Microsoft pagi ini merilis build 14986 sebagai update baru untuk Windows 10 PC ke Fast Ring. Build terbaru ini telah dilengkapi berbagai fitur baru, selain juga beberapa perbaikan dan peningkatan.

Salah satu tambahan baru adalah peningkatan utama pada Cortana, Windows Ink, Windows Defender baru dan banyak lagi. Berikut ini changelog selengkapnya:

YANG BARU DI BUILD 14986

Cortana Menjadi Lebih Keren:

  • Matikan komputer Anda, ubah volume hanya dengan perintah suara: Mampu mengendalikan komputer hanya dengan suara adalah salah satu permintaan paling banyak untuk diterapkan pada Cortana, jadi kami sangat gembira untuk mengumumkan bahwa kami telah menambahkan beberapa fitur baru ke Cortana yang memungkinkan Anda melakukan hal tersebut. Sekarang Anda dapat mematikan PC hanya dengan menyuruh Cortana. Anda juga dapat me-restart, mengunci, atau “menidurkan sistem”, dan meninggikan dan kecilkan volume sistem hanya dengan suara Anda. Cobalah dan beritahu kami apa yang Anda pikirkan!
  • Cortana menyukai musik: Anda sekarang dapat menggunakan Cortana untuk mengontrol pemutaran musik di lebih banyak aplikasi musik favorit Anda (hanya tersedia di EN-US saja). Mulai di build ini, kami telah mengaktifkan kompatibilitas bahasa alami untuk iHeartRadio dan TuneIn Radio. Ini akan bekerja pada keduanya, dalam posisi lockscreen (PC terkunci)!

Sementara Anda mendengarkan musik di salah satu aplikasi tersebut, Anda juga dapat menggunakan suara Anda untuk mengontrol pemutaran dan volume. Dengan stasiun radio, kita sering ingin tahu lagu catchy seperti apa yang telah diputar sebanyak sejuta kali, jadi kami menambahkan dukungan untuk “What’s Playing”. Coba katakan: “Hey Cortana, What song is Playing?“. Maka ia akan bekerja untuk semua aplikasi pemutar musik. Sebagai bonus, kami juga membuat Cortana lebih cerdas dengan mengingat musik yang terakhir dimainkan di aplikasi musik, sehingga Anda tidak harus katakan “on Groove” berulang-ulang. Yang perlu Anda lakukan cuma katakan sesuatu musik/lagu yang suatu saat Anda inginkan diputar di aplikasi, seperti “Play jazz music on iHeartRadio“; maka di waktu berikutnya, cukup katakan “Play rock music“, maka akan langsung diputar di iHeartRadio. Silahkan cari Quest dan berikan masukan kepada kami!

 

  • Menambahkan dukungan pendeteksian musik ke Bahasa Cina (Modern): Cortana sekarang mampu mengenali musik untuk pengguna di Cina. Cukup tekan ikon musik di sudut atas halaman beranda Cortana ini, dan Cortana akan mendengarkan apa pun musik yang diputar dan lalu memberitahu Anda lagu apakah itu. Ini bekerja persis seperti halnya ketika menggunakannya dalam bahasa Inggris (AS). Anda juga bisa katakan: “Hey Cortana, what’s playing?” (kecuali, dalam Bahasa Cina tentunya, so you’d say ??????????) dan Cortana akan mulai mendengarkan lagu.

 

  • Layar penuh saat modus idle: Kami telah membuat peningkatan besar pada tampilan Cortana ketika menggunakan “Hey Cortana” ketika PC Anda posisi lockscreen dan idle. Ketika PC Anda dalam keadaan ini, coba ajukan pertanyaan ke Cortana, maka akan menghasilkan pengalaman full-screen yang cantik yang dioptimalkan untuk melihat medan jauh! Coba dengan mengaktifkan “Hey Cortana” dan kemudian tunggu sekitar 10 detik atau lebih tanpa menyentuh PC Anda.

 

  • Sign-in ke Cortana menggunakan identitas Azure Active Directory (AAD) : Kemampuan ini akan memungkinkan Anda untuk sign-in ke Cortana dengan akun pekerjaan atau sekolah Anda, bukan MSA Anda, memungkinkan Anda untuk menggunakan Cortana bahkan jika organisasi Anda tidak mendukung MSA. Untuk masuk ke Cortana menggunakan akun kantor atau sekolah, cukup pergi ke Notebook Cortana dan “About Me” dan masuk/login. Anda akan mendapatkan pengalaman Cortana sepenuhnya dengan sebagian besar fitur yang sama. AAD join saat ini hanya tersedia di Windows 10 PC.

