Baru saja memulai 2018, Microsoft tampaknya sudah mulai melakukan pemanasan untuk meningkatkan pertumbuhannya sepanjang tahun ini. Microsoft telah menyepakati untuk melakukan akuisisi terhadap Avere Systems yang berfokus pada optimalisasi proses untuk menyimpan atau menerima file di cloud dan skenario komputasi yang memerlukan peforma tinggi lainnya.

Avere, yang didirikan di 2008, telah mengumpulkan dana sekitar $97 juta dengan tahapan investasi dari pendukung pendanaan yaitu Menlo Ventures, Norwest Venture Partners, Lightspeed Venture Partners, dan Tenaya Capital.

Selain itu, perusahaan ini juga menarik perhatian pesaing Microsoft di dunia cloud, terutama Google yang telah berinvesasi ke Avere sebesar $14 juta di bulan Maret tahun lalu. Disini, Amazon Web Services dan Google Cloud Platform adalah mitra Avere untuk layanan public cloud. Meskipun pasca akuisisi ini Microsoft melalui Avere akan tetap mendukung layanan cloud pihak ketiga lainnya. Tapi, tentu saja akan ada hal yang eksklusif untuk Microsoft Azure nantinya.

Microsoft tidak mendetail soal berapa yang mereka keluarkan untuk akuisisi ini. Microsoft juga mengatakan bahwa tim Avere akan tetap bekerja di Pittsburgh setalah akuisisi ini sampai di tahap final.

“Dengan menggabungkan keunggulan penyimpanan Avere dengan kekuatan  Microsoft Cloud, pelanggan akan mendapatkan keuntungan dari inovasi terdepan di industri yang memungkinkan beban kerja berkinerja tinggi dan paling kompleks untuk dijalankan di Microsoft Azure,” kata Jason Zander, VP Microsoft Azure, mengumumkan kabar  ini “Kami sangat antusias untuk menyambut Avere ke Microsoft, dan berharap dapat berdampak pada teknologi dan tim mereka terhadap Azure dan pengalaman pelanggan.”

Pelanggan Avere yang disebutkan Microsoft termasuk Sony Pictures Imageworks, The Library of Congress, dan John Hopkins University, dengan cakupan industri yang sangat luas, termasuk dunia hiburan, sains, perminyakan, layanan finansial, dan operasional produksi.

Ronald Bianchini Jr., Presiden dan CEO Avere Systems, menulis bahwa “Microsoft telah melakukan investasi signifikan untuk menyediakan solusi penyimpanan paling fleksibel, aman dan terukur kepada pelanggannya di pasar dan menjadikan Azure sebagai rumah alami untuk aplikasi enterprise. Fokus bersama pada aplikasi Enterprise [yang berukuran] besar membuat Microsoft sangat sesuai untuk Avere. “

Dia menambahkan, “Avere dan Microsoft sama-sama menyadari bahwa ada banyak cara bagi Enterprises untuk memanfaatkan sumber data center dan cloud. Visi bersama kami adalah melanjutkan fokus kami pada semua kasus penggunaan Avere – di pusat data, di cloud dan penyimpanan hybrid cloud dan lingkungan yang penuh awan. Integrasi yang lebih dalam dengan Azure akan menghasilkan pengalaman yang jauh lebih mulus bagi pelanggan kami. “

Tampaknya hasil integrasi dari Avere ini akan mulai berdampak positif bagi pengguna Azure dalam beberapa bulan mendatang. Jadi, mari kita lihat perkembangannya seiring dengan berjalannya waktu.

Nah, sekarang, bagaimanakah tanggapan kalian soal akuisisi pertama Microsoft di 2018 ini? Dan apakah perusahaan yang kalian harapkan agar diakuisisi Microsoft? 😉

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of