Microsoft tampaknya memiliki ide-ide baru untuk membenamkan kamera berukuran besar di perangkat lipat yang dirumorkan berkodenama “Andromeda”. Hal ini terlihat dari disetujuinya paten-paten baru dari Microsoft oleh USPTO pada hari ini.

Paten-paten ini ditujukan untuk bagaimana menangani kamera besar di perangkat yang sangat tipis dikarenakan dapat dilipat kedua bagiannya, yang kemungkinan di setiap bagiannya memiliki ketebalan 4-5mm. Ini merupakan hal yang perlu diperhatikan karena dengan ketebalan seperti yang telah disebut, memungkinkan perangkat untuk memiliki kamera yang tidak begitu besar dan akan berdampak pada kualitas yang dihasilkan.

Mari kita bicarakan yang pertama, yaitu “SPLIT-CAMERA AUTO ALIGNMENT”, yang merupakan ide Microsoft untuk membuat hardware kamera terpisah dalam masing masing bagian, dengan komponen utama berada di salah satu bagian, paten ini juga akan melibatkan penggunaan micro-mechanics (yang juga seperti yang digunakan oleh teknologi OIS) untuk membuat komponen kamera ini akan kembali ke bagian yang tersusun atau menyatu begitu ingin digunakan pengguna.

Sementara itu, ada ide kedua dari Microsoft, ide berupa paten yang telah disetujui ini disebut “FLOATING CAMERA MODULE”. Dimana, modul kamera yang dimiliki ini lebih tebal dari perangkatnya, dan dapat digerakkan atau didorong masuk atau keluar. Begitu terdorong keluar, akan ada seperti tonjolan kamera yang terlihat. Mekanisme ini membuat perangkat dapat terlihat datar begitu ditaruh dimeja, tidak seperti beberapa Lumia.

Lebih unik lagi, Microsoft memiliki ide lainnya yang disebut “RETRACTABLE CAMERA CAP”, dimana ide ini memiliki tonjolan di bagian dalam tampilan depan perangkat, ditambah dengan semacam lubang yang akan menjadi penutup kamera otomatis yang membuat bagian kamera terlindungi, suatu mekanisme yang dapat menutup ketika dalam keadaan terbuka lipatannya (agar tidak ada pemandangan menganggu) dan terbuka ketika dalam keadaan tertutup atau terlipat ketika lubang tersebut sebagai cover kamera.

Sebelumnya, kita juga telah melihat solusi kamera baru yang mana salah satunya adalah membuat kamera besar yang ada di Surface “Andromeda” bekerja layaknya periskop yang telihat memanfaatkan ukuran perangkat yang lebar karena perangkat dirancang super-tipis di setiap bagiannya.

Nah, apakah pandangan kalian soal ide-ide baru ini?