 

Enterprise Cloud Printing:

UI discovery Enterprise Cloud Printer baru di bawah Pengaturan > Perangkat > Printer & scanner akan memungkinkan pengguna korporat untuk menemukan printer perusahaan ketika perangkat bergabung pada Azure Active Directory ketika admin IT menyebarkan dan mengonfigurasi layanan backend.

Fitur ini memerlukan layanan backend yang sesuai dengan pekerjaan, yang belum tersedia. Silakan terus menggunakan UI yang ada untuk menemukan dan menginstal printer sementara.

Peningkatan pada dukungan layar penuh Windows Game Bar:

Dengan Windows 10 Anniversary Update, kami menambahkan dukungan untuk enam game layar penuh di Game Bar. Untuk Windows 10 Creator Update, kami sedang menggarap tambahan lebih banyak lagi. Dalam build ini, kami telah menambahkan dukungan untuk 19 game tambahan dalam modus layar penuh dengan Windows Game Bar. Seperti biasa, tekan saja WIN + G untuk Windows Game Bar untuk menangkap rekaman atau screenshot.

  • ARMA 3
  • Battlefield 1
  • Civilization V
  • Dark Souls III
  • Fallout 4
  • Final Fantasy XIV: A Realm Reborn
  • Mad Max
  • Mafia 2
  • NBA 2K16
  • Overwatch
  • Star Wars: The Old Republic
  • StarCraft II: Heart of the Swarm
  • The Binding of Isaac
  • The Witcher 3: Wild Hunt
  • Terraria
  • Tom Clancy’s The Division
  • Total War: WARHAMMER
  • Warframe
  • World of Tanks

Tip: Anda dapat mengontrol fitur ini melalui pengaturan Windows Game Bar. Dalam dialog pengaturan, cari kotak centang “Tampilkan game bar ketika saya bermain game layar penuh”. Lihat posting Major Nelson di game bar untuk info lebih lanjut tentang cara menyesuaikan pengaturan untuk kinerja game terbaik.

Penigkatan pengalaman menggunakan Windows Ink Anda ke tingkat berikutnya:

Kami telah umumkan dan rilis beberapa peningkatan yang akan datang untuk pengguna Windows Ink dan  pena dengan Creator Update, dan dengan build ini kami sangat gembira untuk mengumumkannya lagi!

  • Melanjutkan sketsa layar sebelumnya: Kami telah mendengar tanggapan Anda bahwa itu bisa terlalu mudah tiba-tiba kehilangan sketsa Layar Sketsa Anda, jadi kami sangat gembira untuk mengumumkan bahwa dengan build 14986 ini Anda sekarang dapat melanjutkan sketsa sebelumnya! Secara default, ketika Anda membuka layar Sketch, itu akan selalu terbuka untuk screenshot baru, tapi sekarang Anda dapat mengklik tombol Lanjutkan dan akan membawa Anda kembali ke sketsa yang sedang Anda kerjakan pada saat layar Sketch terakhir ditutup.

 

  • Visual Flyout Ink telah diperbarui: Flyout pena, pensil dan stabilo di Windows Ink sekarang menampilkan pratinjau akan terlihat seperti apa untuk tinta dengan warna dan lebar yang dipilih saat ini. Peningkatan ini akan terlihat di setiap aplikasi yang menggunakan Windows Ink dengan Windows 10 Creator Update SDK. Kami juga telah memperbarui flyout sehingga mereka tidak lagi menampilkan apa yang tampak sebagai entri warna duplikat ketika di kontras tinggi, sekarang mendukung penggunaan tombol Esc untuk menutup flyout, dan tekan flyout kembali untuk menolak setelah Anda tekan warna atau mengubah lebar (daripada tetap terbuka sampai Anda secara manual menutupnya).
  • Kontrol yang lebih baik atas rotasi penggarisKami telah memperbarui penggaris di Windows Ink, kini memutar dalam sub-derajat secara bertahap ketika Anda memindahkannya dengan sentuhan, sehingga membuatnya lebih mudah untuk membuat garis dengan penggaris dengan dua titik pada layar.
  • Pemolesan pengalaman tinta Anda: Kursor tidak lagi ditampilkan saat Anda sedang melakukan penintaan –kami percaya ini membuat pengalaman ini menjadi terasa lebih seperti pena di atas kertas sungguhan.

Cobalah dan beritahu kami apa yang Anda pikirkan!

Ekstensi baru di Microsoft Edge:

Kabar baik! Kami memiliki ekstensi baru untuk dibagikan dengan pengguna Windows 10. Silakan lihat di Ebates, Intel TrueKey, dan Read & Write. Cobalah semuanya dan kirimkan umpan balik ke Feedback Hub atau @MSEdgeDev di Twitter.

