Ini Perbedaan Microsoft Office 365 dan Office 2016Microsoft Office sudah menjadi tool wajib bagi kamu yang kini bekerja disuatu perusahaan atau instansi pemerintah. Tidak hanya itu, Microsoft Office juga sangat dibutuhkan bagi kamu yang kini sedang dalam masa perkuliahan. Apalagi Microsoft Office bisa digunakan di berbagai perangkat seperti smartphone contohnya.

Sekedar informasi Microsoft Office pertama kali dirilis pada tahun 1990 oleh Microsoft, saat itu Office diperutungkan untuk perkantoran dan dirilis untuk sistem operasi Windows dan Mac Os. Uniknya Microsoft justru lebih dulu merilis aplikasi Office ini untuk sistem operasi Mac di tahun 1989.

Baca : Begini Cara Melihat Pesan Yang Sudah Terhapus Di WhatsApp

Saat ini terdapat dua (2) jenis aplikasi Microsoft Office, yakni Office 2016 (2019 yang terbaru) dan Office 365, Microsoft Office 365 sendiri dirilis ditahun 2011. So, kalian tau gak sih apa perbedaan dari kedua aplikasi ini yang sebenarnya tugas dan fungsi nya sama persis. Untuk kamu yang belum tahu atau tahu tapi masih bingung, nih Wincamp jelasin secara singkat mengenai perbedaan antara Microsoft Office 365 dan Microsoft Office 2016.

Microsoft Office 2016 (2019 yang terbaru)

Sebenarnya perbedaan diantara kedua aplikasi ini ada pada sistem pakai dan pemabyaran nya. Microsoft Office 2016 adalah aplikasi yang hanya dapat digunakan di satu PC di satu sistem operasi. Namun sistem pemabayaran nya hanya dilakukan satu kali untuk seumur hidup. Kelebihan dari pembayaran satu kali seumur hidup ini kita dapat menggunakan nya sampai kapanpun.

Microsoft Office 2016 (2019 yang terbaru)
Image via The Verge

Kekurangan nya jika terdapat versi yang lebih baru seperti Microsoft Office 2019 yang Microsoft rilis kemarin, kita tidak dapat mengupgrade nya secara gratis. Artinya satu licensi hanya dapat digunakan di satu versi dan satu PC saja. Microsoft Office 2016 sendiri dibagi lagi menjadi 2 bagian yakni Home & Student serta pebisnis.

Baca : Office 2019 Hanya Dapat Berjalan Di Windows 10

Jika kamu membeli licensi Microsoft Office 2016 kamu akan mendapatkan bundle seperti Word, PowerPoint, Excel dan Note. Apabila kamu pengguna bisnis Microsoft juga menyediakan nya dengan beberapa tambahan seperti Outlook, Publisher dan Access dan harga yang lebih mahal tentunya.

Untuk harganya di Indonesia sendiri Microsoft Office 2019 dibandrol dengan harga Rp.1.800.000, untuk varian Home & Student. Pembelian ini berlaku satu kali dan hanya dapat digunakan di satu PC saja.

Microsoft Office 365

Office 365 adalah jawaban Microsoft  untuk kamu yang merasa keberatan dengan harga yang diberikan Microsoft untuk setiap pembelian Microsoft Office. Berbeda dengan Microsoft Office 2019 yang mengharuskan membayar untuk satu kali pembelian untuk 1 PC. Office 365 hanya membayar apabila kamu menggunakan nya saja, dalam artian kita membayar setiap bulan untuk pemakaian nya.

Ini Perbedaan Microsoft Office 365 dan Office 2016, Wajib Tahu !Pembayaran Office 365 bisa dilakukan dengan berlangganan selama setahun atau uji coba secara gratis untuk satu bulan. Selain itu di Office 365 kita juga mendapat paket komplit dari Microsoft seperti Access, OneDrive, Skype for Bussines, Microsoft Team dan SharePoint. Microsoft Office 365 juga mempunya 2 varian yakni Home dan Bisnis yang masing-masing memiliki fitur dan harga yang berbeda.

Microsoft Office 365 Home

Ini adalah layanan Office 365 yang memungkinkan pengguna nya hingga 6 orang untuk satu tahun pembelian. Artinya setiap satu tahun pembelian Microsoft Office 365 dapat digunakan di 6 PC yang berbeda. Harga pertahunnya berbeda-berbeda tergantung layanan apa yang kita pilih. Sebagai contoh harga untuk Office 365 Home Rp. 1.200.000/pertahun sedangkan untuk personal Rp.900.000/pertahun tetapi hanya dapat dipakai oleh satu pengguna.

Microsoft Office 365 Bisnis

Sama seperti Office 365 Home, Office 365 Bisnis juga memiliki fitur sama namun lebih diprioritaskan untuk pengguna Bisnis atau kantoran. Office 365 hanya dapat digunakan oleh satu PC atau satu pengguna saja, dalam setiap pembelian Office 365 Bisnis pengguna akan mendapatkan emais bisnis khusus selama masih berlangganan.

Baca : Microsoft Office Kini Semakin Mudah Digunakan Dan Cepat Dengan Tampilan Baru

Nah itulah sedikit penjelasan singkat mengenai perbedaan antara Microsoft Office 2016 dan Microsoft Office 365. Lalu mana nih yang harus saya pilih, kalau ini sih bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing ya. Oh iya sekedar informasi nih, kabarnya Microsoft akan memberlakukan layanan Office nya ke 365 dimana kamu diharuskan berlangganan untuk dapat menggunakan nya.

Kalau saya pribadi sih jujur lebih memilih untuk menggunakan Office 365, kalau tidak mampu membeli secara personal kita bisa loh mengajak kawan untuk ikut berlangganan. Tentu akan mengurangi biaya juga kan, selain itu kita juga mendapat penyimpanan 1TB OneDrive untuk setiap user.