberdayakan UMKM melalui Microsoft Cloud?

Arsitektur cloud Microsoft, atau Azure, kami percayai sebagai salah satu arsitektur komputasi awan yang termutakhir dan dapat menguntungkan berbagai pihak, termasuk UMKM.

Keamanan serta mobilitas data menjadi kunci bagi usaha-usaha yang sedang berkembang, dan cloud kami menyediakan itu. Kami juga memiliki beberapa program pemberdayaan UMKM seperti Cloud Masterclass serta BizSpark.

Dalam Cloud Masterclass, kami menjelaskan lebih jauh mengenai peran serta keuntungan-keuntungan cloud kepada beberapa UMKM di Indonesia. Dalam BizSpark, Microsoft menyediakan perangkat lunak, layanan, dukungan teknologi, dan Azure cloud secara gratis bagi UMKM yang masih berusia kurang dari lima tahun, dioperasikan oleh swasta, dan berpendapatan kurang dari $1 juta setiap tahunnya.

2. Langkah Microsoft ID kedepannya untuk UMKM?

UMKM memberikan kontribusi terhadap PDB Indonesia hingga 58,92% serta penyerapan tenaga kerja hingga 97,3%. Angka yang signifikan untuk menjaga tingkat persaingan Indonesia dengan negaranegara lain di era pasar terbuka seperti saat ini. Untuk membantu meningkatkan kualitas UMKM, Microsoft akan berusaha untuk terus memperkenalkan berbagai solusi bisnis dan usaha yang dimiliki Microsoft kepada UMKM, serta meningkatkan computer literacy mereka.

Dalam rangka mengenal UMKM secara lebih mendalam, Microsoft juga telah mengadakan survey New World of Work, sebuah survey yang ditujukan untuk mengenal gaya kerja UMKM. Hasil survey tersebut menunjukkan bahwa UMKM di Indonesia memiliki gaya kerja yang sangat mobile dan karenanya Microsoft memberikan berbagai produk serta layanan seperti Office 365 yang dapat mempermudah mereka untuk kerja kolaborasi.

Akhir Kata dari Kami

Kami sangat berterima kasih sekali atas ketersediaan Microsoft Indonesia untuk memenuhi interview kami. Tentunya dengan hal ini kami berharap akan menambah wawasan pembaca serta dapat memberi gambaran mengenai strategi atau upaya Microsoft kedepannya untuk membuat kita lebih produktif dimanapun kita berada.

Nah sekarang waktunya anda untuk menanggapi. Silahkan beri tanggapan kalian di komentar 😀