Teknologi Rendering telah diperbarui:

Kami telah mengubah teknologi render yang digunakan untuk berbagai jenis konten aplikasi UWP, jadi harap kirimkan umpan balik melalui Feedback Hub jika Anda melihat ada gangguan visual baru di aplikasi UWP. Untuk konteks tambahan pada perubahan ini, kami sekarang secara luas menggunakan API Windows.UI.Composition yang sama yang pengembang aplikasi memiliki akses ke aplikasi XAML UWP dan shell rendering.

Peningkatan narator:

Membuat produk kami lebih mudah diakses adalah tujuan kami dan meningkatkan pengalaman ketika menggunakan narator adalah termasuk bagian besar daripada itu. Dengan demikian, rilis update ini hadir dengan sejumlah peningkatan, termasuk:

  • Narator memiliki fitur baru untuk memberikan informasi tambahan tentang font, warna, spasi baris, margin dan banyak lagi. Tekan Caps Lock + F untuk mendengar informasi ini. Terus tekan Caps Lock + F untuk siklus melalui sembilan kategori informasi. Gunakan Shift + Caps Lock + F untuk bergerak melalui kategori ini secara terbalik.
  • Tingkat default untuk fitur Narator disebut Konteks Kesadaran ini telah diatur ke 2. Anda akan mendengar informasi tambahan saat Anda bergerak di sekitar area seperti Start Menu, pita Office dan lebih banyak tentang daerah yang sedang Anda tempati. Gunakan Alt + Caps Lock + / untuk melingkar melalui pilihan yang berbeda. Nol berarti off untuk fitur tersebut.
  • Kunci untuk mendapatkan informasi lanjutan tentang item dengan fokus telah berubah ke Caps Lock + 0 dari Caps Lock + F di Narator.
  • Kami telah memperbaiki masalah dari rilis build baru-baru ini di mana Narator hanya akan mengatakan “Tidak ada item dalam tampilan” ketika menempatkan fokus pada ubin di menu Start.

Jika Anda belum membaca rencana kami tentang apa yang diharapkan pada tahun 2017 dengan Windows 10 Creator Update, dan Office 365 – kami mengundang Anda untuk mengunjunginya sekarang. Banyak hal menarik belum datang!

 

Dashboard Windows Defender baru:

Kami membuat lebih mudah bagi Anda untuk melihat dan mengontrol Windows 10 keamanan perangkat dan fitur kesehatan yang tersedia di PC atau tablet dengan ketersediaan dashboard baru datang di Windows 10 Kreator Update. Jendela Insiders akan mendapatkan preview dari pengalaman baru mulai hari ini. Setelah upgrade ke membangun ini, Insiders akan harus me-restart PC mereka. Setelah itu, mereka dapat menemukan dashboard dengan mencari “Windows Defender” dan mengklik hasil pencarian yang mengatakan “Windows Defender / Trusted Windows Store app”. Ingat, dashboard adalah kemajuan pekerjaan-in-dan tidak berfungsi penuh dulu.

 

Peningkatan Registry Editor:

Melanjutkan tema kami meningkatkan pengalaman registri Anda, kami telah mengambil umpan balik Anda dan menambahkan shortcut menu Berkas Keyboard Explorer akrab ke Registry Editor, sehingga Anda sekarang dapat dengan mudah naik (Alt + Panah), mundur (Alt + Left panah) atau ke depan (Alt + panah kanan) dalam registri. Kami juga telah menambahkan titik entri baru di menu View sehingga Anda dapat menyesuaikan font Registry Editor menggunakan.

Driver USB Audio Kelas 2 dan Anda:

Sebelumnya membangun flighted ke Windows Insiders telah terkandung driver Microsoft kelas untuk perangkat yang mendukung USB Audio 2.0 standar. Namun, jika Anda memiliki driver pihak ketiga yang khusus ditulis untuk perangkat Anda, Windows akan menggunakannya. Dalam rangka untuk mendapatkan lebih banyak mil pada driver kelas, kami mengubah sementara hal-hal sebagai dari 14.986 lebih memilih driver kelas atas driver pihak ketiga – ini sehingga kita bisa flush masalah kompatibilitas perangkat dan bug lain di driver kami.

