Microsoft baru saja meluncurkan sebuah iklan baru yang begitu mengharukan untuk menyambut musim liburan 2018 yang menekankan soal pentingnya kesetaraan bagi seluruh masyarakat di dunia.

Iklan dengan judul “Reindeer Games” menampilkan seorang anak berumur 9 tahun bernama Owen Sirmons yang menderita apa yang disebut sebagai Escobar Syndrome yang merupakan kelainan genetis yang langka yang menyulitkannya untuk bermain video game dengan kontroler biasa.

Terlihat dalam iklan tersebut, seorang temannya berlari dan berteriak “Kalian harus melihat ini!” dan “Owen akan melakukannya!” untuk mengajak teman lainnya untuk turut bergabung dengan dirinya dan masuk ke kamarnya dengan begitu hebohnya dan melihat sang Owen tengah berupaya memenangkan sebuah game dengan Xbox Adaptive Controller.

Kontroler ini memang dirancang khusus bagi gamer yang difabel dan baru-baru ini terpilih sebagai penemuan terbaik di 2018 versi TIME Magazine.

“Asal usul iklan benar-benar berakar pada lagu dan kisah Rudolph, dimana apa yang tampak seperti perbedaan atau tantangan adalah benar-benar sebuah peluang yang menunggu untuk disadari,” kata Kathleen Hall, VP Marketing & Research di Microsoft. “Kekuatan nyata dan keajaiban teknologi adalah kemampuannya untuk menyatukan kita dan membuat kita lebih baik, tidak peduli apa perbedaan kita.”

Dalam iklan tahun lalu, Microsoft membuat iklan dengan tagline “Create a Better World” yang juga menekankan soal kasih sayang dan kesetaraan, yang menampilkan seorang anak perempuan dengan Surface Book 2 yang membayangkan perjalanan antariksa bersama bonekanya, dan turut membantu objek hewan-hewan baik yang difabel maupun yang sedang dalam masalah yang ia gambar dengan Paint 3D.

Iklan ini akan mulai meluncur di TV NBC pada saat Macy’s Thanksgiving Day Parade pada Kamis mendatang, dan kemungkinan juga pada stasiun TV lainnya dalam waktu yang berbeda.

Sekarang, apakah tanggapan kalian soal iklan ini? 😉