Fitur Cloud Clipboard yang merupakan salah satu fitur andalan Windows 10 Fall Creators Update akhirnya tertunda ke RS4. Nah, sekarang ada salah satu engineer yang dapat mencoba versi paling awal dari Cloud Clip ini. Engineer tersebut mengatakan bahwa Cloud Clip ini masih belum tersambung dengan Microsoft Graph jadi data belum dapat ditransfer dan didemonstrasikan.

Mirip dengan Panel Emoji pada Fall Creators Update, UI manajemen clipboard dibuka melalui shortcut keyboard – WINKEY + V. Pop-up muncul di samping tanda sisipan, dan ini akan menampilkan daftar item yang sekarang ada dalam Cloud Clip Anda, cuplikan teks, dokumen, dll. (Item ini diurutkan menurut waktu salinan dalam urutan menurun.) Beberapa item mungkin menunjukkan ukuran kecil ikon awan (☁) untuk menunjukkan konten tidak ada pada PC Anda, artinya akan ditarik dari awan jika dipilih. (Seleksi barang dilakukan melalui keyboard atau mouse.)

Anehnya, layanan non-final ini tidak menunjukkan jalan yang tepat untuk menghilangkan item dari Cloud Clip. Kemudian jika Anda adalah pengguna touchscreen dapat dioperasikan dengan hanya satu sentuhan saja.

Fitur Cloud Clip ini rencananya akan terintegrasi dengan keyboard Windows 10 dan keyboard Swiftkey di Android dan iOS. Jadi, kalian dapat melanjutkan tulisan dan semacamnya dari PC dan paste di ponsel semudah copy-paste pada umumnya.

Selain keyboard, Cloud Clip ini juga bisa copy-paste dokumen di Office dari perangkat Windows 10 ke Android dan iOS. Jadi, ini akan mempermudah penyelesaian tugas kalian.

Hanya saja, kita perlu menunggu hingga paruh pertama 2018 bagi pengguna reguler dari Windows 10.

Nah, apakah pandangan kalian soal fitur baru yang akan tiba ini? Bermanfaat? 😉