Bila Anda memiliki kesempatan, silakan pergi melalui semua skenario mendengarkan biasa dan melihat bagaimana suaranya (kami akan menambahkan Quest tentang ini juga!). Jika semuanya bekerja dengan baik untuk Anda, baguslah! Jika Anda mengalami masalah di mana driver kelas kami tidak bekerja dengan perangkat Anda, silakan beritahu kami dengan mengajukan laporan masalah, dan kemudian secara manual beralih ke driver pihak ketiga tertentu Anda

Beberapa hal yang kami sudah sadari:

  1. Driver kelas kami tidak mendukung ASIO
  2. Sopir kelas kami tidak bekerja dalam mode eksklusif WASAPI dalam aplikasi tertentu

Untuk informasi terbaru tentang USB Audio di Microsoft Windows, lihat https://aka.ms/usbaudio.

Peningkatan Pengalaman Update:

Windows berusaha untuk menjaga perangkat Anda menjalankan versi kaya paling aman, handal dan memiliki Windows tersedia dengan dampak minimal untuk Anda. Kami telah mendengar tanggapan Anda, dan dengan demikian, 14986 dilengkapi dengan dua peningkatan lainnya di ruang ini:

  • Memakan lebih banyak waktu ketika menentukan  waktu untuk memperbarui: Bagi sebagian dari Anda, menerima update ini telah mengakibatkan perangkat Anda menjadi tidak tersedia untuk digunakan ketika Anda membutuhkannya. Bagi Anda yang kebetulan jatuh ke dalam kategori ini, Anda akan senang melihat bahwa kami sekarang telah pindah ke melibatkan lebih banyak dalam menetapkan kapan harus berhasil menerapkan pembaruan yang tertunda. Jika Windows Update tidak dapat menemukan waktu yang tepat untuk me-restart komputer Anda untuk menerapkan update terbaru, Anda sekarang akan bisa meminta untuk “restart sekarang“, “Menjadwal” waktu yang bekerja untuk Anda, atau hanya “Ingatkan saya nanti” yang tidak akan menerapkan pembaruan tapi menawarkan pilihan ini lagi.
  • Mempermudah untuk membebaskan ruang untuk upgrade: Kadang-kadang PC disk drive mengisi. Ketika mereka melakukannya, Anda harus membersihkan ruang untuk menginstal update terbaru. Sebelumnya, ini bisa menjadi sedikit merepotkan, tapi sekarang kita telah menyederhanakan proses untuk membantu Anda melalui itu dan dipoles itu sedikit di sepanjang jalan, sehingga Anda dapat dengan mudah melihat berapa banyak ruang yang dibutuhkan, apa pilihan Anda untuk menciptakan itu, dan kemudian mewujudkannya. Halaman setup Windows 10 yang telah diperbarui ini akan ditampilkan dalam warna putih (seperti yang ditunjukkan di bawah ini) ketika Anda mengalami masalah ini saat upgrade menggunakan Windows Update (akan ada link dalam Pengaturan Windows Update untuk memperbaiki masalah yang akan membawa Anda di sini), dan biru saat upgrade menggunakan ISO (di mana akan ada link untuk memperbaiki masalah sebelum melanjutkan upgrade).

Peningkatan Windows 10 di Asia

Seiring dengan dukungan pengenalan musik baru Cortana untuk Cina (Modern) yang telah disebutkan di atas, kami juga melakukan beberapa hal untuk meningkatkan pengalaman Windows 10 di Asia berdasarkan umpan balik.

Peningkatan Input Method Editor (IME) Bahasa Cina:

Kami telah mendengar tanggapan Anda tentang pengalaman mengetik Cina, dan kami sudah senang mengumumkan bahwa kami telah membuat beberapa perubahan berdasarkan apa yang telah Anda kepada kami!

  • Pembaruan pada pencocokan fuzzy Pintar untuk pinyin dan pengalaman panel kandidat Microsoft Pinyin IME : Sebagai bagian dari upaya kami untuk meningkatkan efisiensi input Cina, panel calon Microsoft Pinyin IME telah diperbarui untuk membuatnya lebih mudah untuk menemukan kandidat yang Anda cari. IME sekarang lebih jelas menunjukkan calon pinyin fuzzy, bersama dengan tips untuk bagaimana mengubah pengaturan yang terkait. Ketika Anda mengetik, fitur ini akan dipicu secara otomatis ketika calon pinyin kabur terdeteksi dan itu akan menunjukkan kepada mereka di jendela kandidat. Kami juga telah menambahkan sebuah ikon kecil untuk menunjukkan bila calon awan tertentu tren. Selain itu, karena sebagian besar calon tren terkait dengan cerita panas, ketika Anda memiliki kandidat disorot, kami telah membuat lebih mudah untuk mencari dan mempelajari lebih lanjut tentang hal itu.

