via WindowsBlogIta

Wincamp sudah memberikan berita mengenai Windows Phone Internal yang sudah memasuki versi 2.3 dan tentu kamu sudah membaca nya. Seperti yang sudah kami jelaskan di artikel sebelumnya, pengembang Windows Phone Internal Heathcliff menyatakan bahwa ada kemungkinan project Astoria kembali.

Dengan dirilis nya versi terbaru dari Windows Phone Internal yang dapat digunakan oleh semua ponsel Lumia serta dapat dilakukan rooting membawa beberapa harapan yang muncul. Apalagi kalau bukan Custom ROM, pengembang mengatakan dalam versi 2.3 ini jailbreak yang dilakukan pada ponsel Windows dapat membuka bootloader. Bootloader adalah pintu masuk pada sistem windows yang dapat kita custom sesuai keinginan (dengan catatan : kamu mengerti dan paham akan resiko).

Alih-alih membawa Custom ROM Android untuk ponsel Windows, Heathcliff justru tidak berniat untuk itu. Ia mengatakan lebih tertarik untuk menghidupkan kembali project Astoria dan membawa aplikasi/game Android ke ponsel Windows. Memang kalau dipikir dari pada membawa Custom ROM Android akan lebih baik membawa aplikasi/game ke Windows.

Ia juga mengatakan tidak menutup kemungkinan ROM Android akan tersedia untuk ponsel Windows. Selain itu ia juga akan membantu jika ada pengembang lain yang ingin membuat ROM untuk ponsel Windows. Kedua project ini (Astoria dan ROM) masih belum dipastikan akan terjadi kapan, meskipun ia mengakui sedang dalam pengembangan.

Apa itu project Astoria ? ini adalah sebuah project yang memungkinkan pengguna Windows Phone dapat menginstal aplikasi/game .APK di ponsel nya. Project Astoria Microsoft kembangkan untuk mengatasi kesenjangan aplikasi/game yang ada pada ponsel Windows. Namun pengembangan nya berhenti dikarenakan beberapa alasan dan oleh sebab itu banyak fans Windows menyesalkan keputusan Microsoft.

So, apa tanggapan kamu mengenai ini ? bagikan tanggapan mu di kolom komentar .