 

  • Konteks menu baru untuk modus IME: Modus IME Indikator di taskbar sekarang memiliki menu konteks jika Anda klik kanan ketika menggunakan Microsoft Pinyin atau Wubi IME! Ini berisi pilihan untuk dengan mudah mengakses halaman pengaturan IME, atau menampilkan bilah bahasa.
  • Microsoft Pinyin IME sekarang mendukung mengimpor dan mengekspor frasa belajar sendiri: Jika Anda mengaktifkan belajar mandiri, Microsoft Pinyin IME dapat belajar dan menyimpan frasa yang Anda gunakan untuk mengetik. Dengan build ini, frasa ini sekarang dapat diekspor dan diimpor. Ini berarti bahwa jika Anda menginstal ulang PC Anda, atau memiliki beberapa PC untuk dipertahankan, kini Anda dapat menjaga leksikon pengguna yang sama.

 

  • Wubi IME telah diperbarui untuk mendukung frase yang ditetapkan pengguna: Anda dapat menambahkan frase kustom secara manual, atau impor dan ekspor file frase kustom. Dalam pengaturan Wubi IME, klik tombol “frase yang ditetapkan pengguna” untuk masuk ke halaman frase kustom.

 

Mode Baris untuk Handwriting Bahasa Cina (Modern):

Dengan Anniversary Update, panel tulisan tangan Bahasa Cina (Modern) hanya didukung input teks menggunakan modus kotak – menulis satu karakter di setiap kotak, dan kemudian karakter akan hilang setelah calon telah selesai, dan tidak ada cara untuk mengedit tinta. Kami sangat gembira untuk mengumumkan bahwa dengan build 14986 kasus tersebut tidak lagi terjadi! Sama seperti panel tulisan tangan Bahasa Jepang, Cina (Sederhana) panel tulisan tangan sekarang mendukung modus baris, sehingga Anda dapat menulis dan mengedit karakter Anda semua dalam satu kalimat yang berkelanjutan. Kami juga telah menambahkan dua gerakan editing untuk pengguna –coret untuk menghapus, dan membuat lingkaran untuk pengelompokan.

Pengalaman baru menulis karakter Cina:

 

Gesture penghapusan:

 

Gesture pengelompokan:

 

Peningkatan Input Method Editor (IME) Bahasa Jepang:

  • Sekarang memungkinkan untuk menghapus calon prediksi teks. Untuk melakukan hal ini, arahkan kursor masuk dalam daftar calon dan tombol ‘X‘ akan muncul. Calon yang telah dihapus tidak akan menyarankan teks di waktu berikutnya.

 

  • Peningkatan akurasi konversi IME Bahasa Jepang: meningkatkan akurasi konversi IME Jepang merupakan tujuan berkelanjutan kami –dengan build ini, kami telah meningkatkan logika kami bagaimana kami memperhitungkan konteks yang ditentukan sebelumnya. Sebagai contoh, dengan Anniversary Update, saat mengetik “????????” dalam satu tembakan dan kemudian mengubah teks, IME akan kembali mengonversi dengan benar. Namun, jika Anda melakukan konversi dalam dua bagian  ketik “?????”, mengonversi, dan kemudian ketik “???” dan mengkonversi), IME akan kembali ke konversi yang berbeda dan berpotensi tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Dengan pekerjaan peningkatan dengan 14986, IME sekarang akan mengembalikan hasil yang sama dalam kedua kasus. Kami juga telah meningkatkan perilaku belajar ketika pengguna mendaftar kata shortcut (???) yang terlibat dan menambahkan shortcut keyboard baru (Ctrl +.) Sehingga Anda dapat menandai kesalahan konversi sangat buruk. Konversi ditandai dengan cara ini akan diprioritaskan antara semua lainnya mis-konversi ketika kita menyelidiki. Kami mengandalkan tanggapan Anda untuk meningkatkan akurasi konversi kami jadi tolong jangan melaporkan kesalahan konversi yang buruk ketika Anda melihatnya!
  • Peningkatan keandalan dan daya tanggap: Kami telah memperbaiki respon dari Input Method Editor (IME) Bahasa Jepang dan memperbaiki masalah di mana input kunci mungkin kadang-kadang stuck dalam lingkungan tertentu. Kami juga memperbaiki masalah di mana belajar mandiri IME Jepang tidak akan bekerja di lingkungan tertentu, dan memperbaiki masalah yang mengakibatkan tidak mampu untuk menggunakan IME untuk input teks dalam sebuah program yang telah diluncurkan menggunakan perintah “runas” di Command Prompt.
Please Login to comment
avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Dony Ari Putra. Sandre Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
andre
Guest
andre

Panjang amat artikel’nya,hehe